Sel23Apr201911:54

Simak, Ini Cara Penularan Penyakit Kandidiasis

Cara penularan penyakit kandidiasis dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Penyakit kandidiasis disebabkan akibat adanya infeksi jamur Candida di kulit. Pada dasarnya, kulit terdiri dari berbagai jenis bakteri dan fungi, namun jika sudah berkembang biak tanpa terkontrol dapat menyebabkan infeksi. Penyakit kandidiasis menyebabkan rasa tidak nyaman, namun biasanya tidak membahayakan nyawa.
cara penularan penyakit kandidiasis
cara penularan penyakit kandidiasis

Gejala Kandidiasis Berdasarkan Area Infeksinya

Gejala penyakit kandidiasis muncul berbeda-beda berdasarkan lokasinya. Biasanya, gejala yang akan dirasakan penderitanya adalah gatal, pecah-pecah, serta kering pada kulit akibat adanya ruam. Ruam biasanya akan terlibat di beberapa bagian lipatan kulit, seperti ketiak, selangkangan, sela jari, dan bawah payudara. Beberapa perbedaan gejala penyakit kandidiasis berdasarkan area infeksinya, adalah sebagai berikut:



• Area kulit, biasanya akan muncul gejala berupa kemerahan pada kulit yang terasa gatal, perih, hingga meradang.
 
• Area genital, dapat mengakibatkan gejala penyakit berupa rasa gatal yang ekstrem, kemerahan, serta sakit pada area kelamin.
 
• Area mulut dan tenggorokan, umumnya timbul bercak-bercak putih pada lidah serta mulut, dan terjadi pembengkakan pada gusi.
 
• Aliran darah serta organ lainnya, biasanya dikenal dengan candidemia yang mengakibatkan demam hingga menggigil pada tubuh.
 
Sebelum mengetahui cara penularan penyakit kandidiasis, berikut beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang mudah terinfeksi kandidiasis, yaitu memiliki sistem imun yang lemah terutama bayi serta wanita hamil, sedang menjalani kemoterapi untuk kanker, wanita yang memiliki kadar estrogen tinggi, sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, dan aktif secara seksual.


Penanganan Tepat Terhadap Infeksi Kandidiasis

Berbagai cara penularan penyakit kandidiasis dapat diketahui melalui diagnosis dokter. Untuk memastikan ada tidaknya infeksi bakteri kandidiasis, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan, seperti berikut ini:
 
• Pemeriksaan fisik, dilakukan untuk melihat secara visual bentuk dan penampakan ruam serta kondisi kulit di sekitarnya.
 
• Kultur kulit, dilakukan untuk memastikan keberadaan jamur dengan mengambil sampel kulit melalui swabbing.
 
• Analisis urin, berguna untuk membantu mengecek keberadaan sel darah merah serta jamur penyebab infeksi.
 
Penyakit kandidiasis dapat ditangani dengan menggunakan obat antijamur berbentuk krim. Pemberian obat ini dilakukan guna menghambat infeksi dan membunuh jamur. Sementara itu, jika infeksi sudah menyerang seluruh tubuh atau sistemik, maka memerlukan obat antijamur berbentuk oral. Cara penularan penyakit kandidiasis dapat dicegah dengan melakukan beberapa langkah, yakni:
 
• Segera ganti pakaian yang lembap guna mencegah perkembangan bakteri.
• Biasakan untuk mengganti kaos kaki dan pakaian dalam secara teratur.
• Kenakan pakaian yang longgar dan tidak ketat atau berbahan katun.
• Konsumsi pribiotik secara teratur dan jaga kadar gula dalam darah.
• Bersihkan area yang terinfeksi dengan sabun tanpa kandungan parfum.
• Rutin berkumur dengan air garam yang hangat dan jaga kebersihan gigi.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara penularan penyakit kandidiasis bisa diketahui setelah mendapatkan hasil diagnosis penyakit. Karena itu, segera lakukan perawatan medis bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan mendapatkan kesembuhan maksimal karena dilakukan menggunakan peralatan medis canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan kemudahan dengan adanya layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi ini, pasien dapat mengetahui penyebab, cara penularan penyakit kandidiasis, serta pengobatan yang tepat dilakukan. Tak perlu ragu, karena klinik ini menawarkan keringanan biaya perawatan sehingga terjangkau bagi semua kalangan. Infomasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.