Sel09Apr201915:32

Apa Penyebab Kelanjar Prostat Bengkak?

Prostat bengkak biasanya sering terjadi seiring bertambahnya usia seorang pria. Pembengkakan prostat atau benign prostatic hyperlapsia diakibatkan oleh pertumbuhan sel prostat yang berlebihan. Kelenjar prostat pria akan terus berkembang sepanjang hidup sehingga pria-pria usia lanjut lebih berisiko mengalami pembesaran prostat. Jika prostat bengkak, biasanya akan menyebabkan rasa sakit ketika buang air kecil maupun berejakulasi.
prostat bengkak
prostat bengkak

Penyebab Pembesaran Prostat Serta Gejalanya

Penyebab prostat bengkak belum dapat dipastikan, namun kondisi ini diperkirakan terjadi karena adanya perubahan pada kadar hormon seksual akibat proses penuaan. Pada dasarnya, prostat akan terus tumbuh dan berkembang sehingga berukuran cukup besar. Kondisi ini akan menyebabkan uretra terhimpit serta sulitnya urin untuk keluar. Beberapa faktor penyebab lain dari prostat bengkak, antara lain:


• Mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.
• Kurang melakukan aktivitas fisik atau berolahraga.
• Menderita penyakit jantung atau diabetes.
• Adanya efek samping obat-obatan tertentu.
• Faktor penuaan serta adanya keturunan.

Penderita prostat bengkak akan merasakan gejala-gejala umum, seperti selalu ingin berkemih terutama malam hari, nyeri ketika buang air kecil, sulit untuk mengeluarkan urin, mengejan saat berkemih, adanya rasa nyeri serta sensasi terbakar ketika buang air kecil, aliran urin yang tersedat-sedat, urin yang dikeluarkan darah, dan merasa tidak tuntas setelah buang air kecil.


Apa Saja Penanganan yang Dapat Dilakukan?

Penyakit prostat bengkak yang diderita oleh pria bisa mengindikasikan kanker. Karena itu, penanganan pada prostat bengkak harus segera dilakukan sebelum menyebabkan masalah atau komplikasi lebih serius. Biasanya, dokter akan memberikan obat BPH yang mampu menurunkan ukuran prostat dan meredakan gejala dengan cara menghambat efek dari hormon dihidrotestosteron. Selain dengan obat, beberapa cara yang dapat membantu mencegah dan mengatasi permasalahan prostat, adalah sebagai berikut:


• Menerapkan gaya hidup sehat

Pembengkakan yang terjadi pada prostat bisa dicegah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Perubahan gaya hidup yang dimaksud adalah rutin berolahraga, kurangi atau hentikan kebiasaan mengonsumsi alkohol serta kafein, dan mulai membiasakan diri untuk tidak minum apa pun sebelum waktu tidur.


• Lakukan terapi menahan kemih

Selain mengubah gaya hidup, pencegahan terhadap prostat yang membengkak adalah melakukan terapi menahan kemih. Dalam terapi ini, penderita diajarkan untuk menahan keinginan berkemih dalan waktu jeda dua jam. Selain itu, Anda juga akan dilatih untuk mengatur pernapasangm mengalihkan pikiran ingin berkemih, dan relaksasi otot.


• Menjalani tindak pembedahan

Terdapat beberapa jenis pembedahan yang dapat membantu mengatasi masalah pembesaran prostat. Teknik pembedahan yang dilakukan, antara lain TURP atau pembedahan dengan menghilangkan beberapa jaringan, TUIP atau membuat alur di prostat, TUMT atau penghancuran jaringan prostat dnegan gelombang mikro, dan pengangkatan uretra prostat.


Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara tepat menangani prostat bengkak adalah berkonsultasi terlebih dahulu bersama Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit bersama klinik ini akan berlangsung cepat karena perawatan dilakukan oleh dokter ahli berpengalaman serta berkompeten di bidangnya.
 
Klinik Utama Sentosa melayani pasien dengan maksimal sehingga tercipta kepuasaan serta kenyamanan selama perawatan maupun pemeriksaan rutin. Selain itu, layanan konsultasi secara online dan gratis bisa Anda dapatkan sehingga penyebab penyakit dapat diketahui secara pasti. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.