Rab27Mar201915:47

Apa Itu Pembengkakan Prostat Jinak?

Pembengkakan prostat jinak atau Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) adalah prostat yang membesar atau bengkak. Prostat melewati dua periode pertumbuhan utama seiring dengan pertambahan usia.
Apa Itu Pembengkakan Prostat Jinak?
Apa Itu Pembengkakan Prostat Jinak?
Yang pertama terjadi pada awal pubertas, ketika ukuran prostat berukuran dua kali lipat. Fase kedua pertumbuhan dimulai di usia 25 tahun dan berlanjut selama sebagian besar kehidupan pria. Seiring dengan penambahan usia, prostat mungkin akan menjadi lebih besar. Hiperplasia prostat jinak sering terjadi pada fase pertumbuhan kedua.

Ketika prostat membesar kemudian menekan uretra. Dinding kandung kemih menjadi lebih tebal, akhirnya kandung kemih dapat melemah serta kehilangan kemampuan untuk mengosongkan sepenuhnya, meninggalkan beberapa urin di kandung kemih.

Penyempitan uretra dan retensi urin, ketidakmampuan mengosongka kandung kemih sepenuhnya, akan menyebabkan banyak masalah yang terkait dengan hiperplasia prostat jinak.

Pembengkakan prostat jinak ini bukan berarti kanker, hal ini tidak menyebabkan terjadinya kanker. Akan tetapi pembengkakan prostat jinak (BPH) dan kanker dapat terjadi pada waktu yang bersamaan.

Prostat adalah bagian dari sistem reproduksi pria, seukuran buah kenari dan beratnya sekitar satu ons. Prostat berada di bawah kendung kemih, di depan rektum. Prostat mengelilingi tabung yang disebut uretra, uretra membawa urin dari kandung kemih melalui penis.

Pekerjaan utama prostat membuat cairan untuk semen. Selama ejakulasi, sperma yang dibuat di testis bergerak ke uretra. Pada saat bersamaan, cairan dari prostat dan vesikula seminalis juga bergerak ke uretra. Campuran ini, air mani, melewati uretra dan keluar dari penis.



Penyebab dan gejala BPH

Penyebab BPH tidak dipahami dengan baik. Namun, umumnya terjadi pada pria dengan usia yang lebih tua. Pembengkakan prostat jinak tidak terjadi pada pria yang testisnya diangkat sebelum pubertas.

Faktor risiko yang dapat meningkatkan terjadinya BPH pada pria termasuk penuaan, riwayat keluarga. Selain itu adalah obesitas, kurangnya aktivitas fisik, dan disfungsi ereksi.

Dengan BPH, prostat menjadi lebih besar, ketika membesar dapat mengiritasi atau memblokir kandung kemih. Gejala BPH yang paling umum adalah kebutuhan untuk buang air kecil yang lebih sering, terutama di malam hari. Gejala yang lain, termasuk:

o Merasa kandung kemih penuh, bahkan setelah buang air kecil.
o Kesulitan untuk buang air kecil.
o Kebutuhan untuk mendorong atau mengejan untuk buang air kecil.
o Dalam kasus yang sudah parah, tidak dapat buang air kecil sama sekali. Kondisi ini darurat, dan harus segera dirawat untuk mengatasinya.

Baca Juga: Pengobatan BPH Yang Diderita Pria* Klik Disini

Diagnosis dan cara pengobatan

Diagnosis BPH dapat dilakukan dengan beberapa tes, yaitu:

o Tes urin (Urinalisis).
o Tes darah untuk menyaring kanker prostat.
o Ultrasonografi prostat.

Anda harus mengunjungi penyedia layanan kesehatan dengan tenaga medis profesional jika memiliki gejala dan melakukan tes. Segeralah menemui dokter jika terdapat darah dalam urin, rasa sakit atau rasa terbakar saat buang air kecil, atau Anda tidak dapat buang air kecil.

Ada banyak perawatan untuk pembengkakan prostat jinak. Anda dan dokter dapat meutuskan bersama metode perawatan mana yang tepat untuk mengatasinya. Dalam beberapa kasus, prosedur invasif minimal yang tidak memerlukan anestesi adalah pilihan terbaik. Dan terkadang kombinasi perawatan medis paling baik.



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Untuk mengatasi BPH yang aman dan tepat Anda harus bijak dalam memilih perawatan yang aman, cepat dan akurat. Dan sevagai penderita tentu kita akan mencari tempat pengobatan yang membuat kita nyaman selama tindakan pengobatan. Selain itu, ditangani langsung oleh dokter ahli yang sudah berpengalaman dengan biaya terjangkau, bukan?

Di Klinik Utama Sentosa Anda dapat menemukan yang Anda cari, sebab Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin, hingga saat ini sudah banyak yang mempercayakan pengobatan pada kami dan puas dengan pelayanan dan perawatan medis prima yang kami berikan, dan yang terpenting adalah hasilnya hingga tuntas.

Kami hadir dengan metode pengobatan terbaru yang di dukung peralatan medis modern canggih dan laboratorium yang steril sehingga Anda tidak perlu ragu. Jika Anda memiliki pertannyaan lain terntang pembengkakan prostat jinak, silahkan konsultasikan keluhan Anda atau hubungi kami di 081366657878.