Rab19Jun201910:37

Apakah Penyebab Prostatitis?

Pria rentan terkena gangguan prostat, untuk itu mengetahui penyebab prostatitis merupakan hal yang penting bagi pria agar dapat mencegah adanya gangguan prostat. Prostatitis hanyalah salah satu dari gangguan prostat yang biasanya dialami oleh pria. Gangguan pada kelenjar prostat ini biasanya ditandai dengan adanya pembengkakan pada bagian prostat.

penyebab prostatitis
penyebab prostatitis


Kelenjar prostat merupakan bagian dari alat reproduksi pria yang berfungsi untuk menaelurkan sekaligus memberi makan sperma. Gangguan ini hanya dialami oleh pria karena hanya pria saja yang memiliki prostat. Prostatitis biasanya dialami oleh pria berusia dibawah 50 tahun atau mereka yang masih produktif. Untuk gangguan prostat lainnya lebih sering dialami oleh pria yang berusia lanjut yaitu pria yang memiliki kisaran umur 50 tahun ke atas.

Apakah Yang Menyebabkan Prostatitis

Sebenarnya, penyebab prostatitis ini adalah karena adanya infeksi bakteri pada bagian prostat pada pria, namun tidak hanya ada satu jenis bakteri saja. Berdasarkan penyebabnya inilah prostatitis dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :


• Prostatitis akut

Prostatitis jenis ini biasanya disebabkan oleh adanya infeksi bakteri seperti E. coli maupun Pseudomonas. Namun dapat juga disebabkan oleh bakteri penyebab penyakit menular seksual seperti Neisseria gohorrhoeae maupun chlamydia trachomatis. Yang sering mengalami prostatitis jenis ini adalah mereka yang berusia kurang dari 35 tahun.


• Prostatitis kronis

Untuk penyakit prostatitis yang satu ini disebabkan oleh adanya penyebaran bakteri pada penyebab prostatitis akut, hanya saja disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Selain bakteri, prostatitis jenis ini juga dapat disebabkan oleh penyakit berbahaya seperti HIV, sarkoidosis maupun tuberculosis ginjal.
 

• Asymptomatic inflammatory prostatitis

Kondisi ini merupakan akibat prostat yang meradang, namun tidak ada gejala yang muncul pada penderitanya.

• Chronic prostatitis/chronic pelvic pain syndrome (CP/CPPS)

Untuk yang satu ini masih belum diketahui penyebabnya secara pasti. Untuk gejalanya mirip dengan prostatitis jenis kronis.
 
Saat kita mengetahui penyebab prostatitis, maka kita dapat lebih waspada terhadap bahaya maupun gejala yang muncul pada kita maupun orang di sekeliling kita. Kita juga dapat melakukan tindakan pencegahan terhadap cystitis ini.


Faktor Risiko Gangguan Prostatitis

Selain penyebab utama infeksi bakteri, seseorang juga rentan terkena prostatitis karena beberapa hal seperti berikut ini:


• Memiliki riwayat terkena prostatitis.
• Penggunaan kateter urine dalam jangka waktu lama.
• Penderita HIV AIDS.
• Melakukan Biopsi Prostat.
• Trauma di bagian pelvis karena menunggang kuda ataupun olahraga bersepeda.
• Menderita ISK.

Jika Anda memiliki salah satu faktor di atas, maka sebaiknya Anda waspada terhadap gejala yang prostatitis yang mngkin muncul. Apalagi jika anda pernah mengalami prostatitis sebelumnya, maka risiko terkena prostatitis juga akan lebih besar. Untuk menghindarinya, Anda harus menjaga kesehatan Anda dengan baik. Melakukan pemeriksaan secara rutin juga dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah adanya gangguan prostatitis.


Bagaimana Cara Menangani Gejala Prostatitis?

Saat faktor penyebab prostatitis nya Anda miliki, maka Anda harus waspada terhadap gejala yang mungkin akan muncul. Agar prostatitis tidak bertambah parah, begitu menemukan gejalanya segera kunjungi dokter. Pemeriksaan untuk mendiagnosis prostatitis dibutuhkan untuk mengetahui penyebab prostatitisnya. Seperti yang kita ketahui, ada beberapa jenis prostatitis, dan pengobatan untuk prostatitis ini sebaiknya disesuaikan dengan penyebabnya.
 
Pengobatan yang tepat dapat meminimalisir prostatitis menyebar dan kambuh kembali meskipun sudah sembuh. Untuk itu diperlukan pengobatan dengan saran dokter yang aman. Anda bisa lakukan pengobatan prostatitis dengan dokter kami di Klinik Utama Sentosa. Selain mewaspadai penyakitnya, kita juga harus bisa cepat tanggap jika prostatitis terjadi pada kita maupun orang di sekeliling kita. Jika ingin mengetahui infomasi lebih jauh mengenai prostatitis, silahkan hubungi dokter kami melalui layanan hotline gratis di nomor 081366657878.