Sen25Feb201915:50

Simak, Begini Penularan Infeksi Candida

Seseorang yang menderita infeksi candida biasanya akan mengalami gejala di beberapa tubuh, seperti area kelamin, mulut, dan kulit. Penyakit ini disebabkan akibat infeksi jamur bernama Candida albicans. Jamur jenis ini biasanya tumbuh pada area tubuh yang hangat dan lembap. Infeksi candida akan mengakibatkan penderitanya merasakan ketidaknyamanan sehinggga penanganan medis harus segera dilakukan.
infeksi candida
infeksi candida

Apa Saja Gejala Akibat Infeksi Candida?

Tanda atau gejala infeksi candida pada wanita adalah keluarnya cairan putih kental yang mirip seperti keju. Cairan yang keluar ini biasanya menyebabkan rasa gatal serta gangguan pada organ kelamin, rasa sakit ketika buang air kecil, dan sensasi terbakar saat buang air kecil. Sementara itu, pria juga bisa tertular infeksi candida karena melakukan hubungan seksual dengan penderitanya. Gejala akibat infeksi candida yang muncul bergantung pada area tubuh yang terinfeksi jamur. Beberapa gejala umum infeksi candida, adalah sebagai berikut:



• Area kulit, biasanya akan menimbulkan kemerahan pada kulit yang disertai dengan rasa gatal, perih, dan meradang.

• Area genital, umumnya menyebabkan gejala berupa rasa gatal yang parah, kemerahan, dan sakit pada sekitar organ kelamin.

• Mulut dan kerongkongan, biasanya mengakibatkan munculnya bercak-bercak putih pada lidah, mulut, dan menyebabkan rasa sakit serta kesulitan menelan.

• Darah, umumnya akan menyebabkan tubuh penderita infeksi candida menjadi demam hingga menggigil.


Bagaimana Penanganan Tepat yang Dapat Dilakukan?

Penanganan penyakit Candidiasis bergantung pada jenis infeksi yang terjadi. Sebelum penanganan dilakukan, dokter biasanya akan mendiagnosis penyakit guna mengetahui penyebab infeksi secara pasti. Diagnosis dilakukan dengan mengambil sampel cairan pada daerah yang terinfeksi, seperti organ kelamin dan mulut. Untuk gejala yang sudah semakin parah, USG atau CT Scan diperlukan untuk memeriksa beberapa bagian tubuh, seperti otak, ginjal, liver, maupun limfa.
 
Candidiasis dapat ditangani dengan menggunakan obat antijamur sesuai resep dokter. Untuk mendapatkan kesembuhan secara maksimal, pastikan juga untuk menyelesaikan terapi pengobatan hingga tuntas. Selain itu, menggunakan pakaian yang longgar dapat membantu menjaga kulit tetap sejuk dan kering. Beberapa cara pengobatan rumahan yang bisa membantu Anda mengatasi penyakit Candidiasis, antara lain:


• Gunakan pad untuk membantu mencegah penyebaran jamur pada pakaian.
• Pastikan kadar gula dalam darah terkendali, jika memiliki riwayat diabetes.
• Hindari penggunaan iritan, seperti sabun dengan pewangi untuk membersihkan kemaluan.
• Tidak mengenakan pakaian dalam yang ketat karena dapat mengakibatkan infeksi.
• Selalu jaga kebersihan mulut dan gigi dengan rutin sikat gigi setidaknya 2 kali sehari.

Infeksi akibat jamur candida yang masuk ke aliran darah akan mengakibatkan tubuh terasa lemah hingga demam. Sementara itu, jika infeksi sudah menyebar sampai ke otak, maka kemungkinan yang akan terjadi adalah perubahan pada fungsi mental atau perilaku. Karena itu, untuk mencegah komplikasi penyakit lebih serius maka segera lakukan penanganan bersama dokter ahli.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Gejala akibat infeksi jamur candida dapat ditangani dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit berlangsung dengan cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih dan berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa menjadi pilihan banyak orang untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan kelamin karena didukung oleh fasilitas yang lengkap. Salah fasilitas unggulan yang dimiliki klinik ini, yakni layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, pasien dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti dan jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.