Sab11Mei201915:41

Penyebab Infeksi Chlamydia Adalah Bakteri?

 

Infeksi Chlamydia adalah salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Chlamydia ini dapat menginfeksi pria maupun wanita, hanya saja yang paling sering menderita penyakit ini adalah wanita yang aktif secara seksual dan usianya masih muda. Gejala chlamydia pada pria atau wanita berbeda-beda. Gejala penyakit chlamydia yang paling umum dan dialami oleh pria dan wanita adalah rasa sakit yang muncul tiap buang air kecil.



Infeksi chlamydia adalah penyakit yang jarang menunjukkan gejala jika terjadi pada pria. Tidak heran jika ada penderita yang mengalami gejala, namun ada pula yang tidak. Jika gejala yang muncul tidak segera diatasi, maka penderita akan mengalami ketidaknyamanan seperti kesulitan buang air kecil, serta gejala lain yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyakit ini juga dapat menjadi penyakit yang berbahaya jika terlalu lama didiamkan.

Kapan Gejala Chlamydia Muncul?


Seseorang yang terinfeksi bakteri chlamydia tidak serta merta mengalami gejalanya. Gejala akan muncul sekitar 1 sampai 3 minggu setelah bakteri menginfeksi. Pada wanita, gejala chlamydia juga jarang dialami. Sebagian besar penderita chlamydia tidak mengalami gejala dan membuat penyakit ini sedikit sulit terdeteksi. Padahal chlamydia ini dapat memberikan risiko yang serius jika tidak segera diobati.

Gejala yang muncul dapat berubah jika bakteri penyebab chlamydia telah menginfeksi bagian tubuh lain seperti mata. Penyebab infeksi chlamydia adalah bakteri yaitu Chlamydia trachomatis. Cairan yang keluar dari vagina atau penis, jika mengenai mata dapat menyebabkan infeksi tersebut. Gejala yang mungkin muncul jika cairan tubuh penderita terkena mata adalah mata merah, bengkak, dan mengalami iritasi bahkan hingga mengeluarkan cairan.


Apakah Penyebab Penyakit Chlamydia?

Penyebab utama infeksi Chlamydia adalah adanya infeksi dari bakteri Chlamydia trachomatis dimana untuk penularannya paling sering terjadi pada mereka yang aktif dalam berhubungan seksual. Hanya saja chlamydia ini tidak menular melalui kontak tidak langsung seperti berbagi alat mandi, kamar mandi, toilet, maupun pakaian. Aktivitas seksual baik oral, anal, maupun vagina merupakan salah satu penyebab infeksi chlamydia.
 
Makanya penyakit chlamydia ini lebih sering ditularkan dari pasangan seksual penderita. Jarangnya gejala terlihat membuat pasangan tidak menyadari jika keduanya telah terinfeksi. Untuk mencegah terjadinya chlamydia ini jika berhubungan seksual usahakan untuk memakai kondom. Terutama untuk yang aktif berhubungan seksual pada usia muda dan suka bergonta-ganti pasangan.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Chlamydia?


Infeksi chlamydia adalah penyakit menular seksual yang sebaiknya segera ditangani. Untuk mendiagnosis chlamydia sehingga mengetahui bahwa Anda positif atau tidak menderita chlamydia salah satunya dengan cara tes sample urine. Hal ini untuk mengetahui ada atau tidaknya bakteri penyebab chlamydia. Jika Anda khawatir, silakan lakukan konsultasi di Klinik Utama Sentosa. Dokter kami siap mendengarkan konsultasi Anda terkait penyakit chlamydia maupun penyakit menular seksual lainnya.

Bagaimana Cara Mengobati Chlamydia?


Untuk mengobati chlamydia dapat dilakukan dengan menggunakan obat antibiotik. Saat ibu hamil menderita chlamydia, maka setelah anaknya lahir sebaiknya segera diperiksa. Hal ini untuk mendeteksi apakah bayi yang baru lahir terinfeksi chlamydia atau tidak. Pengobatannya dapat Anda lakukan dengan bantuan dari dokter. Datang saja ke klinik kami di Klinik Utama Sentosa untuk melakukan konsultasi dan mendiagnosis chlamydia agar dapat segera diobati.




Untuk yang tidak mengalami gejala, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan atau konsultasi. Mereka yang aktif secara seksual memiliki risiko tinggi terkena chlamydia apalagi yang memiliki lebih dari satu pasangan seksual. Infeksi chlamydia adalah infeksi menular, jadi selama pengobatan sebaiknya hindari hal yang dapat menularkan bakteri penyebab chlamydia. Untuk informasi lebih lengkap mengenai infeksi chlamydia, silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui hotline di 081366657878 .