Min24Mar201909:53

Penyebab Penyakit Candidiasis Secara Umum

Penyebab penyakit candidiasis adalah adanya infeksi dari jamur Candida. Pada dasarnya, kulit tubuh ditinggali oleh bakteri dan jamur yang tidak berbahaya. Namun, jika bakteri maupun jamur berkembang biak tanpa terkontrol maka berisiko mengakibatkan munculnya infeksi. Gejala yang akan dirasakan oleh penderita penyakit candidiasis adalah gatal akibat ruam di beberapa bagian tubuh.

 

penyebab penyakit candidiasis
penyebab penyakit candidiasis

Penyebab Candidiasis Serta Diagnosis Penyakitnya

Penyebab penyakit candidiasis tak hanya terjadi akibat infeksi jamur. Terdapat beberapa penyebab penyakit candidiasis lainnya, yakni cuaca yang hangat, kulit yang lembap karena tidak dikeringkan dengan benar, mengenakan pakaian yang terlalu ketat, memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, jarang mengganti pakaian dalam, dan kebersihan pribadi yang buruk. Selain itu, masih banyak lagi faktor pemicu yang menjadi penyebab penyakit candidiasis, antara lain:



• Tubuh kekurangan zat besi.
• Adanya gangguan pada sistem imun
• Memiliki riwayat penyakit kulit lainnya.
• Faktor usia, seperti telah lanjut atau anak-anak.
• Mengosumsi pil kontrasepsi dengan kandungan estrogen.
• Mengalami malnutrisi atau lemah kronis akibat kanker
• Menderita gangguan pada kelenjar endokrin.

Untuk memastikan penyebab penyakit candidiasis lebih lanjut, dokter biasanya akan melakukan diagnosis penyakit. Diagnosis diawali dengan beberapa tes atau pemeriksaan penunjang, seperti:

• Pemeriksaan fisik, dilakukan dengan memeriksa secara visual bentuk dan penampakan ruam pada kulit tubuh.
 
• Kultur kulit, berguna untuk memastikan keberadaan jamur Candida apakah teradapat di dalam tubuh atau tidak.
 
• Analisis urin, berguna untuk membantu diagnosis candidiasis dan mengecek keberadaan sel darah merah, protein, serta sel ragi.


Bagaimana Penanganan Tepat Pada Penyakit Candidiasis

Setelah mengetahui penyebab penyakit candidiasis, pengobatan bersama dokter bisa segera dilakukan. Pengobatan candidiasis biasanya menggunakan obat topikal antijamur yang berbentuk krim. Obat ini dapat membantu menghambat penyebaran infeksi dan membunuh jamur Candida. Untuk infeksi candidiasis yang sudah menyebar ke seluruh tubuh, dapat diberikan obat antijamur dalam bentuk oral. Proses penyembuhan penyakit akan berlangsung dengan cepat jika disertai dengan beberapa tindak pencegahan, antara lain:


• Segera mengganti pakaian yang sudah terasa lembap.
• Ganti kaos kaki dan pakaian dalam secara teratur.
• Selalu kontrol kadar gula darah dalam tubuh.
• Bersihkan area yang terinfeksi dengan air hangat.

Ketika membersihkan kulit yang terkena infeksi, sebaiknya menggunakan sabun yang tidak mengandung pewangi. Penderita penyakit candidiasis juga diharuskan untuk mengenakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun. Pakaian dalam yang terlalu ketat dapat memicu berkembangnya jamur karena area sekitar organ kelamin menjadi mudah lembap. Karena itu, selalu jaga organ intim agar tetap kering, khususnya setelah dibersihkan atau seusai mandi.
 

Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Penyebab penyakit candidiasis bisa Anda ketahui dengan melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Perawatan penyakit di klinik ini, Anda akan mendapatkan keuntungan, salah satunya proses penyembuhan penyakit berlangsung dengan cepat karena peralatan medis yang digunakan sudah canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan biaya kepada semua pasien sehingga tidak perlu mengkhawatirkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan. Selain itu, sebelum melakukan perawatan Anda juga bisa berkonsultasi secara online gratis bersama staf medis seperti yang berpengalaman. Informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline klinik utama Sentosa di nomor 081366657878.