Jum08Feb201913:09

Simak, Berikut Macam Macam Penyakit Kelamin

Macam macam penyakit kelamin yang diderita oleh pria maupun wanita muncul dengan gejala yang berbeda. Penyakit kelamin atau penyakit menular seksual terjadi karena melakukan hubungan seks tidak aman. Beberapa penyakit kelamin banyak di antaranya yang cukup berbabaya, sulit disembuhkan, dan bahkan mengancam jiwa. Karena itu, sebelum penyakit bertambah serius maka penanganan bersama dokter harus segera dilakukan.

macam macam penyakit kelamin
macam macam penyakit kelamin

Apa Saja Gejala Penyakit Kelamin?

Baik pria maupun wanita mungkin tidak menyadari gejala yang ditimbulkan dari berbagai macam penyakit kelamin yang ada. Biasanya, gejala penyakit kelamin akan berdampak cukup besar ketika sedang melakukan aktivitas seksual. Beberapa gejala penyakit kelamin yang perlu Anda ketahui, antara lain:



• Pada wanita

Gejala penyakit kelamin pada wanita biasanya diawali dengan keputihan yang tidak normal. Jika keputihan berwarna kehijauan, abu-abu, hingga kuning seperti nanah, maka hal ini patut diwaspadai. Gejala lain dari penyakit kelamin. dapat berupa munculnya kutil pada organ kelamin. Kutil pada kelamin biasanya muncul dengan ukuran kecil dan datar. Namun, dapat berkembang menjadi lebih besar dan menonjol ke atas permukaan kulit.


• Pada pria

Pada pria gejala penyakit kelamin bisa dibedakan menjadi tiga kategori, yakni adanya luka atau kelainan pada organ genital, peradangan pada uretra, dan munculnya tanda di seluruh tubuh. Gejala dengan luka yang berkelanjutan bisa memunculkan kutil kelamin, lepuhan yang menyakitkan, serta adanya bisul. Sementara, peradangan pada uretra bisa menyebabkan sensasi terbakar ketika buang air kecil.


Macam Macam Penyakit Kelamin dan Pencegahannya

Macam macam penyakit kelamin harus segera diobati karena akan memberikan dampak buruk pada kesehatan. Bakteri serta virus yang menjadi penyebab penyakit kelamin dapat bersarang di cairan tubuh yang biasanya keluar saat seks. Macam macam penyakit kelamin yang perlu Anda ketahui, antara lain:


• Penyakit sipilis

Sipilis atau raja singa adalah penyakit kelamin yang ditularkan melalui hubungan seksual tanpa menggunakan pelindung. Gejala penyakit sipilis sulit dideteksi dan baru akan terlihat ketika sudah berada di tahap yang serius atau menyebabkan komplikasi.


• Penyakit gonore

Salah satu penyakit kelamin ini dapat diderita baik wanita maupun pria dan bahkan bayi sekalipun. Gejala dari penyakit gonore biasanya akan menyebabkan rasa sakit dan sensasi terbakar ketika buang air kecil serta keluarnya cairan seperti nanah dari organ genital.


• Penyakit klamidia

Klamidia merupakan penyakit kelamin yang cukup berbahaya karena infeksi dapat menyebar dan menimbulkan komplikasi serius. Gejala klamidia lebih mudah dideteksi pada penderita wanita dibanding pria, yakni munculnya keputihan yang disertai nyeri pada organ kelamin.
 
Penanganan terhadap macam macam penyakit kelamin ini adalah dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter. Selain itu, beberapa tindak pencegahan juga dapat dilakukan untuk menghindari komplikasi lebih serius. Salah satu cara mencegah penyakit kelamin adalah menjaga kebersihan dan kesehatan organ genital. Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat, melakukan olahraga rutin, dan mempraktikan seks yang aman dengan pasangan.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Macam macam penyakit kelamin dapat Anda ketahui dengan melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin yang berada di daerah Jakarta. Klinik ini sudah menjadi kepercayaan banyak orang karena mengutamakan kenyamanan pasien pada setiap perawatannya.
 
Anda akan ditangani oleh dokter ahli yang telah berpengalaman di bidangnya dengan peralatan media yang canggih serta modern. Untuk itu, sebelum penyakit menyebabkan komplikasi serius maka segera konsultasikan penyakit Anda dengan Klinik Utama Sentosa. Informasi lengkap mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa hubungi hotline kami di nomor 081366657878.