Kam02Mei201911:52

Apa Pengertian dari Gangguan Prostat Pada Pria?

Gangguan prostat adalah penyakit yang umumnya dialami oleh pria berusia 30 hingga 50 tahun. Prostat termasuk salah satu kelenjar pria yang bertugas mengeluarkan cairan penyubur dan pelindung sperma. Normalnya, prostat berukuran sebesar biji kenari yang akan membesar seiring bertambahnya usia. Namun, jika prostat membesar tanpa terkontrol akan menyebabkan munculnya masalah atau gangguan pada kesehatan.
gangguan prostat
gangguan prostat

Beberapa Jenis Penyakit Gangguan Prostat Pria

Seorang pria yang mengalami gangguan prostat biasanya dipicu oleh beberapa faktor yang kerap kali tidak diketahui atau disadari. Faktor pemicu atau penyebab terjadinya ganggua prostat pada pria dapat berbeda-beda. Terdapat berbagai gangguan yang menyerang organ prostat, yakni sebagai berikut:


• Pembesaran prostat jinak

Salah satu penyebab gangguan prostat adalah pembesaran prostat jinak atau BPH. Kondisi ini diakibatkan karena adanya pertumbuhan berlebih pada kelenjar prostat pria. Pembesaran prostat jinak dapat terjadi akibat dipengaruhi oleh dua faktor, seperti bertambahnya usia seseorang dan berfungsinya sel leydig pada testis sebagai penghasil hormon testosteron.


• Peradangan kelenjar prostat

Peradangan prostat termasuk salah penyakit yang cukup berbahaya dan menyebabkan rasa sakit berlebih hingga cukup menyiksa penderitanya. Prostatitis terjadi karena adanya infeksi bakteri sehingga menyebabkan prostat meradang dan membengkak. Gejala peradangan prostat, yakni sakit saat berejakulasi, terdapat darah di dalam sperma, dan menurunnya fungsi seksual pria.


• Kanker prostat

Kanker kelenjar prostat pada pria menyebabkan sel-sel tumbuh secara abnormal dan berlebihan. Kanker ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu kanker yang terbatas menyerang prostat saja atau kanker dini dan kanker yang telah menyebar ke luar prostat atau kanker lanjut. Penyakit kanker prostat jarang diderita oleh pria berusia di bawah 45 tahun.

Bagaimana Penanganan Terhadap Penyakit Prostat?

Sebelum penanganan terhadap gangguan prostat pada pria, Anda harus melakukan pemeriksaan kesehatan bersama dokter. Melakukan konsultasi bersama dokter adalah cara yang tepat untuk mengetahui penyebab penyakit secara pasti. Dokter akan memberikan beberapa obat-obatan oral guna meredakan gejala yang muncul. Jika konsumsi obat tidak mempengaruhi kesembuhan, maka penanganan lanjutan yang dapat dilakukan, yakni operasi. Meski efektif, operasi bukanlah solusi yang tepat untuk mencegah penyakit prostat.
 
Salah satu upaya untuk meminimalisir gangguan prostat pada pria adalah menjalani pola diet yang sehat, seperti memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Kesehatan kelenjar prostat harus dijaga dengan baik sebelum menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih serius. Karena itu, dokter akan menyarankan beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Tindak pencegahan pada gejala gangguan prostat, yakni rutin melakukan olahraga, pertahankan berat badan untuk tetap ideal, dan periksakan kesehatan prostat secara rutin.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Ciri penyakit prostat dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Melakukan perawatan penyakit di klinik ini, Anda akan mendapat pelayanan medis langsung dengan dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.
 
Klinik Utama Sentosa memiliki berbagai keunggulan, salah satunya adalah layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi ini, pasien akan mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera berkonsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.