Min27Jan201915:16

3 Cara Menangani Kelainan Pada Sistem Reproduksi

Kelainan pada sistem reproduksi pria bisa terjadi karena disebabkan oleh peradangan atau inflamasi. Pada pria, sistem yang sering mengalami kelainan adalah kelenjar prostat. Kelainan yang biasa disebut dengan prostatitis ini bisa diderita oleh pria dari segala golongan usia. Kelenjar prostat memiliki fungsi sebagai pemberi makan dan pembawa sperma ke luar tubuh. Karena itu, jika kelenjar ini memiliki kelainan maka dapat menyebabkan masalah serius pada tubuh.

kelainan pada sistem reproduksi
kelainan pada sistem reproduksi

>>>klik disini untuk melakukan konsultasi<<<

Beberapa Penyebab Prostatitis Pada Pria

Penyebab kelainan pada sistem reproduksi atau prostatitis pada pria dapat dibedakan berdasarkan jenisnya. Prostatitis dibagi menjadi beberapa jenis, seperti prostatitis bakteri akut, dan prostatitis bakteri kronis. Berbagai jenis penyebab kelainan pada sistem reproduksi pria ini perlu diketahui guna menentukan jenis pengobatan yang cocok dilakukan. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai jenis prostatitis pada pria.


• Prostatitis bakteri akut

Kelainan pada sistem reproduksi jenis akut ini biasanya disebabkan oleh adanya infeksi bakteri yang telah menyebar naik. Bakteri yang menjadi penyebab utama prostatitis jenis ini adalah E. coli, Neisseria gonorrhoeae, Chlamydia trachomatis, dan Pseudomonas.
 

• Prostatitis bakteri kronis

Berbeda dengan jenis sebelumnya, kelainan pada sistem reproduksi atau prostatitis kronis terjadi akibat faktor pemicu lain. Beberapa penyakit yang dapat memicu munculnya prostatitis kronis, antara lain HIV, tuberkulosis ginjal, dan sarkoidosis.
 
Selain bakteri, beberapa faktor lain juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami prostatitis. Beberapa di antaranya, dapat berupa penggunaan kateter urin dalam waktu lama, menderita HIV/AIDS, memiliki riwayat prostatitis sebelumnya, adanya cedera pada daerah panggul serta lipat paha, dan pernah melakukan biopsi prostat atau pengambilan sampel jaringan prostat dalam tubuh.


Cara Menangani Kelainan Sistem Reproduksi Pria

Pemberian obat anti nyeri dan anti inflamasi merupakan cara tepat untuk menangani penyakit prostatitis pada pria. Beberapa jenis obat tersebut mampu membantu meredakan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan yang terjadi. Selain itu, Anda juga perlu melakukan tindak penanganan secara mandiri di rumah. Beberapa penanganan yang dapat diterapkan adalah sebagai berikut:


• Menggunakan bantalan jika duduk terlalu lama.

Duduk terlalu lama akan berdampak buruk karena menyebabkan munculnya iritasi pada kelenjar prostat pria. Untuk itu, jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan duduk sepanjang waktu maka gunakan bantalan sebagai upaya pencegahan terhadap prostatitis.


• Rutin berendam di dalam air hangat.

Prostat yang meradang dapat menimbulkan rasa sakit serta nyeri dan akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu penanganan yang dapat dilakukan adalah rutin berendam di dalam air hangat. Air hangat dipercaya dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan.
 

• Hindari mengonsumsi makanan pedas

Terlalu sering mengonsumsi makan pedas dapat memicu peradangan pada prostat pria. Karena itu, usahakan untuk mengurangi konsumsi makanan yang terlalu pedas. Selain itu, jika Anda telah menderita prostatitis maka hindari minuman beralkohol dan juga kandungan kafein tinggi.


Lakukan Penanganan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan terbaik terhadap kelainan pada sistem reproduksi pria dapat dilakukan dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Klinik ini dapat membantu Anda dalam menangani berbagai penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Menular seksual karena dilakukan bersama dokter ahli berpengalaman di bidangnya.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan pada pasien yang kurang mampu dengan menyesuaikan biaya perawatan sesuai kantong. Anda juga akan mendapatkan pelayanan medis maksimal sehingga pasien dapat merasakan kenyamanan dan kepuasaan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa segera melakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.