Sen15Apr201915:12

Apakah Radang Prostat Bisa Sembuh?

Radang prostat bisa sembuh dengan perawatan yang tergantung pada penyebab dan jenis prostatitis yang mendasarinya. Antibiotik merupakan bagian dari pengobatan radang prostat tau prostatitis jika penyebabnya adalah infeksi bakteri.
Apakah Radang Prostat Bisa Sembuh?
Apakah Radang Prostat Bisa Sembuh?
Semua bentuk prostatitis membutuhkan kontrol nyeri jika diperlukan, perawatan, penyembuhan, komplikasi dan efek samping, dipantau secara ketat oleh dokter agar radang prostat bisa sembuh dengan cepat.

Untuk mendukung pengobatan agar radang prostat bisa sembuh obat alami atau rumahan yang dapat meringankan rasa sakit dan gejala, selain perawatan medis yang dapat Anda lakukan dirumah yaitu dengan mandi air hangat, hindari alkohol dan makanan pedas, dan juga perubahan gaya hidup.

Apa itu radang prostat? Radang atau infeksi prostat (prostatitis) terjadi ketika prostat pria dan area sekitarnya meradang. Prostat seukuran dengan biji kenari, terletak diantara kandung kemih dan pangkal penis. Tabung yang memindahkan urin dari kandung kemih ke penis (uretra) mengalir melalui pusat prostat.



Jenis dan penyebab prostatitis

Prostatitis bakterial akut. Jenis ini adalah yang paling jarang dan berlangsung dalam waktu singkat. Kondisi ini dapat mengancam jiwa jika tidak tidak ditangani, namun jenis prostatitis ini yang paling mudah untuk didiagnosis.

Prostatitis bakterial kronis. Gejalanya berupa kurang kuat dan berkembang semala beberapa tahun. Cenderung mempengaruhi pria muda dan setengah baya, serta menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK) berulang.

Proratitis kronis. Disebut juga sindrom nyeri panggul, kondisi ini menyebabkan nyeri dan ketidaknyamanan sekitar pangkal paha dan daerah panggul. Kondisi ini dapat mempengaruhi pria dari segala usia.

Prostatitis inflamasi asimptomatik. Prostat meradang namun tidak ada gejala, biasanya ditemukan saat dokter mendiagnosis masalah penyakit yang lain.

Penyebab prostatitis tidak selalu jelas, untuk prostatitis kronis, penyebab pastinya tidak diketahui. Namun, penyebab prostatitis yag dapat diketahui, antara lain:

• Mikroorganisme dapat menyebabkan prostatitis kronis.
• Prostatitis bakteri akut dan kronis, penyebabnya adalah infeksi bakteri.
• Berisiko tinggi terkena radang prostat jika menggunakan kateter.
• Infeksi menular seksual (IMS).
• Infeksi.
• Pembesaran prostat atau cedera.

Baca Juga: Ciri-Ciri Pembesaran Prostat Jinak* Klik Disini

Gejala dan pengobatan prostatitis

Gejala-gejala yang terkait dengan prostatitis kemungkinan bervariasi tergantung pada penyebab prostatitis. Gejala bisa muncul perlahan atau datang cepat, dan dapat membaik dengan cepat yang tergantung pada penyebab dan pengobatan yang tersedia atau dapat berlangsung selama beberapa bulan dan terus berulang.

Beberapa tanda dan gejala yang mungkin hadir dengan penyakit prostatitis, adalah:

• Nyeri, sulit atau sering buang air kecil.
• Terdapat darah dalam urin.
• Nyeri pangkal paha, sakit perut, atau nyeri pinggang.
• Demam serta menggigil.
• Rasa tidak enak badan atau terasa sakit.
• Ejakulasi menyakitkan atau disfungsi seksual.

Untuk pengobatan, agar radang prostat bisa sembuh, dokter akan menentukan pengobatan spesifik dan lama perawatan.

Obat anti-inflamasi. Ini dapat membantu untuk mengelola rasa sakit yang dialami.

Alpa-blockers. Dengan mengendurkan serat otot sekitar kandung kemih dan kelenjar prostat, alpa-blocker dapat mengurangi gejala kemih dan membantu mengosongkan kandung kemih.



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan agar radang prostat bisa sembuh secepatnya, pilihan pengobatan yang Anda jalani harus sesuai dengan penyebabnya. Maka, jika saat ini Anda sedang mengalami gejala, segera lakukan konsultasi untuk mendapatkan perawatan efektif dari dokter ahli.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang hingga saat ini sudah banyak mengatasi masalah yang sama seperti Anda dan berhasil disembuhkan. Anda ditangani langsung oleh dokter ahli profesional yang sudah berpengalaman dibidangnya.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru, memberikan perawatan medis prima untuk mendapatkan hasil pengobatan yang maksimal, perawatan terarah yang berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih, dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau jika Anda memiliki pertanyaan lain terkait apakah radang prostat bisa sembuh, konsultasi online gratis langsung dengan dokter atau hubungi kami di 081366657878.