Rab17Jul201914:27

Mengenal Tanda Tanda Penyakit Kelamin Pria

Tanda tanda penyakit kelamin pria bisa berbeda karena terdapat jenisnya yang beragam. Penyakit kelamin bisa dialami oleh pria maupun wanita akibat penyebaran bakteri melalui hubungan seksual. Tak hanya hubungan intim, seseorang juga bisa terinfeksi penyakit kelamin karena menggunakan jarum suntik yang sudah terkontaminasi. Sebagian besar penyakit kelamin sangat berbahaya dan sulit untuk disembuhkan.
tanda tanda penyakit kelamin pria
tanda tanda penyakit kelamin pria

Gejala Penyakit Kelamin Sesuai Jenisnya


Penyakit kelamin tidak selalu menimbulkan gejala yang kasat mata, bahkan beberapa di antaranya sulit dideteksi sehingga pengobatan telat dilakukan. Hal inilah yang bisa meningkatkan risiko penyebaran infeksi kepada orang lain. Namun, tanda tanda penyakit kelamin pria yang umum dialami, antara lain:


  • Penyakit gonore
Gonore termasuk salah satu penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhea. Tanda tanda penyakit kelamin pria gonore dapat berupa keluarnya cairan menyerupai nanah dari organ kelamin, sakit ketika berkemih atau saat seks, dan terjadi pendarahan di luar periode haid.

  • Penyakit klamidia
Gejala penyakit kelamin klamidia akan dirasakan oleh pria atau wanita muda yang aktif secara seksual. Penderita biasanya merasakan nyeri atau rasa terbakar ketika buang air kecil, sakit saat berhubungan seksual, serta keluarnya cairan putih dari kemaluan.

  • Penyakit herpes
Penyakit kelamin herpes terjadi akibat adanya virus herpes simpleks dan dapat menular dengan mudah. Tanda tanda penyakit kelamin pria ini, antara lain muncul lepuhan berisi cairan berkelompok yang disertai ruam kemerahan, nyeri hingga sensasi terbakar dan terdapat pembengkakan pada kelenjar getah bening.


Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Kelamin Pada Pria?


Tanda tanda penyakit kelamin pria yang beragam ini membutuhkan penanganan berbeda. Biasanya, dokter akan menyarankan tiga jenis pengobatan pada penderita penyakit kelamin, yakni antibiotik dan antivirus. Kegunaan obat antibiotik adalah untuk menyembuhkan tanda tanda penyakit kelamin akibat infeksi bakteri dan parasit. Sementera antivirus berguna untuk mengurangi risiko penularan serta terjadinya kekambuhan penyakit. Untuk penyakit kelamin yang disebabkan oleh jamur bisa diobati menggunakan antijamur.

 
Munculnya tanda tanda penyakit kelamin pria harus segera diatasi bersama dokter ahli karena bisa menyebabkan komplikasi jika dibiarkan. Beberapa komplikasi dari penyakit kelamin yang mungkin terjadi, antara lain peradangan pada mata, peradangan sendi, nyeri pada panggul, infertilitas atau kemandulan, penyakit jantung, hingga penyakit kanker. Tanda tanda penyakit kelamin pria harus disembuhkan sebelum sampai ke tahap yang lebih serius. Karena itu, selama masa pengobatan harus disertai pula dengan tindak pencegahan, berupa:

  • Kenali pasangan seksual masing-masing, seperti riwayat kesehatan seksualnya.
  • Lakukan vaksinasi secara rutin, terutama HPV dan hepatitis B.
  • Tidak menggunakan obat-obatan terlarang, termasuk berbagi penggunaan jarum.
  • Rutin periksakan kesehatan seksual Anda dan pasangan bersama dokter ahli.

Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Tanda tanda penyakit kelamin bisa disembuhkan jika segera berkonsultasi dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di wilayah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, proses penyembuhan berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya sehingga pasien tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan untuk perawatan maupun pemeriksaan rutin. Sebelum melakukan penanganan, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu secara online dan gratis. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit lebih lengkap serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.