Jum25Jan201913:32

Penyakit Pada Alat Reproduksi

Penyakit pada alat reproduksi bisa pula disebut dengan penyakit kelamin. Penyakit kelamin merupakan infeksi akibat melakukan hubungan seksual baik cara anal, oral, serta vaginal tanpa menggunakan pelindung atau kondom. Gangguan yang terjadi pada sistem reproduksi baik wanita maupun pria ini bisa terjadi akibat kelainan dan juga penyakit. Penyakit pada sistem reproduksi biasanya terjadi karena adanya infeksi dari virus dan bakteri.
penyakit pada alat reproduksi
penyakit pada alat reproduksi

Penyakit Kelamin Serta Gejala yang Menyertai

Penyakit pada alat reproduksi umumnya tidak muncul dengan gejala yang pasti. Namun, gejala bisa lebih parah terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. Beberapa penyakit pada alat reproduksi umumnya dapat disembuhkan dengan cepat tanpa memerlukan diagnosis serta perawatan yang memakan waktu lama. Untuk mengetahui penyakit pada alat reproduksi serta gejalanya, berikut beberapa penjelasannya.
 

• Kutil kelamin

Kutil kelamin atau kondiloma akuminata merupakan penyakit pada alat reproduksi yang disebabkan oleh human papilloma virus atau HPV. Penyakit ini sering ditemukan pada sekitar alat kelamin luar, di dalam organ kelamin, di sekitar anus, dan mulut rahim. Gejala yang muncul biasanya berupa tumbuhnya benjolan keras berbungkul seperti jengger ayam atau kembang kol.


• Candidiasis

Candidiasis merupakan infeksi akibat jamur candida albicans yang menyebabkan keputihan tidak normal. Keputihan muncul akibat ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh kegemukan, pasca menstruasi, memasuki masa kehamilan, dan memakai alat kontrasepsi. Wanita yang terinfeksi jamur jenis ini akan mengeluarkan keputihan berbau dan disertai rasa gatal.
 

• Sifilis

Penyakit pada alat reproduksi selanjutnya adalah sifilis atau biasa disebut raja singa. Sifilis umumnya terjadi akibat infeksi suatu bakteri bernama Treponema pallidum yang menular melalui kontak seksual. Gejala penyakit sifilis secara umum akan mengakibatkan munculnya benjolan pada organ kelamin serta mulut. Selain itu, ruam juga bisa timbul tanpa rasa gatal di sekitar tangan dan kaki.

• Gonore

Gonore atau kencing nanah adalah penyakit yang menyerang selaput lendir dari uretra, serviks, rektum, dan bisa pula terjadi di mata. Gonore disebabkan oleh adanya infeksi bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae. Gejala penyakit ini tidak diketahui secara jelas, namun biasanya penderita akan merasakan sensasi panas dan nyeri ketika buang air kecil. Selain itu, organ kelamin juga akan mengeluarkan cairan kuning atau putih yang menyerupai nanah.


Penanganan Tepat yang Dapat Dilakukan

Sebelum penanganan dilakukan, biasanya diagnosis penyakit akan dilakukan oleh dokter. Diagnosis penyakit oleh dokter sangat diperlukan guna mengidentifikasi penyebab serta mendeteksi masalah penularan penyakit. Beberapa pemeriksaan atau tes yang dilakukan, antara lain:

• Pemeriksaan darah, dilakukan guna memastikan diagnosis penyakit sifilis tahap akhir.
• Pemeriksaan urin, bertujuan untuk memastikan penyebab penyakit pada organ kelamin.
• Pemeriksaan cairan, berguna dalam membantu mendeteksi jenis infeksi pada penyakit.

Jika hasil diagnosis telah didapatkan, penanganan bersama dokter ahli bisa segera dilakukan. Dokter biasanya akan memberikan beberapa obat antibiotik serta antivirus kepada penderita. Obat antibiotik ini efektif untuk menyembuhkan berbagai infeksi penyebab penyakit kelamin, terutama akibat bakteri dan parasit. Sementara antivirus diberikan untuk mengurangi risiko infeksi dan kekambuhan penyakit.

Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa


Gejala akibat penyakit pada alat reproduksi dapat disembuhkan dengan melakukan perawatan bersama Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan penyakit di klinik ini, Anda akan ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman serta berkompeten di bidangnya.
 
Perawatan akan berjalan dengan cepat karena Klinik Utama Sentosa telah menggunakan berbagai peralatan medis yang canggih serta modern. Selain itu, klinik ini juga berlokasi sangat strategis dan dengan biaya perawatan yang terjangkau sehingga memudahkan pasien baru yang ingin menyembuhkan penyakitnya. Untuk informasi lebih lanjut, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.