Jum01Mar201915:19

Macam Penyakit Menular Seksual Berdasarkan Penyebabnya


Berbagai macam penyakit menular seksual yang ada dapat dibedakan berdasarkan faktor penyebabnya. Penyakit menular seksual adalah infeksi yang disebabkan karena melakukan penetrasi seks secara oral, anal, maupun vaginal. Beberapa macam penyakit menular seksual bisa disembuhkan dengan cepat dan sebagian lainnnya perlu dilakukan diagnosis serta pemeriksaan lebih lanjut.
macam penyakit menular seksual
macam penyakit menular seksual

Penyakit Menular Seksual Berdasarkan Faktor Penyebabnya

Terdapat beragam jenis atau macam penyakit menular seksual karena faktor penyebab yang berbeda-beda. Penyakit menular seksual yang diakibatkan oleh bakteri adalah sipilis, gonore, serta klamidia. Selain itu, macam penyakit menular seksual akibat virus, yakni herpes, kutil kelamin, hepatitis, dan HIV. Sementara beberapa macam penyakit menular sekual lain yang perlu Anda ketahui, antara lain kutu kelamin akibat parasit, trikomoniasis akibat protozoa, dan infeksi candida akibat jamur. Beberapa gejala umum yang dirasakan penderita, seperti:


• Terjadi perubahan pada urin yang keluar.
• Nyeri selama melakukan hubungan seksual.
• Sakit pada panggul atau perut bagian bawah.
• Gatal dan sensasi panas di organ kelamin.
• Keluar cairan tidak normal dari kemaluan.
• Adanya pendarahan serta keputihan tidak normal.
• Sakit dan perih ketika buang air kecil.

Perawatan Terbaik Pada Penyakit Menular Seksual

Dokter biasanya menyarankan dua jenis pengobatan pada beberapa macam penyakit menular seksual yang diderita. Pengobatan tersebut menggunakan antibiotik dan obat antivirus. Pemberian antibiotik ini berguna untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri dan parasit. Sementara antivirus diberikan guna mengurangi risiko infeksi serta terjadinya kekambuhan penyakit. Jika penanganan sudah dilakukan, Anda juga perlu melindungi diri dengan beberapa tindak pencegahan, seperti:


• Setia pada satu pasangan

Memilih pasangan seksual harus dilakukan dengan hati-hati terutama jika terdapat infeksi pada organ kelamin. Untuk itu, hindari melakukan hubungan seksual dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksualnya secara pasti.


• Gunakan pelindung atau kondom

Ketika melakukan hubungan seksual, Anda disarankan untuk menggunakan pelindung atau kondom. Meski tidak melindungi dengan sempurna, namun pemakaian kondom dapat mencegah penularan infeksi menular seksual.
 

• Jauhi kebiasaan buruk

Kebiasaan yang buruk, seperti konsumsi alkohol dan obat terlarang sebelum melakukan hubungan seksual sangat berbahaya. Seseorang yang mengonsumsi alkohol cenderung mempraktikkan kegiatan seks yang tidak aman, yakni tanpa pelindung atau kondom.


• Lakukan vaksinasi

Vaksinasi untuk menghindari infeksi menular seksual dapat dilakukan pada wanita yang masih muda. Melakukan vaksinasi terbukti dapat mencegah penularan penyakit kelamin sebesar 50 persen.
 
Jika Anda atau pasangan memiliki infeksi menular seksual, segera konsultasikan dengan dokter. Proses penyembuhan penyakit dapat berlangsung dengan cepat jika penanganan dilakukan sesuai petunjuk dokter. Pastikan juga untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan secara berulang meski gejala sudah menghilang.


Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Macam macam penyakit menular seksual bisa diketahui dengan melakukan konsultasi dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan di daerah Jakarta yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Anda dapat melakukan konsultasi secara online dan gratis bersama staf medis yang telah berpengalaman di bidangnya. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok.
 
Selain konsultasi, Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Proses penyembuhan penyakit berjalan dengan mudah dan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern. Untuk informasi lebih lanjut, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.