Sen29Jul201917:03

Penyebab Gatal di Sekitar Penis

 

Rasa gatal di sekitar penis yang mengganggu aktivitas dapat disebabkan oleh berbagai hal, dimana salah satunya bisa karena penyakit menular seksual. Tahukah Anda bahaya penyakit menular seksual? Penyakit yang dapat menular melalui hubungan seksual ini dapat menjangkiti pada pria dan wanita. Salah satu gejala akibat penyakit menular seksual adalah gatal di sekitar penis jika terjadi pada pria.

gatal di sekitar penis
gatal di sekitar penis


Apakah Anda merasakan gatal di sekitar penis? Jika iya, maka segeralah periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Sebenarnya sebelum Anda melakukan diagnosis dengan dokter, Anda juga dapat melihat tanda dari gejala yang Anda alami. Apakah hanya gatal biasa saja di sekitar penis, ataukah disebabkan oleh penyakit yang berbahaya seperti penyakit menular seksual. Berikut ini akan kita bahas apa saja hal yang dapat menyebabkan gatal di penis.

Penyebab Gatal Pada Penis Pria


Gatal di sekitar penis pria dapat terjadi karena beberapa penyebab, di antaranya:

Infeksi jamur kandidiasis

Infeksi jamur candida yang terjadi pada pria disebut dengan kandidiasis. Infeksi jamur pada pria ini merupakan kondisi yang tidak terlalu berbahaya dan dapat diatasi dengan obat anti jamur. Infeksi jamur ini dapat dipicu oleh adanya gangguan kesehatan tertentu seperti menderita penyakit diabetes. Menderita penyakit diabetes dapat menyebabkan perkembangan jamur melebihi yang seharusnya dan menyebabkan infeksi. Seorang pria yang menderita penyakit diabetes lebih rentan terkena infeksi jamur dibandingkan yang tidak. Selain itu, infeksi jamur ini juga dapat kembali kambuh meskipun telah berhasil disembuhkan. Gejala yang dapat disebabkan oleh infeksi jamur kandidiasis ini diantaranya adalah:

• Pembengkakan pada penis dan kemerahan.
• Keluarnya cairan kental yang mirip dengan sperma dari penis yang berbua tidak sedap.
• Rasa sakit ketika berhubungan seksual.
• Rasa sakit ketika buang air kecil.
• Kulup penis sulit ditarik ke belakang.

Gejala kandidiasis pada penis antara lain adalah pembengkakan penis, ruam kemerahan, keluarnya cairan kental dari balik kulup, timbul bau atau aroma yang tidak sedap, sakit saat melakukan hubungan seksual dan buang air kecil, serta kesulitan saat menarik kembali kulit kulup penis. Risiko untuk mengalami infeksi seperti ini akan meningkat pada orang-orang yang sering mengenakan pakaian ketat, seperti celana pendek dari bahan lycra atau denim; pengidap HIV, obesitas, diabetes tipe 1 dan 2; sedang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh; sedang mengonsumsi antibiotik yang membunuh bakteri baik, yang biasanya mampu menekan pertumbuhan candida; sedang mengonsumsi kortikosteroid dalam bentuk oral atau pun oles; berhubungan seksual dengan orang yang sedang mengalami infeksi jamur.

Infeksi menular seksual

Selain akibat infeksi jamur, gatal pada penis juga dapat disebabkan oleh adanya infeksi menular seksual. Jika penyebab infeksi menular seksual, maka gejala rasa gatal di sekitar penis biasanya disertai oleh gejala lain seperti keluarnya cairan mirip nanah. Cairan ini biasanya berwarna kuning kehijauan dan keluar dari penis. Bahkan penderitanya mengalami nyeri di sekitar penis ketika buang air kecil. Infeksi menular seksual yang dapat menyebabkan gejala seperti di atas adalah infeksi akibat bakteri penyakit gonore dan klamidia. Tak hanya gonore dan klamidia. Gejala gatal di sekitar penis juga dapat disebabkan oleh adanya infeksi penyakit menular seksual sifilis maupun herpes genital.

