Sen07Jan201913:35

Apa Prostatitis Bisa Sembuh?

Apa prostatitis bisa sembuh dengan penanganan seadanya? Prostatis adalah suatu peradangan pada kelenjar prostat yang dimiliki oleh pria. Kelenjar ini memiliki tugas penting, yakni memproduksi cairan mani dan membawa keluar sperma. Kelenjar prostat memiliki fungsi sangat penting sehingga jika terjadi masalah, maka akan menyebabkan gangguan pada saluran reproduksi pria.

apa prostatitis bisa sembuh
apa prostatitis bisa sembuh

Prostatitis dapat dibedakan sesuai berdasarkan jenisnya, yaitu prostatitis bakteri akut, prostatitis bakteri kronis, chronic pelvic pain syndrome, dan asymptomatic inflammatory prostatitis. Penyakit prostatitis dapat dialami oleh pria dari segala kalangan usia. Namun, pada umumnya penyakit ini sering menyerang pria di bawah usia 50 tahun. Sementara pada pria lanjut usia, penyakit prostat yang kerap diderita, ialah kanker dan pembesaran kelenjar prostat.

<<<klik disini untuk melakukan konsultasi>>>

Penyebab Umum Masalah Prostat Pada Pria

Penyebab prostatitits tergantung pada jenis bakteri yang mneginfeksi tubuh. Namun, biasanya prostatitis disebabkan oleh infeksi bakteri e.coli. Bakteri ini bersembunyi di dalam prostat pria dan mengakibatkan munculnya gejala berulang sehingga sulit ditangani. Penyebab lain terjadinya peradangan pada prostat adalah gangguan pada sistem imun, terdapat luka di sekitar prostat, gangguan sistem saraf, dan adanya penyakit menular seksual dalam tubuh pria. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui beberapa hal yang dapat memicu prostatitis, seperti:

• Penggunaan kateter urin.
• Berhubungan seksual lewat dubur.
• Saluran kemih tidak normal.
• Ada infeksi di kandung kemih.
• Prostat mengalami pembesaran.

Bagaimana Gejala yang Dirasakan Penderitanya?

Banyak yang mempertanyakan apa prostatitis bisa sembuh? Pria yang terinfeksi prostatitis biasanya akan merasakan beberapa tanda, seperti ketidaknyamanan, rasa panas, dan permasalahan saat mengeluarkan urin. Prostatitis memiliki gejala umum berupa seringnya keinginan buang air kecil, rasa sakit ketika buang air besar, hilangnya libido, dan keluarnya darah bersama air mani. Gejala prostatitis juga dapat dibedakan berdasarkan jenis yang terjadi, yaitu:


• Prostatitis bakteri akut

Gejala pada jenis prostatitis ini muncul dengan cepat, seperti melemahnya aliran urin, rasa nyeri ketika buang air kecil, demam hingga menggigil, persendian terasa nyeri, memiliki keinginan berlebih untuk buang air besar, dan nyeri pada punggung bagian bawah.


• Prostatitis bakteri kronis

Pada penderita prostatitis kronis biasanya tidak merasakan gejala yang jelas, seperti demam atau menggigil. Gejala yang dialami, antara lain rasa berat di bagian belakang skrotum, terdapat darah pada cairan semen, dan nyeri setelah berejakulasi.
 

• Chronic pelvic pain syndrome

Pada jenis ini, gejala utama yang dirasakan penderitanya adalah rasa nyeri pada salah satu bagian tubuh, seperti organ kelamin, perut bagian bawah, dan juga dubur. Namun, Anda juga bisa mengalami gejala yang sama dengan prostatitis bakteri kronis.


• Asymptomatic inflammatory prostatitis

Prostatitis jenis ini sering tidak menampakkan gejala pada penderitanya. Biasanya gejala baru ditemukan setelah melakukan pemeriksaan fisik dengan dokter ahli. Karena itu, segera lakukan pemeriksaan jika Anda mengalami permasalahan pada prostat.

Diagnosis Dokter Mengenai Prostatitis

Dalam melakukan diagnosis terhadap prostatitis, dokter akan menanyakan pasien seputar gejala dan riwayat kesehatan yang dimiliki guna mengetahui apa prostatitis bisa sembuh. Selain itu, pemeriksaan fisik dapat menentukan diagnosis mengenai jenis prostatitits yang dialami. Setelah itu, dokter juga dapat melakukan pemeriksaan lanjutan berupa:

• Tes darah, bertujuan untuk mendeteksi adanya infeksi di dalam darah penderitanya.
• Tes urin, berguna untuk melihat adanya pertumbuhan kuman di dalam tubuh.
• Prostatic massage, dilakukan untuk memperoleh cairan sekresi untuk dianalisis.
• Pemindaian, bertujuan untuk memperoleh gambaran visual prostat pada pria.

Penanganan Tepat yang Dapat Dilakukan

Peradangan pada prostat dapat ditangani dengan melakukan beberapa perawatan. Penanganan prostatitis bergantung pada penyebabnya. Salah satu penanganan terbaik yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi obat antibiotik. Dokter juga akan memberikan resep obat anti nyeri guna mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada sekitar prostat. Jika Anda masih ragu apa prostatitis bisa sembuh, maka lakukan penanganan mandiri dengan beberapa cara di bawah ini:


• Berendam dalam air hangat.
• Melakukan latihan relaksasi.
• Menghindari makanan pedas.
• Kurangi konsumsi kafein.
• Coba pengobatan akupuntur.

Apa prostatitis bisa sembuh dengan menjauhi faktor pemicu? Penanganan pada masalah prostat dapat dilakukan dengan mudah jika penderitanya menghindari beberapa hal yang memicu. Penderita prostat disarankan untuk tidak duduk terlalu lama. Untuk mengurangi tekanan pada prostat, Anda dapat memberikan bantalan saat duduk, seperti batal. Selain itu, penderita prostatitis juga diharuskan untuk menghindari bersepeda. Namun, jika terpaksa Anda bisa menggunakan bantalan guna mengurangi tekanan pada prostat.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Gracia

Cara terbaik mengetahui apa prostatitis bisa sembuh adalah dengan berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan terpercaya yang ada di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini juga telah dilengkapi dengan peralatan medis yang canggih dan modern. Segera hubungi hotline Kami di nomor 0813 6665 7878 untuk mengetahui infomasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya.