Sab06Apr201910:45

Penyakit IMS, Bagaimana Bisa Terjadi?

Penyakit IMS atau infeksi menular seksual adalah salah satu penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri, jamur, virus, maupun parasit. Penyebab penyakit IMS biasanya diakibatkan oleh hubungan seksual yang tidak aman. Hubungan seksual yang dimaksud dapat melalui anal atau lewat dubur, vaginal, serta mulut atau oral. Meskipun begitu, gejala infeksi menular seksual tak hanya muncul pada organ kelamin namun juga pada mata, mulut, saluran pencernaan, hati, dan otak.
penyakit IMS
penyakit IMS

Penyebab Penyakit Menular Seksual dan Gejalanya

Penyebab penyakit IMS pada pria dan wanita adalah berbagai jenis virus, bakteri, parasit, ataupun jamur. Virus yang dapat menyebabkan infeksi menular seks pada seseorang adalah herpes complex, human papillomavirus atau HPV, hepatitis B, dan HIV. Untuk bakteri, biasanya diakibatkan oleh Chlamydia trachomatis, Treponema pallidum, mycoplasma, dan Neisseria gonorrhea. Sementara parasit umumnya terjadi karena infeksi trikomonas serta jamur bernama Candida.
 


Terdapat pula beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit IMS, seperti memiliki lebih dari satu pasangan seksual, berhubungan seks tanpa pelindung, sering mengonsumsi obat-obatan terlarang, memiliki kebiasaan berbagi jarum suntik yang sama, dan seseorang yang hidup di lingkungan dengan tingkat penyakit IMS tinggi. Jika salah satu faktor risiko ini Anda miliki, maka kemungkinan gejala yang akan muncul, di antaranya:

• Adanya benjolan pada organ kelamin atau area dubur yang terasa sakit.
• Terasa nyeri hingga sensasi panas ketika buang air kecil.
• Organ kelamin mengeluarkan cairan asing hingga pendarahan.
• Sakit pada perut bagian bawah serta saat melakukan hubungan seks.


Pengobatan Tepat Terhadap Infeksi Menular Seksual

Pengobatan penyakit IMS yang tepat dilakukan adalah menggunakan antibiotik dan antivirus. Obat antibiotik diberikan guna menyembuhkan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri dan parasit. Sementara antivirus mampu mengurangi risiko infeksi atau kekambuhan penyakit jika dikonsumsi secara rutin sesuai petunjuk dokter. Untuk mendapatkan kesembuhan penyakit secara maksimal, penderita akan disarankan melakukan beberapa pencegahan, seperti:
 
• Tidak bergonta ganti pasangan seks guna mengurangi risiko penularan.
• Gunakan pelindung atau kondom ketika melakukan hubungan seksual.
• Hindari melakukan transfusi darah yang belum diperiksa kebersihannya.
• Tidak berbagi penggunaan jarum suntik tidak steril dengan orang lain.

Infeksi menular seksual yang tidak segera ditangani dapat menyebar ke organ tubuh lainnya dan menyebabkan masalah serius. Masalah yang akan dialami oleh penderita infeksi menular seksual adalah kemandulan hingga kematian. Bagi wanita muda, risiko terkena infeksi menular seksual lebih besar dibandingkan pria. Hal ini dikarenakan alat reproduksi yang rentan terinfeksi dan memudahkan penyebab IMS untuk masuk. Seringkali penyakit menjadi berbahaya karena gejala tidak dikenali sejak tahap awal.
 

Lakukan Penanganan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan penyakit IMS bisa Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis berteknologi modern.
 
Pelayanan kesehatan Klinik Utama Sentosa diberikan secara maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan dan kenyamanan selama melakukan perawatan. Tak hanya itu, klinik ini juga memiliki fasilitas unggulan berupa layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, pasien dapat mengetahui penyebab penyakit serta jenis penanganan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.