Kam07Mar201916:17

Bagaimana Cara Mencegah Prostat yang Meradang?

Cara mencegah prostat yang meradang biasanya bergantung pada bakteri penyebab, gejala yang ditimbulkan, dan tingkat keparahannya. Prostat yang meradang atau prostatitis dapat terjadi pada semua pria dari segala golongan usia, namun umumnya terjadi di bawah usia 50 tahun. Prostat merupakan kelenjar pada sistem reproduksi pria yang normalnya berukuran sebesar biji kenari. Namun, seiring bertambahnya usia prostat akan berkembang semakin besar dan dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan.
mencegah prostat
mencegah prostat

Beberapa Penyebab Peradangan Prostat Pada Pria

Prostatitis biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri yang berasal dari penyakit menular seksual atau infeksi saluran kemih. Penyebab peradangan prostat dapat dikelompokkan berdasarkan jenisnya, yakni prostatitis bakteri akut, prostatitis bakteri kronis, chronic prostatitis, dan asymptomatic inflammatory prostatitis. Beberapa faktor yang memicu adanya peradangan pada prostat pria, adalah sebagai berikut:



• Memiliki riwayat penyakit prostatitis sebelumnya.
• Mengalami cedera di daerah panggul dan lipatan paha.
• Penggunaan kateter urin dalam waktu yang cukup lama.
• Sedang menderita penyakit HIV/AIDS.
• Pernah melakukan biopsi pada kelenjar prostat.

Gejala peradangan prostat dapat bervariasi tergantung pada faktor pemicunya. Beberapa gejala peradangan prostat secara umum yang perlu Anda ketahui, antara lain adanya sensasi nyeri atau perih ketika buang air kecil, terdapat darah ketika buang air kecil, sulit untuk buang air kecil, melemahnya aliran urin, sakit ketika berejakulasi, dan mengalami disfungsi seksual atau kehilangan libido.

Diagnosis Prostatis Serta Pencegahannya

Sebelum mencegah prostat, dokter biasanya akan mendiagnosis penyakit dengan menanyakan gejala, riwayat penyakit, dan pemeriksaan fisik. Selain itu, dokter juga akan melanjutkan pemeriksaan dengan beberapa metode, seperti berikut ini:
 
• Tes darah, dilakukan guna mendeteksi tanda infeksi pada penyakit peradangan prostat maupun kanker prostat.
 
• Tes urin, digunakan untuk memeriksa tanda-tanda infeksi dan melihat ada tidaknya pertumbuhan kuman serta jenis yang menginfeksi.
 
• Prostatic massage, merupakan pemeriksaan colok dubur yang bertujuan untuk memperoleh cairan sekresi dari prostat.

• Pemindaian, dilakukan dengan menggunakan USG atau CT Scan guna memperoleh gambaran visual dari kelenjar prostat sehingga mudah didiagnosis.
 
Penanganan prostatitis bisa dilakukan berbeda-beda tergantung hasil diagnosis yang diperoleh. Radang yang terjadi pada kelenjer prostat harus segera ditangani sebelum menyebabkan komplikasi. Beberapa komplikasi yang mungkin muncul adalah epididimitis, infeksi bakteri yang menyebar ke dalam darah, abses prostat, gangguan pada produksi cairan mani, serta kemandulan. Karena itu, cara mencegah prostat harus diketahui guna meredakan gejala yang muncul, seperti:


• Kurangi konsumsi makan pedas

Mencegah prostat yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengurangi konsumsi makan pedas. Selain itu, Anda juga perlu menghindari terlalu banyak meminum minuman berkafein ataupun beralkohol.
 

• Perbanyak minum air mineral

Salah satu cara mencegah prostat lain yang sering disarankan oleh dokter, yakni perbanyak konsumsi air putih. Air putih diketahui dapat membantu membuang bakteri penyebab radang di dalam prostat melalui urin.


• Hindari aktivitas yang memicu iritasi

Terdapat beberapa aktivitas yang dapat memicu terjadinya iritasi atau peradangan pada kelenjar prostat, termasuk duduk terlalu lama dan bersepeda. Salah satu cara mencegah prostat yang meradang adalah perbanyak olahraga dan lakukan peradangan pada selangkangan secukupnya.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Untuk mengetahui cara mencegah prostat yang meradang bisa dilakukan dengan berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan penanganan penyakit di klinik ini, Anda akan mendapatkan kesembuhan maksimal karena ditangani langsung oleh dokter ahli yang telah berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan penanganan terbaik dengan menyediakan layanan konsultasi secara online dan gratis. Melalui konsultasi ini, pasien dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti dan jenis perawatan apa yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.