Min24Mar201915:32

Penyebab IMS Secara Umum Yang Perlu Diketahui

Penyebab IMS atau infeksi menular seksual bisa Anda terjadi akibat melakukan hubungan intim yang tidak aman. Penyakit ini biasa disebut dengan STD atau sexually transmitted diseases yang bisa diderita oleh pria maupun wanita. Terdapat lebih dari 20 jenis penyakit infeksi menular seksual, di antaranya klamidia, gonore, sifilis, HPV atau kutil kelamin, penyakit radang panggul, herpes kelamin, trikomoniasis, dan candidiasis.
penyebab IMS
penyebab IMS

Apa Saja Penyebab Infeksi Saluran Kemih?

Biasanya, penyebab IMS yang diderita oleh pria maupun wanita terbagi menjadi beberapa macam. Berbagai penyebab IMS ini akan memunculkan beberapa jenis penyakit yang berbeda. Penyebab IMS akibat virus dapat mengakibatkan seseorang menderita hepatitis, herpes complex, HIV, dan human papillomavirus atau HPV. Sementara infeksi bakteri bisa memicu tubuh menderita penyakit gonore, klamidia, dan sifilis. Selain itu, faktor risiko penyebab IMS lainnya, adalah sebagai berikut:
 

• Memiliki lebih dari satu pasangan seksual.
• Berhubungan seksual tanpa pelindung atau kondom.
• Menggunakan jarum sutik secara bergantian.
• Sering mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang.
• Pekerja seks komersial serta pria homoseksual.
• Hidup di lingkungan dengan tingkat penyakit kelamin tinggi.

Setelah penyebab IMS diketahui, Anda juga perlu memperhatikan ada tidaknya gejala pada tubuh. Beberapa gejala penyakit infeksi menular seksual adalah adanya benjolan pada alat kelamin, organ kelamin mengeluarkan cairan, sakit serta panas ketika buang air kecil, pendarahan tidak wajar pada kemaluan, munculnya ruam pada tangan atau kaki, dan membengkaknya kelenjar getah bening.


Bagaimana Pengobatan Tepat Pada Penyakit IMS?

Pengobatan untuk penyakit infeksi menular seksual biasanya dilakukan dengan memberikan obat jenis tertentu. Obat yang diresepkan dokter, antara lain antibiotik dan antivirus. Obat antibioitk sangat efektif dalam menyembuhkan berbagai jenis infeksi menular seksual akibat bakteri dan parasit. Sementara, antivirus berguna untuk mengurangi risiko infeksi atau kekambuhan penyakit jika dikonsumsi secara rutin.
 
Cara tepat untuk menghindari transmisi infeksi menular seksual adalah menjauhkan diri dari hubungan seksual. Infeksi saluran kemih harus segera ditangani sebelum menyebabkan komplikasi yang lebih serius. Penyakit IMS yang tidak diobati dengan tepat mengakibatkan infeksi menjalar ke organ tubuh lain, mengalami sakit berkepanjangan, kemandulan, hingga kematian. Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, pengobatan harus disertai dengan mengubah gaya hidup dan melakukan beberapa penanganan mandiri, seperti:
 
• Perbanyak konsumsi makanan sehat.
• Hentikan kebiasaan buruk, seperti merokok.
• Tidak menggunakan obat-obatan terlarang.
• Lakukan olahraga secara rutin.
• Konsumsi obat sesuai dengan resep dokter.
• Terapkan kegiatan seksual yang aman.
• Periksakan kondisi kesehatan secara teratur.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Penyebab IMS secara umum bisa Anda ketahui dengan melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan di daerah Jakarta yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Anda dapat melakukan konsultasi secara online dan gratis bersama staf medis yang telah berpengalaman di bidangnya. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok.
 
Selain konsultasi, Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Proses penyembuhan penyakit berjalan dengan mudah dan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern. Untuk informasi lebih lanjut, lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.