Sen21Jan201909:23

Penyakit Pada Kelamin Wanita

Penyakit pada kelamin wanita jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan masalah serius, seperti ketidaksuburan. Penyakit kelamin umumnya terjadi akibat melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Penyebaran infeksi penyebab penyakit kelamin pada wanita sangat mudah, seperti melalui darah, cairan organ kelamin, serta cairan tubuh lainnya. Penyakit kelamin pada wanita sering muncul tanpa gejala sehingga sering tidak disadari sudah menginfeksi tubuh.
penyakit pada kelamin wanita
penyakit pada kelamin wanita

Gejala Penyakit Kelamin Wanita Secara Umum

Penyakit kelamin pada wanita seringkali bersifat asimtomatis, yakni muncul tanpa gejala. Namun, gejala semakin lama akan menampakkan ketidaknormalan, seperti keputihan abnormal hingga rasa gatal dan nyeri di sekitar organ kelamin. Beberapa gejala penyakit pada kelamin wanita, antara lain:
 

• Munculnya luka di organ kelamin

Luka yang terdapat pada organ kelamin biasanya tidak menyebabkan rasa sakit namun sangat mudah menular. Luka ini akan bertahan selama beberapa bulan dan menghilang dengan sendirinya. Gejala berupa luka biasanya menandakan adanya infeksi penyakit sifilis dalam tubuh. Sifilis yang tidak segera ditangani akan berlanjut pada tahap yang lebih serius dan berbahaya.


• Perubahan pada cairan organ kelamin

Penyakit kelamin pada wanita dapat memunculkan gejala berupa perubahan pada cairan yang dikeluarkan organ kelamin. Gejala ini biasanya mengidentifikasikan penyakit klamidia dalam tubuh. Selain itu, gejala lain yang timbul, meliputi pendarahan di luar periode menstruasi, sakit ketika melakukan hubungan seksual, dan nyeri pada perut bagian bawah.


• Gatal di sekitar organ kelamin

Rasa gatal yang muncul di sekitar organ kelamin merupakan salah satu gejala dari penyakit gonore atau kencing nanah. Gonore termasuk salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Beberapa gejala yang menyertai, seperti meningkatnya keinginan buang air kecil, perih saat buang air kecil, dan pendarahan setelah berhubungan seksual.


Penyakit Kelamin Wanita yang Paling Umum

Tak hanya pria, wanita juga bisa menderita penyakit kelamin dan biasanya menyebabkan gejala yang lebih serius. Beberapa penyakit pada kelamin wanita yang perlu Anda ketahui, adalah sebagai berikut:


• Klamidia

Klamidia merupakan salah satu penyakit pada kelamin wanita yang disebabkan oleh infeksi bakteri bernama chlamydia trachomatis. Penyakit ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual dan juga dari ibu ke bayi yang sedang dikandungnya.


• Gonore atau kencing nanah

Gonore terjadi akibat adanya bakteri gonococcus dalam tubuh yang ditularkan melalui kontak seksual dengan penderitanya. Bakteri penyebab penyakit pada kelamin wanita ini dapat ditemukan di cairan yang dikeluarkan organ kelamin.


• Herpes genital

Herpes genital atau kelamin adalah penyakit pada kelamin wanita yang diakibatkan oleh virus herpes simpleks atau HSV. Penyakit ini dapat memunculkan gejala, berupa ruam kemerahan di sekitar mulut, anus, dan juga organ kelamin.


• Sifilis atau raja singa

Sifilis umumnya tidak memunculkan gejala yang pasti sehingga penderitanya akan menderita penyakit tanpa disadari. Jika tidak dideteksi sejak awal, penyakit sifilis atau raja singa akan menyebabkan kerusakan permanen pada otak dan sistem saraf lain.


Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Lakukan konsultasi mengenai penyakit kelamin yang Anda derita bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan terbaik yang khusus menangani penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Menular Seksual. Melakukan penanganan di Klinik Utama Sentosa, Anda akan ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman. Selain itu, peralatan medis yang digunakan juga memenuhi standar kesehatan sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan.
 
Klinik Utama Sentosa dilengkapi dengan berbagai fasilitas unggulan, seperti reservasi dan konsultasi secara online dan gratis. Karena itu, pasien baru yang akan melakukan pemeriksaan dapat terbantu. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi hotline Kami di nomor 0813 6665 7878. Segera lakukan pemeriksaan dan perawatan sebelum penyakit berkembang menjadi lebih serius.