Sel12Feb201911:31

Pencegahan Trikomoniasis Apa yang Bisa Dilakukan?

Pencegahan trikomoniasis dapat diketahui setelah berkonsultasi di Klinik Utama Sentosa. Trikomoniasis merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit bernama Trichomonas vaginalis. Penyakit ini lebih rentan menyerang pria maupun wanita yang aktif secara seksual. Kebanyakan penderitanya tidak menyadari jika telah terinfeksi karena gejalanya yang tidak terlihat jelas. Biasanya, gejala baru akan muncul satu minggu setelah parasit pertama kali menginfeksi.

pencegahan trikomoniasis
pencegahan trikomoniasis

Apa Saja Gejala Penyakit Trikomoniasis?

Pada wanita, gejala trikomoniasis akan berdampak pada organ kelamin dan uretra atau saluran pembuangan urin. Sementara pada pria, gejala biasanya menyerang uretra, area organ kelamin seperti kulup, dan kelenjar prostat. Gejala prostat yang dialami pria maupun wanita dapat berbeda-beda. Perbedaan gejala trikomoniasis pada pria dan wanita, antara lain:



• Pada wanita
 
Penyakit trikomoniasis pada wanita ditandai dengan adanya gejala, seperti sakit pada perut bagian bawah, nyeri dan tidak nyaman ketika buang air kecil atau saat berhubungan seksual, serta keluarnya cairan keputihan yang tidak normal. Tak hanya itu, pembengkakan juga terjadi dengan disertai rasa gatal pada paha bagian dalam.


• Pada pria

Gejala trikomoniasis yang dialami oleh pria muncul dengan gejala yang cukup berbeda. Beberapa gejala yang muncul, dapat berupa keinginan buang air kecil meningkat yang disertai dengan rasa sakit, munculnya cairan putih dari organ kelamin, dan pembengkakan hingga kemerahan pada area di ujung kelamin.


Diagnosis serta Penanganan yang Dapat Dilakukan

Dokter akan melakukan diagnosis dengan mengambil sampel urin dari penderitanya dan kemudian diperiksakan di laboratorium. Jika terbukti terinfeksi penyakit, langkah penanganan harus segera dilakukan untuk mengurangi resiko penularan lebih lanjut. Penyakit trikomoniasis dapat ditangani dengan mengonsumsi obat antibiotik sesuai resep dokter. Selama masa perawatan, penderita disarankan untuk menghindari hubungan seksual dengan pasangan.
 
Selain itu, penderita penyakit trikomoniasis tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi alkohol selama masa penanganan. Hal ini dikarenakan alkohol dapat memicu munculnya rasa mual dan ingin muntah. Untuk mendapatkan kesembuhan yang maksimal, biasanya dokter menyarankan tindak pencegahan yang bisa dilakukan di rumah. Beberapa tindak pencegahan trikomoniasis yang bisa Anda lakukan secara mandiri, adalah sebagai berikut:


• Setia pada pasangan

Salah satu tindak pencegahan trikomoniasis yang dapat Anda lakukan adalah tidak bergonta ganti atau setia pada satu pasangan seksual saja. Menghindari hubungan intim dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksualnya juga dapat mencegah Anda dari penularan penyakit.


• Gunakan pelindung atau kondom

Pencegahan trikomoniasis bagi Anda yang aktif secara seksual adalah dengan menggunakan pelindung atau kondom. Meskipun tidak efektif, penggunaan kondom dapat melindungi Anda atau pasangan dari penularan penyakit.


• Periksakan kesehatan Anda dan pasangan

Memeriksakan kesehatan seksual Anda dan pasangan termasuk salah satu tindak pencegahan trikomoniasis lainnya. Jika Anda atau pasangan terinfeksi, penanganan harus segera dilakukan dengan menghubungi dokter untuk menjalani pemeriksaan.


Konsultasikan Segera Dengan Klinik Utama Sentosa

Anda dapat mengetahui pencegahan trikomoniasis dengan melakukan konsultasi bersama dokter di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan mendapatkan kepuasan karena ditangani oleh dokter berpengalaman di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis yang telah canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga menawarkan fasilitas unggulan seperti layanan konsultasi online dan gratis. Dengan melakukan konsultasi, Anda dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti dan jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Penanganan yang dilakukan dengan segera dapat mencegah munculnya komplikasi lebih serius. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.