Sab06Jul201910:02

Penyakit Kelamin Pada Pria dan Wanita

Penyakit kelamin pada pria dan wanita memiliki jenis-jenis yang umum termasuk Chlamydia, Gonore (kencing nanah), Sifilis (raja singa), Kutil kelamin dan herpes genital. Beberapa infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum pada pria dan wanita kemungkinan tidak menghasilkan tanda atau gejala.
Penyakit Kelamin Pada Pria dan Wanita
Penyakit Kelamin Pada Pria dan Wanita
Ketika Anda berencana untuk hubungan seksual, kemungkinan Anda tidak ingin memikirkan tentang IMS. Jika Anda bahagia dengan pasangan lama, Anda mungkin tidak berfikir untuk melakukannya. Namun kemungkinan infeksi penyakit kelamin pada pria dan wanita adalah bagian dari seks sama menyenangkan. Bahkan jika Anda tidak menyadarinya, kemungkinan Anda pernah mengalami penyakit kelamin atau IMS.

Pengetahuan merupakan kekuatan dalam kesehatan seksual. Mengenal gejala infeksi menular seksual adalah awal, akan tetapi Anda tidak selalu memperhatikannya. Anda harus diuji untuk melindungi diri dari infeksi penyakit kelamin dan pasangan Anda. Untungnya IMS dapat diobati dan sebagian besar dapat disembuhkan.



Berikut, penyakit kelamin pada pria dan wanita

1. Sifilis

Sifilis adalah infeksi bakteri Treponema pallidum. Jika tidak diobati, infeksi sifilis berkembang melalui 3 fase dan dapat bertahan dalam keadaan laten. Manifestasi awal berupa ulkus (Luka) tanpa rasa sakit yang dikenal dengan chancre di lokasi seksual. Infeksi sifilis pada tahap awal dapat dengan mudah disembuhkan dengan penggunaan antibiotik. Jika tidak diobati, infeksi akan terus berlanjut, penyebaran ke organ lain menyebabkan berbagai gejala yang dapat mencakup ruam kulit. Setelah tahap ini, beberapa orang akan mengalami infeksi laten (tidak ada gejala). Setelah itu infeksi berkembang ke tahap akhir, menyebabkan kondisi yang berbeda termasuk infeksi otak, kehilangan penglihatan, dan ketulian. Untuk menghindari bahaya penyakit menular seksual sifilis, dapatkan perawatan yang tepat pada tahap awal munculnya gejala.

2. Gonore (kencing nanah)

Gonore adalah infeksi bakteri Neisseria gonorhoeae yang tidak selalu menimbulkan gejala dan dapat tetap tidak terdiagnosis. Gonore dapat menyebabkan uretritis pada pria, menyebabkan rasa terbakar atau terasa nyeri ketika buang air kecil. Infeksi penyakit kelamin pada pria dan wanita gonore juga dapat menyebabkan infeksi dubur dan tenggorokan. Bakteri penyebab dapat menyebar dalam tubuh, menyebabkan gejala seperti ruam dan nyeri sendi yang mengancam jiwa. Segera lakukan pengobatan yang aman untuk menghindari komplikasi, sebab penyakit gonore dapat dengan mudah disembuhkan.

Simak: 5 Tanda Penyakit Menular Seksual Pada Wanita!

3. Kutil kelamin (HPV)

Infeksi Human papilloma virus (HPV) adalah IMS yang sangat umum. Beberapa jenis HPV ada dan menyebabkan kondisi yang berbeda. Beberapa HPV menyebabkan kutil yang umum, dan tipe lain tersebar selama hubungan seksual menyebabkan kutil kelamin. Jenis lain menyebabkan peluang prakanker dan kanker serviks pada wanita. Ketika HPV menyebabkan pertumbuhan kutil kelamin, lesi tampak sebagai pertumbuhan benjolan berdaging yang lembut. Terangkat pada area alat kelamin atau anal. Kutil kelamin dengan ukuran bervariasi, tunggal atau berkelompok terlihat seperti kembang kol.

4. Herpes genital

Penyakit kelamin pada pria dan wanita selanjutnya adalah herpes genital. Kedua jenis virus herpes HSV-1 dan HSV-2 dapat menyebabkan luka herpes genital, namun penyebab utamanya adalah HSV-2. Gejala utama herpes genital berupa lepuh yang menyakitkan sekitar penis, vagina, atau anus. Herpes genital mudah ditangkap, yang diperlukan hanya kontak kulit ke kulit termasuk area yang tidak dapat dijangkau kondom. Anda sangat menular ketika memiliki lepuh.

Bisakah IMS menyebabkan kematian? Ketika IMS tidak diobati, beberapa IMS dapat menyebar hingga ke seluruh bagian tubuh, menyebabkan masalah yang serius bahkan permanen. Konsultasilah dengan dokter jika Anda berisko untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan pengobatan penyakit menular seksual dapat dilakukan pada waktu yang tepat.



Penyakit kelamin? dapatkan solusi yang tepat bersama Klinik Utama Sentosa

Penyakit kelamin pada pria dan wanita sebagian besar dapat diatasi dan disembuhkan dengan penanganan yang tepat dan aman, yang pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan konsultasi untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Kami, Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang khusus menangani IMS, Andrologi, dan Ginekologi.

Kami memberikan perawatan medis intensif yang berkualitas dan terarah untuk menyembuhkan penyakit kelamin pada pria dan wanita. Didukung peralatan medis canggih, laboratorium steril dengan biaya terjangkau dimana Anda ditangani langsung oleh dokter ahli terlatih yang sudah banyak menangani peyakit kelamin.

Untuk informasi lebih lanjut, kami menyediakan layanan konsultasi online gratis 24 jam. Klik website kami dan konsultasi langsung dengan tenaga medis kesehatan profesional, atau Anda dapat menghubungi kami di 081366657878.