Jum26Apr201911:34

Penyakit Kelamin Wanita Beserta Gejalanya

Penyakit kelamin wanita umumnya bersifat asimtomatis, yaitu muncul tanpa gejala. Seorang wanita yang menderita penyakit kelamin dapat disebabkan karena adanya infeksi virus, bakteri, maupun parasit. Penularan penyebab penyakit kelamin atau infeksi menular seksual ini sering kali terjadi karena melakukan hubungan seksual. Selain itu, penyakit kelamin juga bisa dipicu oleh kondisi lain, seperti dermatitis ataua alergi.
penyakit kelamin wanita
penyakit kelamin wanita

Gejala Penyakit Kelamin Pada Wanita

Penyakit kelamin wanita akan memunculkan gejala yang berbeda sesuai dengan jenisnya. Tidak semua jenis penyakit kelamin wanita memiliki ciri atau tanda yang khas, Namun, infeksi penyakit kelamin wanita dapat diketahui dengan adanya beberapa gejala, seperti berikut ini:


• Perih atau sakit saat berkemih

Gejala penyakit kelamin wanita yang kerap dirasakan adalah munculnya sensasi panas seperti terbakar saat buang air kecil. Selain itu, bercak darah juga akan terlihat bersamaan dengan keluarnya air urin. Beberapa penyakit kelamin yang ditandai dengan gejala ini adalah klamidia, gonore, dan trikomoniasis.


• Nyeri ketika berhubungan seksual

Sakit atau nyeri ketika melakukan hubungan seksual bisa menjadi salah satu ciri penyakit kelamin yang sering diabaikan. Segera konsultasikan bersama dokter jika rasa sakit tersebut baru pertama kali dialami, berubah lokasi, terasa setelah berganti pasangan seks, atau muncul akibat mengganti kebiasaan seksual.
 

• Keluarnya keputihan abnormal

Keputihan yang berbau busuk dan tidak normal menjadi gejala penyakit kelamin wanita lainnya. Penyakit trikomoniasis akan menyebabkan cairan keputihan berwarna hijau, berbusa, dan berbau tidak sedap. Sementara, infeksi akibat gonore biasanya mengakibatkan keputihan berubah warna menjadi kekuningan dan disertai dengan noda darah.


• Sakit pada panggul serta perut bagian bawah

Nyeri pada panggul merupakan tanda penyakit radang panggul pada wanita. Peradangan pada panggul akan timbul ketika penyakit kelamin tidak segera ditangani. Hal ini diakibatkan karena naiknya bakteri ke rahim dan perut Anda sehingga mengakibatkan munculnya peradangan dan luka jaringan parut.

Bagaimana Penanganan Terhadap Penyakit Kelamin?

Pengobatan tepat untuk penyakit kelamin pada wanita bisa didapatkan setelah berkonsultasi bersama dokter. Biasanya, dokter akan memberikan beberapa obat-obatan, seperti antibiotik, antivirus, dan antijamur. Antibiotik digunakan untuk mengobati berbagai penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Pengobatan dengan antivirus bertujuan untuk meredakan gejala dan menghindari penularan. Sementara itu, antijamur berguna untuk menangani penyakit kelamin akibat infeksi jamur.
 
Penyakit kelamin yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan munculnya komplikasi, berupa peradangan pada mata, radang persendian, nyeri panggul, radang panggul, infertilitas atau ketidaksuburan, penyakit jantung, kanker serviks, dan kanker anus. Untuk itu, selama masa perawatan penyakit, penderitanya disarankan melakukan beberapa tindak pencegahan, antara lain:

• Lakukan vaksinasi sebelum berusia berusia 26 tahun, terutama wanita.
• Tidak menggunakan obat-obatan terlarang, termasuk berbagi jarum suntik.
• Rutin periksakan kesehatan seksual yang berkaitan dengan organ reproduksi.
• Ketahui riwayat seksual yang dimiliki oleh pasangan masing-masing.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Untuk menghindari penularan penyakit kelamin wanita, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan konsultasi di klinik ini, Anda akan mendapatkan perawatan terbaik karena ditangani oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Selain itu, klinik ini juga memiliki fasilitas unggulan seperti, layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, Anda dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Penyakit menular sekual pada wanita harus segera ditangani sebelum menyebabkan komplikasi yang serius. Untuk itu, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.