Rab13Feb201913:32

Apa Penyebab Gejala Prostat di Usia Muda?

Gejala prostat di usia muda yang muncul biasanya berkaitan dengan hormon testosteron. Masalah prostat paling umum adalah pembesaran kelenjar prostat atau BPH (Benign Prostate Hiperplasia). BPH merupakan penyakit dimana ukuran prostat mengalami pembesaran tanpa meradang. Kondisi ini akan menekan saluran kencing atau uretra sehingga menyebabkan penderitanya merasakan sakit akibat sulit buang air kecil. Kelenjar prostat yang membesar mengakibatkan uretra menyempit dan kandung kemih menebal.

gejala prostat di usia muda
gejala prostat di usia muda

Bagaimana Gejala Prostat yang Akan Muncul?

Secara umum, gejala prostat di usia muda akibat pembesaran kelenjar ditandai dengan beberapa kondisi. Gejala prostat di usia muda yang peling sering dirasakan adalah kesulitan memulai aliran urin ketika buang air kecil serta tidak bisa menghentikan urin hingga menetas. Selain itu, terdapat beberapa gejala prostat di usia muda lainnya yang perlu Anda ketahui, yakni sebagai berikut:
 


• Meningkatnya keinginan buang air kecil, terutama malam hari.
• Aliran urin ketika buang air kecil akan melemah.
• Kandung kemih terasa belum kosong sehabis buang air kecil.
• Tidak dapat menahan keinginan untuk buang air kecil
• Adanya rasa sakit pada perut bagian bawah.

Biasanya, penyakit pembesaran prostat dapat terjadi seiring peningkatan usia. Hal ini mengakibatkan seseorang mengalami inkontinensia urin, yakni kondisi dimana Anda kehilangan kendali terhadap pengeluaran urin dari kandung kemih. Pembesaran prostat jinak paling sering menyerang pria di usia 50an. Namun, tidak menutup kemungkinan dialami oleh pria yang berusia lebih muda karena adanya beberapa faktor pemicu.


Penanganan Tepat Pada Penyakit Prostat

Terdapat beberapa faktor yang memicu munculnya gejala prostat di usia muda. Salah satu faktor penyebab yang dapat meningkatkan risiko pembesaran pada kelenjar prostat adalah riwayat keluarga. Anda berpotensi terkena penyakit BPH jika ada anggota keluarga dengan kondisi kesehatan yang sama. Selain itu, adanya penyakit tertentu, seperti diabetes dan jantung akan menyebabkan kelenjar prostat membesar.
 
Pembesaran pada kelenjar prostat yang diderita oleh pria usia muda paling banyak terjadi akibat pola atau gaya hidup yang tidak sehat. Karena itu, tindak penanganan paling tepat yang dapat dikakukan, dapat berupa rutin berolahraga. Selain olahrga, beberapa penanganan tepat terhadap penyakit pembesaran prostat jinak, adalah sebagai berikut:


• Konsumsi obat resep dokter

Obat yang sering digunakan dalam pengobatan kelenjar prostat yang membesar adalah alpha blockers. Mengonsumsi obat ini secara teratur dapat menghalangi efek dari hormon pria yang dapat mempengaruhi potensi pertumbuhan prostat.
 

• Lakukan tindak operasi

Jika penanganan dengan mengonsumsi obat tidak berpengaruh pada kesembuhan, biasanya dokter akan melakukan tindak operasi. Bedah atau operasi dapat mengurangi gejala secara efektif, namun memiliki kemungkinan terjadinya komplikasi.


Segera Konsultasikan di Klinik Utama Sentosa

Gejala prostat di usia muda dapat diketahui dengan melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini proses penyembuhan akan berlangsung cepat karena ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.
 
Klinik utama Sentosa juga memberikan keringanan pada biaya sehingga pasien tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Selain itu, klinik ini juga memiliki fasilitas lengkap seperti layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, Anda akan mengetahui penyebab penyakit serta jenis penanganan yang cocok dilakukan. Informasi lebih lanjut segera melakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.