Selain kedua jenis penyebab di atas, gatal di sekitar penis juga dapat terjadi akibat adanya faktor seperti berikut :

• Kotoran penis atau smegma.
• Iritasi akibat urin.
• Akibat bahan kimia yang terkandung dalam sabun mandi maupun sabun pembersih alat kelamin.
• Infeksi akibat bakteri.
• Penyakit kulit, contohnya lichen planus, eksim, dan psoriasis.
• Hipertensi.
• Penyakit kudis.

gatal di sekitar penis
gatal di sekitar penis

Penis Gatal Akibat Infeksi Menular Seksual


Ketika penis gatal akibat infeksi menular seksual, maka pengobatan harus segera dilakukan. Pasalnya infeksi menular seksual dapat menyebabkan komplikasi jika dibiarkan terlalu lama tanpa pengobatan. Selain itu, infeksi ini juga dapat menular kepada pasangan maupun orang yang berada di sekitar penderita infeksi menular seksual. Untuk itu Anda harus waspada terhadap gejala yang muncul beserta penyakit infeksi menular seksual. Berikut ini ada beberapa gejala dari infeksi menular seksual gonore, herpes genital, sipilis, dan juga klamidia.

Gejala infeksi menular seksual gonore

• Frekuensi buang air kecil bertambah.
• Keluar cairan nanah dari penis berwarna putih, kuning, krem atau kehijau-hijauan.
• Bukaan penis bengkak dan kemerahan.
• Pembengkakan disertai nyeri pada testis.
• Sakit tenggorokan jika penularan gonore melalui seks oral.

Gejala infeksi menular seksual sipilis

• Luka chancre.
• Luka ruam di sekitar telapak tangan dan kaki.
• Demam.
• Kelumpuhan.
• Kebutaan.
• Rambut rontok.




Gejala infeksi menular seksual herpes genital


• Nyeri dan gatal di sekitar penis maupun bokong.
• Lenting putih.
• Lenting akan berubah jadi koreng setelah pecah.
• Nyeri ketika buang air kecil.
• Gejala seperti flu, contohnya kelenjar getah bening yang bengkak, nyeri otot, maupun sakit kepala dan demam.

Secara umum, gejala yang dialami hampir mirip, untuk itu diperlukan diagnosis dengan bantuan dokter gara tidak salah mendiagnosis. Untuk gejala penyakit klamidia hampir mirip dengan gejala gonore. Jangan sampai gatal di sekitar penis Anda abaikan karena akan sangat fatal bahayanya jika ternyata gejala tersebut disebabkan oleh infeksi menular seksual. Untuk mengatasi penyakit menular seksual, mengobati gejalanya saja tidak cukup. Perlu dilakukan pengobatan terhadap penyebab penyakit tersebut agar tidak infeksinya tidak menular. Selain itu, infeksinya juga dapat menular ke organ lain jika tidak dihentikan penyebarannya. Bahkan penyakit sipilis dapat menyebabkan kematian jika tidak segera diobati dengan cara yang tepat. Gatal di sekitar penis akan sembuh begitu penyebab dari gejala tersebut diatasi dengan cara yang benar.



Langkah Menjaga Kesehatan Penis


Kesehatan penis agar tidak mengalami gejala gatal di sekitar penis adapat dilakukan dengan cara membersihkan alat kemaluan dengan benar. Setelah maupun sebelum berhubungan seksual, bersihkanlah penis agar tidak terkena infeksi jamur ataupun infeksi menular seksual. Selain itu, mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah cenderung mudah terkena gangguan seksual termasuk pada bagian penis. Untuk itu, menjaga kekebalan tubuh agar tetap bagus menjadi salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan penis.

Selain itu, menjaga kesehatan penis dapat dilakukan dengan cara segera mengatasi gangguan pada penis. Misalnya saja terasa gatal di sekitar penis, maka langsung lakukan langkah pengobatan untuk mengatasinya. Perlu diingat jika untuk mengatasi gatal pada penis jangan asal menggunakan obat. Periksakan dulu ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya dan pengobatan yang paling tepat. Nah, untuk pengobatan terhadap gejala gatal di sekitar penis dapat dilakukan dengan cara memeriksakan diri ke Klinik Utama Sentosa. Anda dapat langsung datang ke klinik kami untuk melakukan konsultasi sekaligus pengobatan. Selain itu bisa juga melakukan konsultasi dengan menggunakan layanan hotline gratis melalui nomor 081366657878 .