Jum04Jan201915:15

Pencegahan Penyakit Menular Seksual

Pencegahan penyakit menular seksual harus segera dilakukan karena virus dapat menyebar dan terjadi pada siapa saja. Penyakit menular seksual dapat dialami oleh pria maupun wanita yang aktif secara seksual. Umumnya, penyebaran virus penyebab penyakit menular seksual tak hanya melalui hubungan seksual, namun bisa menginfeksi tubuh lewat darah. Selain itu, bayi yang baru lahir rentan terinfeksi virus jika sang ibu juga memiliki riwayat penyakit menular seksual.

pencegahan penyakit menular seksual
pencegahan penyakit menular seksual

Penyakit Menular Seksual Berdasarkan Jenisnya

Penyakit menular seksual disebabkan oleh adanya infeksi bakteri, virus, maupun parasit di dalam tubuh. Gejala yang ditimbulkan oleh berbagai jenis penyakit menular seksual ini beragam. Beberapa penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri, antara lain:


• Sifilis

Sifilis atau raja singa termasuk salah satu penyakit menular seksual yang terjadi akibat infeksi bakteri bernama Treponema Pallidum. Penyakit sifilis yang telah menginfeksi tubuh akan memunculkan gejala, berupa luka atau lesi di sekitar organ kelamin dan mulut.
 

• Gonore

Kencing nanah atau gonore merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh adanya bakteri Neisseria gonorrhoeae di dalam tubuh. Penyakit ini terkadang tidak menunjukkan gejala yang jelas, namun memiliki gejala umum seperti keluarnya cairan nanah dari organ kelamin, sakit saat buang air kecil, dan terjadi peradangan di ujung kelamin.


• Klamidia

Jenis penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri lainnya adalah klamidia. Klamia terjadi akibat infeksi bakteri bernama Chlamydia trachomatis. Gejala yang mungkin dirasakan penderitanya, antara lain keluarnya cairan tak biasa dari organ kelamin, sakit ketika buang air kecil, dan rasa nyeri di perut bagian bawah.

Cara Mencegah Penyebaran Virus Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular sekual merupakan keadaan yang umum terjadi, namun kebanyakan kasus menjadi lebih parah jika dialami oleh wanita. Seorang wanita yang sedang mengandung dapat menularkan infeksi kepada bayi saat hamil ataupun selama proses persalinan normal dilakukan. Beberapa tindak pencegahan penyakit menular seksual yang dapat Anda lakukan untuk menghindari penularan virus, adalah sebagai berikut.
 

• Setia pada pasangan

Pencegahan penyakit menular seksual yang paling mudah dilakukan, yakni setia pada satu pasangan seksual saja. Risiko penularan virus dapat diminimalisir karena Anda hanya melakukan hubungan intim dengan satu orang. Namun, pastikan pasangan seksual juga terhindar dari infeksi penyakit menular seksual dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli.


• Gunakan pelindung

Pelindung atau kondom berguna sebagai salah satu alat pencegahan penyakit menular seksual. Sebagian besar virus penyebab penyakit menular seksual dapat dicegah dnegan menggunakan kondom selama berhubungan seksual. Beberapa jenis kondom biasanya memiliki kandungan yang dapat membunuh mikroorganisme penyebab penyakit.
 

• Lakukan vaksinasi

Cara pencegahan penyakit menular seksual lainnya adalah rutin melakukan vaksinasi. Anda dapat melakukan vaksinasi HPV guna mengurangi risiko penularan virus. Vaksinasi ini direkomendasikan bagi anak perempuan yang berusia 9 hingga 13 tahun. Namun, untuk wanita berumur di bawah 26 tahun yang belum divaksin, maka harus segera melakukannya.

Tindak Penanganan yang Bisa Dilakukan

Jika tindak pencegahan penyakit menular seksual tidak memberikan perubahan, maka penanganan bersama dokter ahli harus segera dilakukan. Sebelum melakukan penanganan, dokter biasanya akan memeriksakan kondisi riwayat seksual dengan beberapa tes, seperti tes darah, tes urin, serta pengambilan sampel cairan. Penanganan terhadap penyakit menular seksual bisa dilakukan dengan beberapa pilihan pengobatan, yakni:
 
• Obat antibiotik, umumnya dapat menyembuhkan berbagai infeksi akibat penyakit menular seksual akibat bakteri, termasuk sifilis, klamidia, dan gonore.
 
• Obat antivirus, biasanya dapat membantu mengurangi risiko terjadi kekambuhan dan infeksi lebih lanjut dengan mengonsumsinya setiap hari.

Penanganan lebih lanjut mengenai masalah penyakit menular seksual dapat Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik ini merupakan salah satu klinik kesehatan yang terletak di daerah Jakarata. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan medapatkan berbagai keuntungan karena fasilitas yang dimiliki sangat lengkap dan modern. Tak perlu menunggu waktu lama, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.