Rab10Apr201914:12

PMS Pada Pria Serta Cara Menyembuhkannya

PMS pada pria disebabkan karena melakukan hubungan intim tanpa pelindung atau kondom. Tak hanya hubungan seksual, penularan infeksi juga dapat terjadi melalui transfusi darah maupun berbagai penggunaan jarum suntik dengan penderitanya. Risiko penularan bisa meningkat jika terdapat luka terbuka pada kulit atau organ kelamin. Penyakit menular seksual atau PMS ini biasanya ditandai dengan munculnya ruam serta rasa nyeri pada area kemaluan.
PMS pada pria
PMS pada pria

Beberaja Jenis Infeksi Menular Seksual Serta Gejalanya

Gejala penyakit menular seksual atau PMS pada pria bisa beragam tergantung pada jenisnya. Bahkan, terkadang beberapa jenis PMS pada pria tidak menunjukkan gejala yang jelas sehingga sulit didiagnosis. Gejala penyakit menular seksual yang diderita oleh pria dapat dibedakan berdasarkan jenis, yakni sebagai berikut:



• Gonore atau kencing nanah

Penyakit gonore atau biasa disebut kencing nanah disebabkan oleh bakteri bernama gonococcus. Gejala yang akan dirasakan penderitanya adalah keluarnya cairan kental berwarna kuning atau hijau menyerupai nanah dari organ kelamin.


• Klamidia

Salah satu jenis PMS pada pria lainnya adalah klamidia yang terjadi akibat infeksi bakteri chlamydia trachomatis. Gejala penyakit ini masih terbilang ringan, yakni berupa keluarnya cairan bening dari ujung kemaluan, rasa sakit serta panas ketika berkemih, dan nyeri pada testis.


• Sifilis atau raja singa

Penyakit menular seksual satu ini disebablan oleh bakteri Treponema pallidum. Pada tahap awal, sifilis atau raja singa akan ditandai dengan luka yang tidak terasa sakit. Namun, pada tahap lebih berat akan muncul ruam merah di beberapa bagian tubuh.


• Epididimitis

Epididimitis merupakan penyakit menular seksual atau PMS pada pria yang terjadi akibat infeksi bakteri. Gejala epididimitis yang paling umum, dapat berupa sakit ketika buang air kecil, nyeri pada testis, hingga demam ringan.

Cara Tepat Menyembuhkan Penyakit Menular Seksual

Penyembuhan terhadap berbagai jenis PMS pada pria bisa dilakukan setelah berkonsultasi bersama dokter. Pengobatan biasanya disesuaikan dengan penyebab infeksi melalui pemberian obat-obatan, berupa antibiotik. Antibiotik berguna untuk menangani berbagai penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri, seperti gonore, sifilis, klamidia, dan trikomoniasis. Proses penyembuhan penyakit akan berjalan dengan cepat jika disertai dengan tindak pencegahan. Beberapa langkah pencegahan terhadap infeksi menular seksual, antara lain:
 
• Rutin konsumsi makanan yang sehat serta berolahraga.
• Gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.
• Setia pada satu orang saja atau tidak bergonta ganti pasangan seks.
• Tidak menggunakan obat-obatan terlarang, terutama melalui jarum suntik.
• Ketahui riwayat seksual yang dimiliki pasangan masing-masing.
• Segera lakukan vaksinasi, terutama HPV dan hepatitis B.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

PMS pada pria bisa ditangani bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di wilayah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, proses penyembuhan berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya sehingga pasien tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan untuk perawatan maupun pemeriksaan rutin. Sebelum melakukan penanganan, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu secara online dan gratis. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit lebih lengkap serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.