Min17Mar201910:22

Simak, Begini Pengobatan Penyakit Trikomoniasis

Pengobatan penyakit trikomoniasis bersama dokter harus segera dilakukan sebelum menyebabkan komplikasi yang lebih serius. Trikomoniasis merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit bernama Trichomonas vaginalis atau TV. Penyakit ini bisa diderita oleh pria maupun wanita yang aktif secara seksual. Meski penyakit lebih mudah menyerang wanita, namun pria cenderung sulit mendeteksi penyakit dibanding wanita.
pengobatan penyakit trikomoniasis
pengobatan penyakit trikomoniasis

Penyebab Penyakit Trikomoniasis dan Gejalanya

Penyakit trikomoniasis biasanya menyebar melalui hubungan seksual tanpa menggunakan pelindung atau kondom atau saling berbagi mainan seks. Meski mudah menular, trikomoniasis tidak akan menular karena melakukan seks oral, seks anal, berciuman, berbagi pemakaian peralatan makan, dan menggunakan dudukan toilet secara bergantian. Beberapa risiko yang akan meningkatkan seseorang terinfeksi penyakit trikomoniasis, antara lain:
 

• Memiki lebih dari satu pasangan seksual.
• Berhubungan intim tanpa menggunakan pelindung.
• Memiliki riwayat penyakit menular seksual lainnya.
• Pernah menderita trikomoniasis sebelumnya.

Pada wanita, trikomoniasis akan berdampak pada organ kelamin dan saluran pembuangan urin atau uretra. Sementara pria, trikomoniasis akan menyerang uretra, area organ kelamin seperti kulup, dan kelenjar prostat. Biasanya, gejala trikomoniasis muncul dalam waktu satu bulan sejak pertama kali terinfeksi. Gejala antara pria dan wanita dapat berbeda-beda, yakni sebagai berikut:


• Gejala trikomoniasis wanita

Parasit penyebab penyakit trikomoniasis pada wanita akan memunculkan gejala, berupa sakit pada perut bagian bawah, tidak nyaman saat buang air kecil, keluarnya cairan keputihan yang kental serta berwarna kekuningan, dan timbul rasa nyeri akibat pembengkakan di area kewanitaan.


• Gejala trikomoniasis pria

Gejala trikomoniasis pada pria biasanya ditandai dnegan munculnya cairan putih dari organ kelamin, keinginan untuk buang air kecil meningkat dari biasanya, mengalami pembengkakan hingga kemerahan di ujung kelamin, dan adanya rasa sakit ketika buang air kecil atau saat berejakulasi.


PENCEGAHAN TRIKOMONIASIS APA YANG BISA DILAKUKAN?*

Pengobatan Tepat Pada Penyakit Trikomoniasis

Pengobatan penyakit trikomoniasis biasanya dilakukan dengan obat antibiotik yang telah diresepkan oleh dokter. Dokter akan meresepkan obat dalam dosis tertentu untuk dikonsumsi dalam waktu 5 hingga 7 hari. Selama masa pengobatan penyakit trikomoniasis, penderitanya disarankan untuk menghindari melakukan hubungan seksual sampai dinyatakan sembuh oleh dokter. Jika pengobatan penyakit trikomoniasis masih berlangsung, penderita juga tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi alkohol karena dapat menyebabkan mual dan muntah.
 
Selain pengobatan penyakit trikomoniasis, dokter juga menganjurkan untuk melakukan tindak pencegahan. Beberapa pencegahan yang berguna untuk mengurangi risiko infeksi trikomoniasis, seperti setiap pada satu pasangan seksual, gunakan pelindung atau kondom saat berhubungan seksual, pastikan menggunakan mainan seks yang bersih serta tidak terkontaminasi, tidak berhubungan seks jika merasa telah terinfeksi, dan rutin periksa kesehatan Anda dan pasangan.


Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Pengobatan penyakit trikomoniasis dapat Anda dilakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.
 
Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan pemeriksaan. Melalui konsultasi, pasien dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti dan jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878. Lakukan pemeriksaan penyakit segera sebelum kondisi kesehatan bertambah parah.