Min17Feb201911:18

Bagaimana Gejala Penyakit Prostat Pada Pria?

Gejala penyakit prostat pada pria dapat berbeda-beda sesuai faktor penyebabnya. Penyakit prostat merupakan suatu masalah yang kerap dialami oleh pria berusia di atas 50 tahun. Prostat sendiri adalah kelenjar seks pria yang berada di bawah kandung kemih dan mengeliligi uretra atau saluran kencing. Salah satu gejala penyakit prostat pria yang paling umum dan sering dirasakan penderitanya adalah tidak dapat menahan buang air kecil, terutama saat malam hari.
gejala penyakit prostat pada pria
gejala penyakit prostat pada pria

Ciri atau Tanda Penyakit Prostat Pada Pria

Munculnya gejala penyakit prostat pada pria dipicu oleh beberapa faktor yang terkadang tidak disadari oleh penderitanya. Penyebab penyakit prostat dapat dibedakan menjadi tiga jenis, antara lain:


• Pembesaran prostat jinak

Pembesaran prostat jinak merupakan kondisi dimana terjadi pertumbuhan kelenjar prostat secara berlebihan. Faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan kelenjar ini adalah bertambahnya usia dan berfungsinya sel leydig pada testis sebagai penghasil hormon testosteron. Beberapa gejala penyakit prostat pada pria akibat gangguan ini, seperti melemahnya pengeluaran aliran urin, urin yang keluar tersendat-sendat, dan keinginan buang air kecil meningkat.


• Peradangan kelenjar prostat

Bahaya peradangan pada kelenjar prostat akan menjadi fatal hingga menyebabkan rasa sakit yang cukup menyiksa. Radang pada prostat atau prostatitis disebabkan oleh infeksi berbagai jenis bakteri. Penyakit ini paling sering terjadi pada pria yang mengalami radang saluran kemih berulang. Gejala penyakit prostat pada pria karena prostatitis, dapat berupa rasa sakit ketika berhubungan seksual atau ejakulasi, adanya darah dalam sperma, dan menurunnya fungsi seksual.

• Kanker prostat

Pertumbuhan sel-sel secara abnormal dan tidak terkendali akan menyebabkan seseorang menderita penyakit kanker prostat. Penyakit ini jarang menyerang pria di bawah usia 45 tahun dan dapat disembuhkan jika terdeteksi sejak dini. Gejala penyakit prostat pada pria yang diakibatkan oleh kanker jarang ditemukan pada tahap awal. Gejala baru akan terlihat jika sudah menyebar ke tulang dan jaringan sekitarnya.


Bagaimana Penanganan Terhadap Penyakit Prostat?

Penanganan terbaik pada gejala penyakit prostat pada pria bisa dilakukan bersama dokter. Namun, biasanya konsultasi akan dilakukan sebelum penanganan penyakit lebih lanjut. Selain penanganan, tindak pencegahan juga harus disertai guna mendapatkan kesembuhan secara maksimal. Beberapa bentuk pencegahan terhadap penyakit prostat pada pria, adalah sebagai berikut:


• Mengubah pola hidup

Salah satu cara mencegah penyakit prostat pada pria dalah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Rutin berolahraga merupakan cara termudah yang dapat Anda lakukan untuk menjadi kesehatan prostat.
 

• Perbanyak konsumsi makanan sehat

Memperbanyak konsumsi makanan yang sehat akan meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh serta menghilangkan racun pencetus kanker. Makanan sehat yang bisa Anda konsumsi, dapat berupa sayur dan buah-buahan.


• Rutin periksakan kondisi kesehatan

Cara mengantisipasi munculnya gangguan pada kelenjar prostat adalah memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin dengan dokter. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit bertambah serius karena penanganan dilakukan sejak dini.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Berbagai gejala penyakit prostat pada pria yang muncul dapat ditangani dengan melakukan penanganan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik kesehatan di daerah Jakarta yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan mendapatkan perawatan terbaik karena pelayanan medis dilakukan secara maksimal.
 
Tak perlu ragu mengenai uang yang harus dikeluarkan karena klinik ini memberikan keringanan biaya perawatan pada pasiennya. Selain itu, Klinik Utama Sentosa juga menawarkan layanan konsultasi secara online dan gratis guna memudahkan pasien mengetahui penyebab penyakit secara pasti dan jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.