Sen28Jan201909:30

Tanda-tanda Penyakit Kelamin

 

Penyakit kelamin atau penyakit menular seksual (PMS) adalah penyakit yang disebabkan bakteri, virus maupun jamur, baik pada pria maupun wanita. Jika penyakit kelamin tidak segera diatasi tepat waktu, maka gejala penyakit kelamin dapat menyebabkan kerusakan sebagian besar alat kelamin yang telah terinfeksi.

tanda-tanda Penyakit Kelamin
tanda-tanda Penyakit Kelamin

Tanda-tanda penyakit kelamin atau penyakit menular seksual tidak dapat dideteksi dengan mudah oleh mata telanjang, yang terjadi pada seseorang karena penyakit kelamin sering muncul tanpa disadari. Oleh karena itu, penyakit menular seksual (PMS) biasa disebut infeksi menular seksual (IMS), sebab infeksi dapat terjadi tanpa indikasi tanda-tanda penyakit kelamin dan gejala yang mengawali. Cara untuk memastikan apakah mengidap penyakit kelamin atau tidak dengan cara pemeriksaan laboratorium oleh dokter ahli kelamin.

Mengetahui tanda-tanda penyakit kelamin atau gejala awal penyakit kelamin merupakan satu hal yang penting yang dapat dijadikan sebagai petunjuk awal dari penyakit kelamin. beberapa tanda-tanda penyakit kelamin atau gejala penyakit kelamin yang paling umum, antara lain:

  1. Perubahan pada urine

Rasa sakit atau panas terbakar ketika buang air kecil, merupakan salaha satu gejala dari beberapa jenis penyakit kelamin yang terjadi. Akan tetapi, gejala yang muncul bisa juga akibat ISK (infeksi saluran kemih), atau batu ginjal. Infeksi menular seksual yang menyebabkan rasa sakit selama urinasi adalah Klamidia, Gonore, Trikomoniasis.

Selain itu, sebaiknya perhatikan adanya perubahan pada warna urine untuk indikasi adanya darah.


<<KONSULTASI ONLINE 24 JAM GRATIS HANYA DI KLINIK UTAMA SENTOSA>>

  1. Keluar cairan dari penis

Tanda penyakit kelamin pria berupa partikel atau zat asing keluar dari penis menunjukkan kemungkinan adanya infeksi penyakit menular seksual atau infeksi yang lainnya. Jika mengalami kondisi ini, sebaiknya segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat selanjutnya tindakan pengobatan sejak dini agar penyakit secepatnya disembuhkan. Penyakit yang menyebabkan cairan asing keluar dari penis pria, adalah Klamidia, Gonore, Trikomoniasis.

Tipe penyakit ini umumnya dapat diatasi dengan antibiotik jika terdeteksi sejak dini. Kunjugi dokter jika tanda-tanda penyakit kelamin atau gejala tidak kunjug membaik atau kambuh.

  1. Vagina terasa panas dan gatal

Gejala seperti ini diakibatkan oleh penyakit menular seksual (PMS). Vagina terasa panas terbakar atau rasa gatal dapat disebabkan iritasi atau infeksi ragi. Namun demikian jika mendeteksi sensasi yang tidak biasa pada area atau sekitar vagina, sebaiknya untuk segera konsultasi untuk menghindari komplikasi.

  1. Nyeri selama aktivitas hubungan seksual

Rasa nyeri ketika hubungan seksual umum dialami sejumlah wanita. Mungkin ini alasan nyeri menjadi gejala atau tanda-tanda penyakit kelamin yang sering terlewat. Jika Anda mengalami sakit ketika hubungan seksual, konsultasikan dengan dokter, terutama jika:

  • Baru mengalami pertama kali.
  • Berubah, intensitas, lokasi dan bentuk.
  • Muncul setelah ganti pasangan seksual.
  • Muncul setelah ganti kebiasaan seksual.

Rasa sakit ketika ejakulasi juga dapat diklarifikasikan sebagai tanda-tanda penyakit kelamin atau gejala penyakit kelamin pada pria.

  1. Keputihan abnormal atau pendarahan dari vagina

Tanda-tanda wanita tertular penyakit kelamin berupa keputihan yang tidak biasa dapat disebabkan sejumlah infeksi, dan tidak semua tergolong dalam penyakit menular seksual. Keputihan tergolong normal dialami wanita selama menstruasi, dalam kondisi normal tidak berbau dan tidak berwarna. Jika keputihan tidak biasa, seperti cairan hijau atau kuning berbau keluar dari vagina, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Keputihan akibat trikomoniasis biasanya akan berwarna hijau, berbusa, serta menimbulkan bau tidak sedap. Keputihan akibat penyakit gonore pada umumnya berwarna kekuningan yang terkadang disertai dengan noda darah.

Jika Anda mengalami pendarahan antara siklus menstruasi di ikuti keputihan, segera untuk mengambil tindakan dengan konsultasi dahulu dengan dokter. Gejala seperti ini biasanya muncul pada kanker.

  1. Kutil atau memar

Kutil serta memar dapat dijadikan sebagai petunjuk dini sebagai tanda-tanda penyakit kelamin menular seksual, termasuk Herpes genital, Sipilis, dan HPV.

Jika Anda menyadari timbul benjolan aneh atau memar dekat dengan mulut atau daerah genital, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

 
SIMAK GEJALA PENYAKIT KELAMIN PRIA* KLIK DISINI

Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Jika Anda memiliki tanda-tanda penyakit kelamin atau gejala penyakit kelamin menular seksual, sebaiknya untuk segera melakukan tindakan dengan melakukan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter dan tidak menunda melakukan pemeriksaan. Jenis penyakit menular seksual dapat ditangani dan disembuhkan jika gejala terdeteksi sejak dini dengan perawatan intensif di dukung perubahan gaya hidup sehat. Jika saat ini Anda mengalami tanda-tanda penyakit kelamin baik pria maupun wanita, kunjungi Klinik Utama Sentosa, sekaranag juga untuk mengatasi masalah penyakit kelamin Anda. Anda tidak perlu malu dengan kondisi Anda sebab dokter Klinik Utama Sentosa sudah banyak menangani kasus penyakit kelamin hingga tuntas dan puas dengan pelayanan yang kami berikan. Disini Anda ditangani langsung oleh dokter profesional yang sudah berpengalaman bidang penyakit kelamin, di dukung peralatan medis modern yang canggih, serta laboratorium yang steril, dengan biaya pengobatan yang relatif terjangkau. Atai penyakit kelamin Anda bersama Klinik Utama Sentosa hingga tuntas.

Kami memberikan pelayanan dan perawatan medis intensif hingga tuntas dengan metode pengobatan terbaru, yang tidak akan Anda temukan ditempat lain. Kenyamanan selama tindakan pengobatan, kesehatan dan kesembuhan penyekait setiap pasien merupakan tanggung jawab penuh dan prioritas kami untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan tidak mengecewakan, sudah terbukti dengan banyaknya pasien yang telah kami tangani.

Untuk informasi lebih lanjut terkait tanda-tanda penyaki kelamin yang Anda alami, silahkan klik website kami untuk konsultasi dengan dokter, atau hubungi kami di 0813 6665 7878. Privacy dan rahasi medis Anda aman dan terlindungi.