Sel07Mei201909:17

Penyakit Menular Seksual dan Cara Menghindarinya

Cara terbaik untuk pencegahan penyakit menular seksual adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual bebas, memahami bahwa saat melakukan hubungan seksual berisiko tinggi bahwa hal itu adalah keputusan yang mampu mempengaruhi selama sisa hidupnya dengan penyakit kelamin.
Penyakit Menular Seksual dan Cara Menghindarinya
Penyakit Menular Seksual dan Cara Menghindarinya
Melakukan pola hidup sehat, memperkuat kapasitas hubungan masyarakat, serta meningkatkan akses layanan berkualitas untuk pencegahan penyakit menular seksual (PMS) beserta berbagai komplikasi yang akan ditimbulkannya. Pencegahan penyakit menular seksual merupakan strategi perawatan primer yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan reproduksi.

Penting untuk Anda ketahui, terlepas dari beban, biaya, dan kompliasi akobat penyakit menular seksual, kenyataannya bahwa sebagian besar dapat dicegah, PMS merupakan masalah kesehatan yang signifikan yang dapat mempengaruhi kualitas hidup dan dapat menyebabkan komplikasi serius bahkan permanen.

Penyakit menular seksual yang tidak diobati akan menyebabkan konsekuensi kesehatan jangka panjang, terutama bagi remaja dan wanita muda. Penyakit menular seksual (PMS) yang tidak terdiagnosis dan tidak diatasi dengan tepat menyebabkan penderita tidak subur.



Gejala

Penyakit menular seksual (PMS) dapat memiliki berbagai tanda dan gejala, termasuk tidak ada gejala yang signifikan. Itu sebabnya mungkin tidak diperhatikan hingga gejala yang muncul sebagai komplikasi . tanda dan gejala yang mengindikasikan penyakit menular seksual, antara lain:

• Muncul luka atau benjolan pada area alat kelamin atau di area mulut atau dubur.
• Buang air kecil terasa terbakar dan menyakitkan.
• Keluar cairan atau debit dari penis.
• Keputihan abnormal atau berbau tidak sedap.
• Pendarahan vagina yang tidak biasa.
• Sakit saat melakukan hubungan seksual.
• Nyeri, pembengkakan kelenjar getah bening.
• Nyeri perut bagian bawah.

Tanda dan gejala penyakit menular seksual muncul setelah beberapa hari terpapar, tergantung pada organisme. Sebaiknya untuk segera menemui dokter jika Anda aktif secara seksual dan mungkin pernah terinfeksi PMS, dan memiliki tanda dan gejala PMS untuk pencegahan penyakit menular seksual menyebar.

Baca Juga: Ciri-ciri IMS Pada Pria dan Wanita! Klik Disini

Penyebab dan pengobatan infeksi menular seksual

Penyakit menular seksual dapat disebabkan bakteri (gonore, klamidia, sifilis), parasit (trikomoniasis), Virus ( Human papilloma virus, herpes kelamin, HIV). Aktivitas seksual yang berperan dalam menyebarkan penyebab PMS.

Siapa saja yang aktif secara seksual berisiko terpapar penyakit menular seksual hingga batas tertentu, sementara faktor yang dapat meningkatkan risiko termasuk berhubungan seksual tanpa kondom, melakukan hubungan seksual dengan partner lebih dari satu orang, untuk pencegahan penyakit menular seksual sebaiknya hindari faktor risikonya.

Penyakit menular seksual yang disebabkan infeksi bakteri umumnya lebih mudah untuk diobati dan infeksi virus dapat dikelola namun tidak selalu sembuh. Tindakan perawatan umumnya terdiri beberapa faktor, tergantung pada infeksi.

Semakin cepat mendapatkan perawatan, maka akan semakin efektif, jika Anda pernah mengalami IMS, konsultasilah dengan dokter verapa lama setelah perawatan untuk di uji ulang. Penyakit menular seksual yang terdeteksi sejak dini akan membantu proses penyembuhan, mencegah komplikasi dan yang pasti menghemat biaya pengobatan Anda.



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Sudah melakukan pencegahan penyakit menular seksual, namun adakalanya Anda tertular, jika saat ini Anda mengalami gejala PMS, segera konsultasikan kondisi Anda untuk mendapatkan perawatan yang aman hingga tuntas.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi dan Ginekologi. Memiliki dokter ahli kelamin terlatih berpengalaman dibidangnya, dan hingga saat ini sudah banyak membantu mengatasi penyakit kelamin.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait pencegahan penyakit menular seksual, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.