Min28Apr201916:48

Penyakit Kelamin Wanita Gatal, Apa Penyebabnya?

Penyakit kelamin wanita gatal bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, parasit, maupun jamur. Seseorang akan tertular penyakit kelamin karena melakukan kontak seksual dengan penderita tanpa menggunakan pelindung. Kontak seksual tidak hanya mencakup hubungan intim, namun juga berciuman dan penggunaan mainan seks secara bergantian. Penyakit kelamin yang diderita wanita bersifat asimtomatis atau muncul tanpa gejala sehingga kerap tidak disadari.
penyakit kelamin wanita gatal
penyakit kelamin wanita gatal

Jenis Penyakit Kelamin Wanita Berdasarkan Penyebabnya

Penyakit kelamin wanita gatal merupakan salah satu gejala yang kerap dirasakan penderitanya. Gejala lainnya yang mungkin muncul adalah rasa gatal serta nyeri pada organ kelamin, keluarnya cairan keputihan tidak normal, dan adanya luka di sekitar kemaluan. Gejala penyakit kelamin wanita gatal dapat beragam berdasarkan penyebabnya, antara lain:

• Klamidia

Klamidia merupakan salah satu jenis penyakit kelamin wanita gatal yang disebabkan oleh bakteri bernama Chlamydia trachomatis. Gejala yang muncul akibat penyakit ini adalah sakit saat buang air kecil, nyeri pada perut bagian bawah, keluarnya cairan asing dari organ kelamin, pendarahan di luar masa menstruasi dan sakit ketika melakukan hubungan seksual.


• Gonore

Jenis penyakit kelamin wanita gatal lainnya yang sering diderita adalah gonore. Gonore disebabkan oleh bakteri yang dapat berpindah dengan mudah dan menginfeksi bagian tubuh lain, seperti tenggorokan, mulut, mata, dan anus. Gejala yang akan dirasakan, dapat berupa keluarnya cairan menyerupai nanah dari kemaluan, nyeri saat buang air kecil, dan besar.


• Trikomoniasis

Penyakit kelamin wanita gatal yang dipicu oleh infeksi parasit, salah satunya adalah trikomoniasis. Gejala penyakit ini umumnya ditandai dengan keluarnya cairan asing dari organ kelamin, adanya bau menyengat dari kemaluan, sakit ketika buang air kecil, dan gatal akibat iritasi pada sekitar organ intim.


• Herpes genital

Penyakit herpes terjadi akibat infeksi virus herpes simpleks yang masuk ke tubuh melalui luka kecil pada kulit. Gejala umum yang bisa dirasakan penderitanya, antara lain adanya benjolan merah berukuran kecil hingga luka terbuka di organ genital, sakit serta gatal di area kelamin atau paha bagian dalam, dan munculnya benjolan yang disertai sakit saat berkemih.

Apa Saja Penanganan Tepat yang Dapat Dilakukan?

Dalam menangani penyakit menular seksual, biasanya dokter akan memberikan beberapa obat-obatan, berupa antibiotik dan antivirus. Antibiotik efektif menyembuhkan berbagai infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri, seperti gonore, klamidia, dan trikomoniasis. Sementara antivirus berguna untuk mengurangi risiko infeksi serta kekambuhan penyakit jika dikonsumsi secara rutin. Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, perawatan penyakit perlu disertai dengan beberapa tindak pencegahan, seperti:

• Perbanyak konsumsi makanan yang sehat.
• Hentikan kebiasaan buruk, seperti merokok.
• Tidak menggunakan obat-obatan terlarang.
• Rutin melakukan kegiatan fisik, seperti olahraga.
• Lakukan kegiatan seksual yang aman.
• Rutin konsumsi obat yang diresepkan dokter.


Lakukan Konsultasi Segera di Klinik Utama Sentosa

Gejala penyakit kelamin wanita gatal bisa disembuhkan dengan melakukan perawatan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan khusus menangani penyakit kulit dan kelamin yang berada di daerah Jakarta. Klinik ini sudah menjadi kepercayaan banyak orang karena mengutamakan kenyamanan pasien pada setiap perawatannya.
 
Anda akan ditangani langsung oleh dokter ahli yang telah berpengalaman di bidangnya dengan peralatan media yang canggih serta modern. Untuk itu, sebelum penyakit menyebabkan komplikasi serius maka, segera konsultasikan penyakit Anda dengan Klinik Utama Sentosa. Informasi lengkap mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa hubungi hotline kami di nomor 081366657878.