Sen04Mar201915:27

Apa Penyakit Prostat Adalah Infeksi Kelenjar Pria?

Penyakit prostat adalah salah satu gangguan kesehatan yang dialami oleh pria berusia di atas 50 tahun. Gejala umum dari penyakit prostat dalah seringnya keinginan buang air kecil yang tidak bisa ditahan terutama saat malam hari. Prostat merupakan kelenjar seks pria yang terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi saluran kencing atau uretra. Seiring bertambahnya usia, pria dapat mengalami berbagai gangguan prostat, seperti pembesaran prostat jinak, peradangan prostat, dan juga kanker prostat.
penyakit prostat adalah
penyakit prostat adalah

Beberapa Gejala Penyakit Prostat Pada Pria

Pemicu seorang pria bisa menderita penyakit prostat adalah akibat beberapa faktor penyebab. Karena itu, penanganan dilakukan sesuai dengan jenis penyakit prostat yang sedang diderita. Gejala yang muncul juga berbeda-beda sesuai dengan penyebab penyakitnya. Perbedaan gejala berdasarkan penyebab penyakit prostat pada pria, adalah sebagai berikut:




• Pembesaran prostat jinak

Penyebab pria menderita penyakit prostat adalah pembesaran pada kelenjar prostat yang terjadi secara berlebihan. Gejala yang mungkin dirasakan akibat menderita penyakit pembesaran prostat jinak, antara lain pancaran kencing melemah, keluarnya air urin tidak lancar, urin yang keluar terputus-putus, serta keinginan untuk buang air kecil meningkat terutama saat malam hari.


• Peradangan pada prostat

Faktor pemicu lain yang menyebabkan adanya penyakit prostat adalah peradangan pada kelenjar. Penyakit ini bisa mengakibatkan munculnya rasa sakit yang menyiksa jika tak segera ditangani. Beberapa gejala yang menjadi pertanda adanya infeksi atau peradangan pada prostat, yakni rasa sakit saat berejakulasi, adanya darah dalam sperma, dan menurunnya fungsi seksual.


• Kanker prostat

Kanker prostat dapat terjadi karena adanya pertumbuhan sel-sel abnormal dan tidak terkendali. Masalah akibat adanya kanker yang sering muncul dari jenis penyakit prostat ini adalah tidak menampakkan gejala pasti. Gejala baru akan terlihat jika penyakit sudah menyebar ke tulang dan jaringan di sekitarnya.

Pencegahan Tepat Terhadap Penyakit Prostat


Untuk menghindari terjadinya masalah pada prostat, maka penanganan harus segera dilakukan bersama dokter. Selain itu, cara terbaik agar tidak terkena penyakit prostat adalah dengan melakukan beberapa tindak pencegahan. Berikut cara mencegah penyakit prostat pada pria yang bisa Anda lakukan di rumah.

• Terapkan pola hidup sehat

Cara paling mudah yang dapat membantu Anda terhindar dari penyakit prostat adalah menerapkan pola hidup sehat. Jauhi kebiasaan buruk, seperti minum alkohol, merokok, dan obat-obatan terlarang harus dilakukan agar penyaki tidak menginfeksi.

• Konsumsi makanan sehat

Makanan sehat, seperti buah-buahan yang mengandung antioksidan sangat penting untuk kesehatan kelenjar prostat. Selain itu, makanan yang kaya akan vitamin juga dapat membantu mendorong kemampuan sistem kekebalan tubuh, dan menghilangkan racun pencetus kanker.

• Rutin periksa kondisi kesetahan

Untuk mengantisipasi munculnya gangguan pada kelenjar prostat, maka pemeriksaan rutin harus dilakukan sejak dini. Hal ini dikarenakan pemeriksaan biasanya mampu membantu menyembuhkan penyakit yang ditemukan pada tahap atau gejala awal.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan terbaik pada penyakit prostat adalah dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa termasuk salah satu klinik kesehatan khusus penanganan penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan mendapatkan kemudahan karena layanan konsultasi disediakan sebelum memutuskan untuk memeriksakan diri.
 
Perawatan di Klinik Utama Sentosa akan ditangani langsung oleh dokter ahli yang telah berpengalaman dan berkompeten di bidangnya. Klinik ini juga telah menggunakan peralatan medis yang canggih serta berteknologi modern. Karena itu, segera lakukan pemeriksaan sebelum penyakit bertambang parah. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.