Rab03Jul201911:45

Bagaimana Mengatasi Masalah Prostat Yang Mengalami Peradangan?

 

Dalam mengatasi masalah prostat perlu menggunakan metode pengobatan yang tepat, pasalnya ada beberapa jenis masalah prostat yang dapat dialami oleh pria. Masalah prostat dapat terjadi akibat adanya infeksi bakteri, virus, ataupun penyebab lainnya. Salah satu masalah prostat yang harus diwaspadai adalah prostatitis. Prostatitis merupakan sebuah kondisi peradangan atau inflamasi yang terjadi pada pada kelenjar prostat.

mengatasi masalah prostat
mengatasi masalah prostat


Apa itu kelenjar prostat? Kelenjar ini merupakan bagian penting dari alat reproduksi yang berfungsi sebagai pembawa sekaligus pemberi makan sperma. Gangguan prostat yang satu ini paling sering terjadi pada pria yang berusia di bawah 50 tahun. prostatitis ini berbeda dengan kanker prostat meskipun sama-sama terjadi pada prostat. Tidak seperti prostatitis, kanker prostat cenderung lebih sering diderita oleh pria yang sudah lanjut usia.

Jenis-Jenis Prostatitis dan Penyebabnya


Pada dasarnya, peradangan yang terjadi pada kelenjar prostat ataupun prostatitis terjadi akibat adanya infeksi bakteri. Namun, tidak semuanya terjadi karena bakteri, pada beberapa tidak ditemukan adanya bakteri saat pemeriksaan dilakukan, untuk itu prostatitis dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

• Prostatitis akut.
• Prostatitis kronis.
• Chronic prostatitis/chronic pelvic pain syndrome (CP/CPPS).
• Asymptomatic inflammatory prostatitis.

Untuk prostatitis akut dan kronis sebenarnya sama-sama disebabkan oleh bakteri, hanya saja prostatitis kronis terkadang terjadi akibat penyebaran infeksi yang terjadi pada saluran kemih. Bakteri penyebab kedua penyakit ini biasanya adalah bakteri E. Coli dan Pseudomonas. Menderita penyakit menular seksual gonore dan chlamydia juga dapat memicu terjadinya prostatitis akut. Sedangkan untuk prostatitis kronis, penyakit seperti HIV AIDS maupun tuberkulosis ginjal dapat memicu infeksi bakterinya. Nah, untuk mengatasi masalah prostat Chronic prostatitis/chronic pelvic pain syndrome (CP/CPPS) ini cukup sulit pasalnya penyebabnya masih belum diketahui secara pasti.

mengatasi masalah prostat
mengatasi masalah prostat

Penyebab Masalah Prostat


Selain infeksi bakteri, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko radang prostat, diantaranya:


• Penggunaan kateter dalam jangka waktu lama.
• Menderita penyakit kelamin HIV AIDS.
• Pernah menjalani biopsi prostat.
• Pernah menderita prostatitis sebelumnya.
• Terkena infeksi pada saluran kemih.
• Pernah mengalami cedera pada bagian lipat paha dan panggul.


Gejala Radang Prostat (Prostatitis)


Ada beberapa gejala yang mungkin dialami oleh penderita masalah prostatitis, dimana gejala ini dapat digunakan untuk mendiagnosis adanya radang prostat. Sebelum mengatasi masalah prostat, sebaiknya lakukan diagnosis di dokter dengan mengkonsultasikan gejala yang umum Anda alami, contohnya:

• Prostatitis akut

Gejala yang biasa dialami oleh jenis masalah prostat yang satu ini adalah demam, pegal, nyeri sendi, rasa nyeri ketika buang air kecil, keinginan untuk selalu buang air besar, serta rasa nyeri pada penis, skrotum, maupun punggung bagian bawah.

• Prostatitis kronis

Nyeri setelah melakukan ejakulasi, gangguan buang air kecil, hingga rasa berat di bagian skrotum merupakan gejala yang mungkin dirasakan oleh penderita prostatitis.

Untuk gejala pada Chronic prostatitis/chronic pelvic pain syndrome (CP/CPPS), biasanya hampir sama dengan prostatitis kronis. Sedangkan pada Asymptomatic inflammatory prostatitis tidak muncul gejala. Penderita masalah prostat jenis ini seringkali menyadari telah terkena prostatitis saat menjalani pemeriksaan kesehatan pada bagian prostat. Mengatasi masalah prostat jenis satu dan yang lainnya berbeda, untuk itu mengetahui jenis prostatitis yang Anda alami merupakan hal yang sangat penting sebelum mengobatinya.


Mengatasi Prostatitis
Agar peradangan pada prostat dapat diatasi, maka sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter ahli untuk mengatasi masalah prostat. Pasalnya salah mendiagnosis penyebabnya dapat mempengaruhi penyembuhannya. Cara mengatasi prostatitis dapat Anda ketahui dengan memeriksakan diri ke dokter. Jika bingung dalam memilih klinik yang aman, silahkan datang langsung ke Klinik Utama Sentosa.
 
Dengan fasilitas yang lengkap dan dokter profesional, klinik kami siap membantu Anda mengatasi masalah prostat yang Anda alami. Gejala maupun penyebabnya dapat diketahui jika Anda telah memeriksakannya ke dokter. Untuk mengetahui bagaimana langkah pengobatannya, silahkan tanyakan pada dokter kami di nomor 081366657878 .