Min03Mar201909:23

Simak, 5 Infeksi Menular Seksual Harus Diwaspadai

Infeksi menular seksual harus diwaspadai dan sebaiknya lakukan pencegahan sejak dini agar tidak tertular berbagai penyakit yang dapat menimbulkan komplikasi bagi kesehatan organ reproduksi.
Simak, 5 Infeksi Menular Seksual Harus Diwaspadai
Simak, 5 Infeksi Menular Seksual Harus Diwaspadai
Penyakit infeksi menular seksual atau biasa dikenal dengan penyakit kelamin. Penyakit ini disebabkan bakteri atau virus dari satu orang ke orang lain ketika melakukan hubungan seksual. Selain itu, penularan penyebab infeksi menular seksual juga dapat melalui darah, cairan vagina serta cairan sperma.

Tahukah Anda, bahwa kasus infeksi menular seksual sering terjadi kepada orang-orang yang sering melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Bahkan penyakit kelamin ini juga kerap terjadi kepada kalangan remaja.




Mengenal 5 infeksi menular seksual yang harus diwaspadai

1. Gonore atau kencing nanah
Gonore atau kencing nanah adalah infeksi menular seksual harus diwaspadai dan merupakan salah satu penyakit kelamin yang dapat menyebabkan kerusakan serius jika tidak diobati. Penyakit kelamin dapat menginfeksi rongga mulut. Penderita penyakit gonore yang disebabkan bakteri Neisseria gonorhoae ini akan muncul gejala berupa sakit saat buang air kecil, demam, dan keluar cairan abnormal dari kelamin.

Jika penyakit ini tidak diobati akan menyebabkan kerusakan sistem kekebalan tubuh, dapat menyebabkan infertilitas, dan pada wanita akan meningkatkan terjadinya penyakit radang panggul.

2. Sifilis atau Raja singa
Infeksi menular seksual harus diwaspadai selanjutnya adalah penyakit sifilis atau disebut penyakit raja singa yang disebabkan bakteri Treponema pallidum. Gejala awal umumnya muncul berupa luka kecil tanpa disertai adanya rasa sakit pada area kelamin.

Selain itu, akan mengalami nyeri pada alat kelamin, tumbuh bisul diikuti dengan pembengkakan pada kelenjar getah bening disertai dengan demam. Jika gejala awal penyakit sifilis muncul sebaiknya untuk segara melakukan pemeriksakan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Sifilis yang terdeteksi sejak dini akan mempercepat proses penyembuhan sehingga meminimalisir risiko yang akan terjadi.

3. Herpes simpleks atau herpes genital
Herpes genital jenis penyakit kelamin yang umum terjadi. Umumnya ditandai dengan munculnya gelembung berisi cairan dan berkelompok pada permukaan kulit. Herpes kelamin disebabkan virus herpes simplex (HSV). Penderita akan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. Jika gejala penyakit ini muncul sebaiknya untuk tidak menunda pengobatan untuk mengatasinya.




4. Kutil Kelamin atau kondiloma akuminata
Kutil kelamin adalah infeksi menular seksual harus diwaspadai. Penyakit kelamin ini disebabkan infeksi virus Human papilloma virus (HPV) yang ditandai dengan munculnya kutil pada alat kelamin. Menular melalui hubungan seksual. Kutil kelamin dapat tumbuh tunggal juga dapat tumbuh dengan berkelompok hingga menyerupai bentuk kembang kol.

Jika kutil kelamin tidak diatasi akan berisiko meningkatkan penyakit kanker, sebab HPV sebagai penyebab kutil kelamin dikaitkan dengan penyebab kanker serviks, kanker vulva, kanker penis dan kanker anus.

5. Trikomoniasis
Penyakit ini merupakan jenis penyakit kelamin yang sering menyerang wanita. Umumnya penyakit ini menyebabkan vagina gatal, berbau tidak sedap serta nyeri. Bahkan penyakit kelamin ini bisa meningkatkan risiko kanker rahim. Gejala muncul berupa keluarnya cairan berwarna kuning dari vagina, dan terasa gatal.

Setiap orang yang telah aktif secara seksual dan melakukan hubungan seksual berisiko mengalami penyakit kelamin menular seksual. Risiko akan meningkat jika melakukan hubungan seksual tanpa pengaman, berganti-ganti pasangan seksual dan melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang tidak diketahui riwayat seksual.

Simak: Dampak Penyakit Menullar Seksual Bagi Kesehatan* Klik Disini

Jika saat ini sedang mengalami gejala atau tanda penyakit kelamin, sebaiknya untuk segera melakukan tindakan penanganan sebelum terlambat. Kami Klinik Utama Sentosa adalah klinik khusus kulit kelamin yang akan membantu masalah penyakit kelamin Anda hingga tuntas. Kami memberikan perawatan medis prima dari dokter ahli kelamin profesional, di dukung peralatan medis modern canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut terkait penyakit infeksi menular seksual harus diwaspadai, silahkan klik website kami untuk konsultasi, atau hubungi kami di 081366657878 .