Kam07Mar201914:57

Adakah Bahaya Prostat Jika Tak Ditangani?

Bahaya prostat yang paling ditakuti kaum pria adalah munculnya komplikasi serius. Prostat merupakan salah satu kelenjar pada sistem reproduksi yang membungkus saluran kemih atau uretra. Kelenjar ini akan mengeluarkan cairan yang berfungsi untuk menyuburkan serta melindungi sperma. Penyakit prostat lebih sering menyerang pria berusia di atas 50 tahun. Hal ini dikarenakan kelenjar prostat akan semakin membesar seiring bertambahnya usia seseorang.
bahaya prostat
bahaya prostat

Apa Saja Bahaya Penyakit Prostat Pada Pria?

Penyakit prostat yang tidak segera ditangani akan menyebabkan bahaya atau komplikasi serius lainnya. Tanda adanya bahaya prostat adalah berupa keluarnya cairan darah bersama dengan air urin. Selain itu, gejala juga akan disertai dengan rasa nyeri dan panas pada saluran kemih atau perut bagian bawah. Pendarahan yang muncul ini diakibatkan infeksi oleh sel kanker yang tengah mengalami peningkatan. Beberapa bahaya prostat yang mungkin muncul, antara lain:


• Mengalami gangguan seksual

Bahaya prostat yang paling utama adalah menyebabkan turunnya gairah seksual sehingga mengganggu aktivitas seks dengan pasangan. Selain itu gangguan seksual lainnya yang mungkin terjadi adalah ejakulasi dini, kesulitan penetrasi, mengalami penurunan stamina, dan ereksi yang terlalu cepat.


• Infeksi pada saluran kemih

Jika penyakit prostat tidak segera ditangani, maka bisa mengakibatkan saluran kemih terluka. Selanjutnya peradangan akan muncul sehingga memicu penurunan fungsi saluran kemih hingga menyebabkan kerusakan dan penderitanya kesulitan untuk buang air kecil. Bahaya prostat lain akibat infeksi saluran kemih yang perlu diwaspadai, yakni kram perut bagian bawah.


• Gangguan pada tulang belakang

Salah penyakit prostat yang cukup berbahaya adalah kanker. Kanker pada prostat bisa menyebabkan munculnya gangguan tulang belakang. Beberapa akibat dari kanker pada prostat, yaitu tubuh mengalami kelemahan otot, kesulitan tidur atau insomnia, punggung terasa sakit hingga menjalar ke bagian pinggang, dan sering mengalami kelelahan.


• Kerusakan otak

Penyakit prostat, seperti kanker tak hanya menjalar pada bagian tulang belakang saja melainkan menyebar sampai ke otak. Jika sudah menginfeksi otak, penderita penyakit prostat akan mengalami kejang-kejang. Selain itu, jika gejala yang muncul tidak segera ditangani maka akan menyebabkan penurunan kesadaran dan gangguan pada mental.

Penanganan Tepat yang Dapat Dilakukan

Pengobatan bahaya prostat yang disebabkan oleh kanker bisa dilakukan dengan terapi radiasi, terapi hormon, kemoterapi, dan pembedahan untuk mengangkat kelenjar prostat. Penyakit lebih mudah diatasi jika gejala terdeteksi sedini mungkin pada tahap awal. Selain perawatan bersama dokter, Anda juga perlu memperbanyak konsumsi buah dan sayur, makanan yang kaya akan vitamin serta mineral, rutin melakukan olahraga, dan mempertahankan berat badan ideal.
 
Gaya hidup harus dijaga secara teratur agar tetap sehat dan berimbang, terutama pola makan. Pola hidup yang tidak sehat dapat memicu munculnya penyebab penyakit pada prostat yang tidak diinginkan. Karena itu, untuk mengetahui cara mengatasi penyakit prostat, maka segera periksakan kondisi kesehatan ataupun berkonsultasi bersama dengan dokter ahli.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Cara terbaik untuk menangani bahaya prostat adalah dengan melakukan pemeriksaan dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa termasuk salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan mendapatkan kemudahan karena layanan konsultasi secara online dan gratis disediakan sebelum memutuskan untuk memeriksakan diri.
 
Perawatan penyakit di Klinik Utama Sentosa akan ditangani langsung oleh dokter ahli yang telah berpengalaman dan berkompeten di bidangnya. Selain itu, klinik ini juga telah menggunakan peralatan medis yang canggih serta berteknologi modern. Segera lakukan pemeriksaan sebelum penyakit bertambah parah. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.