Sab13Apr201914:22

Simak, Ini Cara Mengobati Kandidiasis Secara Alami

Cara mengobati kandidiasis secara alami bisa diketahui setelah berkonsultasi bersama dokter. Penyakit kandidiasis disebabkan oleh jenis jamur yang bernama Candida albicans. Kandidiasis akan mempengaruhi organ kelamin, mulut, kulit, dan juga darah. Gejala yang muncul berbeda-beda tergantung pada area yang terinfeksi. Infeksi jamur penyebab kandidiasis ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan, namun tidak membahayakan nyawa.
cara mengobati kandidiasis secara alami
cara mengobati kandidiasis secara alami

Penyebab Kandidiasis dan Gejala yang Menyertainya

Sebelum mengetahui cara mengobati kandidiasis secara alami, gejala penyakit perlu dikenali. Beberapa gejala umum kandidiasis disebabkan oleh faktor risiko, seperti sistem imun yang lemah, sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, mengalami kondisi yang memicu mulut menjadi kering, baru menjalani kemoterapi, kebersihan tubuh yang buruk dan wanita dengan kadar estrogen tinggi. Gejala kandidiasis dapat dibedakan berdasarkan area yang terinfeksi, seperti:



• Area kulit, biasanya akan ditandai dengan bagian yang berwarna merah atau putih, terasa gatal, perih, hingga meradang.
 
• Area genital, ditandai dengan rasa gatal yang ekstrem, muncul kemerahan, keluar cairan kental berwarna putih, dan sakit ketika berhubungan seksual.
 
• Area mulut dan tenggorokan, biasanya akan muncul bercak-bercak putih pada lidah serta mulut, pembengkakan pada gusi, dan rasa sakit hingga sulit menelan.
 
• Aliran darah serta organ lain, atau biasa disebut sebagai candidemia yang mengakibatkan tubuh mengalami demam dan menggigil.

Pengobatan Tepat Terhadap Penyakit Kandidiasis

Terdapat berbagai cara mengobati kandidiasis secara alami, salah satunya mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Anda dapat melakukan beberapa cara mengobati kandidiasis secara alami di rumah. Pengobatan mandiri yang dapat membantu mengatasi gejala kandidiasis adalah berkumur dengan air garam hangat. Selain itu, kebersihan gigi juga harus diperhatikan dengan rutin menyikat gigi serta mengganti sikat jika sudah lama digunakan.
 
Jika pengobatan secara mandiri tidak berhasil menghilangkan gejala, maka bisa menggunakan obat antijamur berbentuk krim. Pemberian obat ini bertujuan untuk menghambat penyebaran infeksi dan membunuh jamur penyebab kandidiasis. Untuk mendapatkan kesembuhan penyakit secara maksimal, perawatan perlu disertai dengan tindak pencegahan, seperti:


• Gunakan pakaian yang longgar atau berbahan dasar katun.
• Bersihkan area kulit yang terinfeksi menggunakan air hangat.
• Segera ganti pakaian dalam yang sudah terasa lembap.
• Konsumsi obat pribiotik secara teratur sesuai anjuran dokter.
• Selalu jaga kadar gula darah di dalam tubuh.
• Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat.

Jamur candida mudah menyerang seseorang karena dipicu oleh iritasi akibat menggunakan sabun pembersih organ kelamin. Organ kelamin yang dibersihkan menggunakan sabun dengan pewangi dapat menyebabkan infeksi mudah menginfeksi serta memperburuk kondisi tubuh. Untuk itu, lakukan pencegahan penyakit sebelum berkembang menjadi lebih serius atau segera periksakan dengan dokter.


Segera Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara mengobati kandidiasis secara alami baru bisa dilakukan setelah mendapatkan hasil diagnosis penyakit. Karena itu, segera lakukan perawatan medis bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan mendapatkan kesembuhan maksimal karena dilakukan menggunakan peralatan medis canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan kemudahan dengan adanya layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi ini, pasien dapat mengetahui penyebab panyakit serta cara mengobati kandidiasis secara alami. Tak perlu ragu, karena klinik ini menawarkan keringanan biaya perawatan sehingga terjangkau bagi semua kalangan. Infomasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.