Sel14Mei201915:47

Penyebab Penyakit Menular Seksual Harus Diketahui

Penyebab penyakit menular seksual (PMS) hampir semua jenis infeksi, penyakit menular seksual bakteri termasuk gonore, klamidia, dan sifilis. Sementara penyakit menular seksual virus meliputi HIV, herpes kelamin, kutil kelamin, dan hepatitis B. Trichomatis disebabkan oleh parasit.
Penyebab Penyakit Menular Seksual Harus Diketahui
Penyebab Penyakit Menular Seksual Harus Diketahui
Kuman penyebab penyakit menular seksual bersembunyi di air mani, darah, cairan vagina, terkadang air liur. Sebagian organisme ini disebarkan melalui hubungan seksual vaginal, anal, atau oral, namun pada beberapa PMS seperti herpes genital, kutil kelamin, dapat menyebar melalui kontak kulit.

Dimungkinkan untuk tertular bakteri atau virus penyebab penyakit menular seksual dari orang yang kelihatannya sangat sehat, dan yang bahkan mungkin tidak sadar akan infeksi tersebut. Penting untuk Anda ketahui bahwa PMS tidak selalu menyebabkan gejala.

Baca Juga: Penyakit Menular Seksual dan Cara Menghindarinya! klik Disini

Faktor risiko terinfeksi penyebab penyakit menular seksual

Siapa saja yang telah aktif secara seksual berisiko terpapar infeksi menular seksual hingga pada batas tertentu terutama bagi yang melakukan hubungan seksual tidak aman, faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko, antara lain:

• Hubungan seksual tanpa kondom, penetrasi vagian atau anal dari pasangan yang terinfeksi secara signifikan meningkatkan risiko.
• Melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan.
• Memiliki riwayat infeksi menular seksual sebelumnya.
• Menyalahgunakan alkohol dan mengkonsumsi obat-obatan terlarang.

PMS tertentu seperti gonore, klamidia, dan sifilis dapat ditularkan dari ibu penderita ke anaknya selama kehamilan atau proses persalinan. PMS yang terjadi pada bayi dapat menyebabkan masalah yang serius yang berakibat fatal.



Mengenal gejala PMS

Penyakit menular seksual dapat memiliki berbagai gejala dan tanda termasuk tidak ada gejala sama sekali. Itu sebabnya mereka mungkin tidak terlalu diperhatikan hingga komplikasi muncul atau pasangan didiagnosis. Tanda dan gejala yang mengindisikan penyakit menular seksual, antara lain:

• Muncul luka atau benjolan di alat kelamin atau dubur, atau area mulut.
• Buang air kecil terasa sakit dan terasa sakit dengan frekuensi yang meningkat.
• Debit atau cairan dari alat kelamin.
• Keputihan abnormal atau berbau.
• Pendarahan vagina yang tidak biasa.
• Sakit saat atau setelah melakukan hubungan seksual.
• Nyeri pada bagian perut bawah.
• Demam.

Sebaiknya untuk segera menemui dokter jika Anda aktif secara seksual dan memiliki tanda atau gejala penyakit menular seksual untuk segera mendapatkan penanganan yang aman dan tepat sebelum virus atau bakteri penyebab penyakit menular seksual menyebar ke dalam darah dan seluruh tubuh Anda.

Simak: Kelamin Wanita Gatal, Apa Penyebabnya?

Diagnosis dan pengobatan PMS

Jika riwayat seksual serta tanda dan gejala menunjukkan terinfeksi PMS, tes laboratorium dapat mengidentifikasi penyebab dan mendeteksi.

Tes darah. Tes ini dapat mengkonfirmasi diagnosis penyakit menular seksual.

Sampel urin. Beberapa PMS dapat dikonfirmasi dengan tes sampel urin.

Sampel cairan. Ini dilakukan jika memiliki luka genital aktif, pengujian cairan dan sampel luka dapat dilakukan untuk mendiagnosis jenis infeksi. Tes laboratorium terhadap bahan dari sakit genital digunakan untuk diagnosis PMS.

PMS yang disebabkan bakteri umumnya lebih mudah untuk diobati. Infeksi virus dapat dikelola namun tidak selalu sembuh. Dengan melakukan perawatan yang aman dan tepat dapat mencegah atau mengurangi infeksi yang terjadi.

Tidak ada yang dapat Anda lakukan dirumah untuk mengatasi penyakit menular seksual termasuk mengkonsumsi obat-obatan sembarangan yang dijual bebas, sebab hal itu tidak terbukti efektif untuk membasmi virus atau bakteri penyebab penyakit menular seksual.

Konsultasilah dengan dokter untuk membantu menentukan metode pengobatan infeksi menular seksual yang tepat bagi Anda. Untuk membantu proses penyembuhan sebaiknya untuk tidak melakukan hubungan seksual hingga menyelesaikan perawatan. Jangan melakukan hubungan seksual bebas dan hindarilah faktor risiko agar Anda terbebas dari PMS.

Jika PMS tidak mendapatkan pengobatan yang tepat, kemungkinan komlikasi akan muncul yang diantaranya dapat menyebabkan nyeri panggul, penyakit radang panggul,penyakit jantung, infertilitas, hingga kanker tertentu seperti kanker serviks dan dubur terkait dengan HPV.



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa
Untuk mendapatkan pengobatan yang aman dan tepat jika saat ini Anda terinfeksi PMS dan bahkan sudah melakukan berbagai pengobatan namun tidak kunjung sembuh, kunjungi Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan kelamin yang khusus menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekologi.

Memiliki dokter ahli kelamin profesional terlatih yang sudah berpengalaman, kenyamanan selama tindakan pengobatan, kesehatan dan kesembuhan penyakit dan kepuasan setiap pasien adalah prioritas bagi kami.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas dimana tujuan pengobatan adalah untuk membasmi penyebab penyakit menular seksual, yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait penyebab penyakit menular seksual, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.