Sab16Feb201910:50

Apa Pengertian BPH Secara Umum?

Pengertian BPH atau Benign Prostatic Hyperplasia adalah kondisi dimana kelenjar prostat yang dimiliki pria membesar. Penyakit ini lebih dikenal dengan nama pembesaran prostat jinak yang umum terjadi pada pria berusia di atas 50 tahun. Seseorang yang menderita penyakit BPH berisiko tinggi menderita kanker prostat. Karena itu, jika gejala pembesaran proatat jinak sudah mulai terlihat maka segera lakukan penanganan bersama dokter ahli.
pengertian BPH
pengertian BPH

Apa Saja Gejala Penyakit Pembesaran Prostat?

Setelah mengetahui pengertian BPH, Anda juga perlu mengenali gejala yang biasa dirasakan penderitanya. Munculnya gejala ini disebabkan oleh adanya tekanan pada kandung kemih serta uretra ketika kelenjar prostat membesar. Beberapa gejala yang dirasakan penderita pembesaran prostat jinak atau BPH, adalah sebagai berikut:
 


• Buang air kecil terasa tidak tuntas.
• Keinginan buang air kecil meningkat.
• Sulit mengeluarkan dan menghentikan aliran urin.
• Melemahnya aliran urin dan tersendat-sendat.
• Muncul sakit yang parah pada perut bagian bawah.
• Urin yang keluar sering disertai dengan darah.
• Mengejan ketika akan mengeluarkan urin.

Pada umumnya, kelenjar prostat akan tetap mengalami pertumbuhan seumur hidup. Dalam beberapa kasus, prostat akan terus tumbuh dan mencapai ukuran yang cukup besar sehingga dapat menghimpit uretra. Uretra yang terhimpit ini akan menyebabkan urin sulit dikeluarkan dan terjadi gejala pembengkakan prostat jinak. Beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi ini, antara lain kurang berolahraga, mengalami obesitas, faktor penuaan, menderita penyakit serius, dan adanya faktor keturunan.


Bagaimana Penanganan Tepat Pada BPH?

Penanganan terhadap pembengkakan pada prostat berbeda-beda setiap penderitanya. Biasanya, dokter akan memilih jenis penanganan yang paling sesuai berdasarkan beberapa faktor, seperti kondisi kesehatan penderita secara umum, tingkat ketidaknyamanan yang dirasakan, usia penderita, dan ukuran prostat yang dimiliki penderita. Penanganan pembesaran prostat jinak dibedakan berdasarkan gejala yang muncul. Jika gejala yang muncul ringan, maka penanganan cukup dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut:


• Konsumsi obat-obatan

Mengonsumsi obat dapat membantu menurunkan ukuran prostat serta meredakan gejala pembengkakan prostat pada pria. Selain itu, terdapat pula obat penghambat alfa yang berguna untuk memperlancar laju urin dengan cara melemaskan otot-otot kandung kemih.
 

• Lakukan terapi menahan urin

Terapi harus dilakukan di bawah pengawasan dokter ahli. Dalam melakukan terapi, pasien akan diajarkan bagaimana cara menahan keinginan berkemih dalam jeda waktu dua jam tiap selesai buang air kecil. Pasien juga akan diajarkan cara mengatur pernapasan, mengalihkan pikiran untuk tidak sering berkemih, dan juga relaksasi otot.


• Mengubah gaya hidup

Salah satu cara mengatasi prostat yang membengkak adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Beberapa perubahan gaya hidup yang bisa Anda lakukan, antara lain rutin berolahraga, kurangi mengonsumsi minuman berkafein, membiasakan diri untuk tidak minum apa pun dua jam sebelum waktu tidur.
 
Jika beberapa penanganan di atas tidak dapat mengurangi gejala, maka pemeriksaan dengan dokter menjadi pilihan lain. Pengertian BPH akan diketahui lebih jelas setelah melakukan konsultasi pada kondisi kesehatan tubuh. Untuk memahami pengertian BPH, segera lakukan perawatan di Klinik Utama Sentosa bersama dokter ahli.

Segera Lakukan Konsultasi dengan Klinik Utama Sentosa

Untuk mengetahui pengertian BPH lebih lanjut, Anda dapat melakukan konsultasi bersama dokter di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Sebelum penanganan dilakukan, Anda dapat berkonsultasi guna mengetahui pengertian BPH, penyebab penyakit secara pasti, dan jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan.
 
Tak perlu ragu dan khawatir, karena klinik ini memberikan keringanan pada biaya perawatan terhadap pasiennya. Proses penyermbuhan akan berlangsung dengan cepat karena perawatan dilakukan langsung dokter berpengalaman dan dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.