Rab30Jan201913:32

5 Metode Penanganan Pada Infeksi Prostat

Infeksi prostat atau prostatitis merupakan peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada kelenjar prostat. Kelenjar prostat pada pria terletak di bawah kandung kemih dan berfungsi sebagai penghasil cairan semen yang memberi nutrisi pada sperma serta membawa sperma ke luar dari tubuh. Prostatitis dapat diderita oleh pria dari segala golongan usia, namun umumnya terjadi pada pria di bawah usia 50 tahun.

infeksi prostat
infeksi prostat

Gejala Prostatitis Serta Faktor Risiko Pemicunya

Penyebab penyakit prostatitis dapat dipicu oleh beberapa hal, seperti memiliki infeksi kandung kemih sebelumnya, adanya pembesaran pada prostat, melakukan hubungan seksual melalui dubur, pemakaian kateter urin, dan terdapat saluran kemih yang tidak normal. Seseorang yang memiliki riwayat keluarga terkena infeksi prostat akan meningkatkan risiko munculnya penyakit. Selain itu, terdapat pula beberapa faktor pemicu yang mempengaruhi kemungkinan infeksi, seperti:
 


• Pria berusia di atas 40 tahun rentan terinfeksi karena memiliki sistem kekebalan tubuh yang melemah.
• Memiliki pola atau gaya hidup yang buruk, yakni kurang aktivitas fisik, seperti berolahraga.
• Mengalami tekanan hingga menyebabkan stres sehingga berakibat menurunkan daya tahan tubuh.
• Perokok aktif yang memiliki kebiasaan merokok selama bertahun-tahun dan juga perokok pasif yang terpapar asap cukup lama.

Seseorang yang terkena infeksi prostat biasanya mengalami gejala, berupa rasa panas dan tidak nyaman di sekitar organ kelamin. Beberapa gejala umum lain dari infeksi prostat adalah sebagai berikut:

• Urin keluar disertai dengan darah.
• Sulit untuk memulai buang air kecil.
• Perubahan warna urin menjadi keruh.
• Ketidaknyamanan pada organ kelamin.
• Sakit dan nyeri pada perut, punggung, dan selangkangan.
• Munculnya gejala flu, seperti demam dan meriang.
• Meningkatnya frekuensi urin terutama saat malam hari.
• Muncul rasa perih dan sensasi panas ketika berkemih.


Penanganan Tepat Untuk Infeksi Pada Prostat

Penanganan infeksi prostat dapat dilakukan berdasarkan faktor penyebabnya. Anda juga bisa melakukan upaya penanganan secara mandiri guna membantu meringankan gejala, seperti mengurangi konsumsi makanan pedas atau asam serta minuman dengan kandungan alkohol dan juga yang berkafein. Jika dirasa masih belum mampu mengurangi gejala akibat infeksi prostat, maka beberapa metode penanganan yang bisa Anda lakukan, yakni:


• Mengonsumsi obat antibiotik

Dokter biasanya akan memberikan beberapa obat antibiotik dalam bentuk oral atau minum. Selain itu,obat antiinflamasi bisa diberikan guna mengurangi rasa nyeri, menurunkan demam, dan membuat penderitanya menjadi lebih nyaman.


• Melakukan latihan relaksasi

Latihan relaksasi dapat dilakukan guna membantu meringankan gejala. Anda dapat mengawali teknik ini dengan merilekskan otot-otot mulai dari jari-jari kaki hingga kepala dan leher. Bernapaslah perlahan dan dalam melalui hidung dan keluarkan lewat mulut.


• Mengonsumsi makanan kaya serat

Konsumsi makanan bergizi yang mengandung serat tinggi berguna dalam mencegah dan mengatasi infeksi pada prostat. Selain itu, perbanyak memakan sumber antioksidan dari makanan tertentu dapat membantu menangkal radikal bebas.
 

• Berendam dalam air hangat

Berendam dalam air hangat secara rutin merupakan salah satu cara menangani infeksi pada prostat yang paling mudah. Air hangat dipercaya mampu meredakan rasa sakit dan membuat organ sekitar kelamin menjadi lebih nyaman.


• Banyak konsumsi air mineral

Air mineral yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengeluarkan bakteri penyebab infeksi melalui proses berkemih. Dokter biasanya juga menyarankan penderita penyakit prostat untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya.



Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Peradangan karena infeksi prostat dapat ditangani dengan melakukan perawatan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik penanganan penyakit kulit dan kelamin terbaik yang berada di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan keuntungan karena dilakukan oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga menawarkan Anda keringanan pada biaya perawatan dengan berbagam pilihan perawatan yang terjangkau. Selain itu, pelayanan medis diberikan secara maksimal sehingga banyak orang yang mempercayakan kesembuhan penyakit kulit maupun kelaminnya di Klinik Utama Sentosa. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.