Sel16Jul201913:47

Apakah Obat Radang Prostat Mampu Sembuhkan Penyakit?

Obat radang prostat bagi pria dibutuhkan jika penyakit sudah menyebabkan bahaya atau komplikasi lebih lanjut. Radang prostat atau prostatitis merupakan kondisi dimana kelenjar prosat mengalami inflamasi atau peradangan. Biasanya, prostatitis dialami oleh pria dengan usia di bawah 50 tahun. Berbeda dengan kanker prostat atau pembesaran kelenjar prostat yang cenderung diderita pria usia lanjut.

 

obat radang prostat
obat radang prostat

Penyebab Serta Gejala Penyakit Radang Kelenjar Prostat


Pemberian obat radang prostat pada penderita bertujuan agar penyakit tidak berlanjut ke tahap yang serius. Sebelum obat radang prostat diberikan, penyebab serta gejala perlu diketahui terlebih dahulu. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami prostatitis, antara lain mengalami infeksi saluran kemih, pernah menderita prostatitis sebelumnya, mengalami cedera di daerah panggul, menggunakan kateter urin jangka panjang, pernah melakukan biopsi prostat, serta menderita HIV/AIDS. Selain itu, terdapat pula penyebab prostatitis berdasarkan jenisnya, yakni:




  • Prostatitis bakteri akut, terjadi akibat disebabkan oleh infeksi bakteri yang telah menyebar naik.
  • Prostatitis bakteri kronis, biasanya disebabkan oleh adanya penyebaran infeksi dari saluran kemih.
  • Chronic prostatitis tidak diketahui penyebabnya namun gejala yang muncul mirip dengan prostatitis kronis.
  • Asymptomatic inflammatory prostatitis, memiliki faktor penyebab yang sama dengan prostatitis kronis namun tidak menimbulkan gejala.

Setelah mengetahui penyebabnya, ada baiknya mengenali gejala penyakit terlebih dahulu. Jika Anda menderita prostatitis, beberapa gejala yang akan dirasakan adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil, keluar darah ketika buang air kecil atau ejakulasi, adanya rasa panas seperti terbakar saat berkemih, sakit ketika ejakulasi serta buang air besar, kehilangan libido, serta sakit pada pinggang, hingga bagian genital.


Pengobatan Pada Peradangan Kelenjar Prostat Pria


Penanganan dengan menggunakan obat radang prostat sangat dianjurkan dokter karena dapat membantu melemaskan otot prostat dan kandung kemih. Pemberian resep obat radang prostat juga bisa mengurangi rasa sakit serta pembengkakan yang mungkin terjadi. Sebelum obat radang prostat diberikan, dokter akan melakukan diagnosis dengan tes urin, penelitian terhadap air mani, tes infeksi seks menular, serta pemeriksaan pada cairan prostat. Selain menggunakan obat, penanganan radang prostat harus disertai dengan beberapa tindak pencegahan, seperti:

  • Perbanyak konsumsi air minum untuk membantu membuang bakteri dalam prostat melalui proses berkemih.
  • Kurangi konsumsi makanan pedas, asam, serta minuman berkafein maupun dengan kandungan alkohol.
  • Hindari aktivitas yang dapat menyebabkan iritasi pada kelenjar prostat, seperti duduk terlalu lama serta bersepeda.
  • Rutin berendam di dalam air hangat serta lakukan latihan relaksasi, seperti senam kegel.



Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan terbaik dengan mengonsumsi obat radang prostat bisa Anda lakukan setelah berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan di daerah Jakarta yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Anda dapat melakukan konsultasi secara online dan gratis bersama staf medis yang telah berpengalaman di bidangnya. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok.
 
Selain konsultasi, Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Proses penyembuhan penyakit berjalan dengan mudah dan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern. Untuk informasi lebih lanjut, lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.