Sab03Agu201912:32

Kenapa Alat Kelamin Wanita Gatal dan Perih?

Kenapa alat kelamin wanita gatal? Penyebabnya beragam, bisa karena iritasi, gejala penyakit menular, atau infeksi jamur dan bakteri. Jika Anda merasakan gatal pada vagina yang mengganggu, jangan terlalu dini menyimpulkan penyebabnya. Pasalnya penyebab gatal di vagina bisa karena hal yang sepele, bisa juga karena penyakit yang berbahaya, jadi berhati-hatilah.

kenapa alat kelamin wanita gatal
kenapa alat kelamin wanita gatal

Vagina gatal merupakan hal yang umum terjadi baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Namun, jika gatalnya tak kunjung sembuh, maka Anda perlu waspada. Hubungi dokter jika vagina terasa gatal dalam wkatu yang lama, apalagi jika disertai dengan gejala lain seperti perih, ataupun rasa sakit pada vagina. Dikhawatirkan gatal tersebut merupakan gejala akibat penyakit berbahaya.

Apa Saja Penyebab Vagina Gatal?


Rasa gatal pada vagina dapat disebabkan oleh berbagai hal. Berikut ini beberapa penyebab kenapa alat kelamin wanita gatal yang perlu Anda ketahui.

• Penggunaan bahan kimia

Salah satu penyebab dari alat kelamin wanita gatal adalah karena penggunaan bahan kimia. Bisa jadi penggunaan bahan kimia yang terdapat pada produk pembersih vagina ataupun sabun mandi menjadi salah satu pemicunya. Untuk mencegah penyebab yang satu ini, periksalah bahan kimia yang menjadi bahan produk pembersih maupun sabun mandi yang Akan dibeli. Pilihlah yang terbuat dari bahan kimia yang aman. Akan lebih bagus jika Anda menggunakan produk yang terbuat dari bahan alami. Terkadang akibat bahan kimia yang terdapat dalam tissue, kondom, maupun krim untuk vagina juga dapat menjadi salah satu penyebab iritasi pada vagina, itulah kenapa alat kelamin wanita gatal.

• Menopause

Wanita yang menopause biasanya akan mengalami penurunan hormon estrogen. Hal ini dapat menyebabkan dinding vagina mengering dan menipis sehingga terjadi iritasi. Reaksi atas iritasi ini adalah rasa gatal pada vagina. Hal ini juga biasanya dialami oleh wanita yang menyusui. Itulah kenapa alat kelamin wanita gatal.

• Lichen sclerosus

Penyakit kulit yang ditandai dengan adanya bercak putih pada kulit di sekitar kemaluan ini dapat menyebabkan gejala gatal pada vagina. Kondisi lain yang menyebabkan gejala mirip adalah akibat eksim dan psoriasis yang sering dialami pasca menopause.


• Infeksi jamur

Penyebab selanjutnya kena alat kelamin wanita gatal adalah infeksi jamur. Kondisi infeksi jamur ini biasanya disebut dengan kandidiasis vagina. Infeksi ini disebabkan oleh pertumbuhan jamur pada vagina yang melebihi jumlah seharusnya. Jamur dapat menyebabkan infeksi pada wanita yang memiliki kekebalan tubuh lemah dan yang sedang hamil maupun yang menggunakan antibiotik. Gejala yang diakibatkan oleh infeksi ini biasanya adalah keputihan abnormal dengan cairan yang kental dan menjadi penyebab kenapa alat kelamin wanita gatal.

• Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyebab yang satu ini perlu diwaspadai, pasalnya penyakit ini dapat menular kepada pasangan. Tak hanya itu, penyakit menular seksual bahkan dapat menyebabkan berbagai komplikasi jika dibiarkan tanpa pengobatan. Penyakit menular seksual yang dapat menyebabkan gejala gatal pada vagina diantaranya adalah gonore, klamidia, herpes genital, serta trikomoniasis.

• Kanker vulva

Kanker vulva juga merupakan salah satu alasan kenapa alat kelamin wanita terasa gatal.

• Vaginosis bakteri

Pada dasarnya bakteri di vagina merupakan hal yang normal. Namun ada pula bakteri yang jahat dan menyebabkan infeksi di vagina sehingga menyebabkan gatal. Ketika infeksi bakteri terjadi, maka gejala gatal dapat disertai dengan rasa perih dan keputihan abnormal dimana cairan yang keluar dari vagina berbau tidak sedap.

• Stres

Wanita yang sedang depresi atau stress cenderung memiliki kekebalan tubuh yang lemah dan ini memicu infeksi lebih mudah terjadi. Jadi, stress juga merupakan penyebab kenapa alat kelamin wanita gatal.

Agar tidak salah melakukan pengobatan, maka lakukanlah pemeriksaan untuk mendiagnosis penyebab dari gejala gatal pada kelamin wanita. Apalagi jika penyebabnya adalah penyakit menular seksual yang dapat menyebabkan berbagai gejala lain yang jika sudah menginfeksi dapat kambuh kembali meski telah diobati. Meskipun hanya disebabkan oleh iritasi ringan, namun jika gejalanya dibiarkan begitu saja, maka dapat memicu adanya infeksi lain. Apalagi vagina merupakan salah satu organ yang lembab sehingga menjadi tempat yang ideal bagi bakteri maupun jamur untuk berkembang biak dan menyebabkan infeksi.

kenapa alat kelamin wanita gatal
kenapa alat kelamin wanita gatal

Alat kelamin Gatal Akibat Kutu

Selain penyebab di atas, ada juga alasan lain yang dapat menyebabkan kenapa alat kelamin wanita gatal yaitu kutu. Kutu kemaluan berbeda dengan kutu biasanya yang hidup di rambut kepala. Kutu kemaluan dapat hidup di berbagai bagian tubuh. Yang paling disukai oleh serangga parasit satu ini adalah bagian tubuh yang ditumbuhi bulu atau rambut kasar. Contohnya seperti kemaluan, ketiak, alis, bulu mata, bulu kaki, dan punggung. Pada pria, kutu ini dapat hidup di kumis dan jenggot.

Salah satu gejala yang disebabkan oleh kutu kemaluan ini adalah rasa gatal pada kulit maupun bulu kemaluan. Kutu kemaluan bertahan hidup dengan cara menghisap darah inangnya. Ketika kutu menghisap darah kita, maka reaksi yang akan diberikan tubuh adalah rasa gatal. Selain menyebabkan bekas gigitan yang terasa gatal, kutu juga dapat menyebabkan iritasi jika bekas gigitan tersebut kita garuk. Bahkan kutu ini dapat berpindah dari rambut ke rambut. Jika kutu berada di sekitar mata, maka dapat menyebabkan radang mata yang menyebabkan mata merah dan bengkak.

Gejala Herpes Genital Pada Wanita


Kenapa alat kelamin wanita gatal? Hal tersebut dapat menjadi salah satu gejala dari penyakit herpes genital. Herpes genital merupakan salah satu penyakit menular seksual yang menyebabkan gejala di sekitar vagina. Salah satu gejalanya adalah rasa gatal di sekitar alat kelamin wanita. Biasanya gejala gatal pada vagina ini disertai dengan rasa nyeri dan terbakar di sekitar bagian yang terinfeksi herpes genital. Selain itu, muncul juga luka lesi yaitu luka melepuh yang dapat pecah dan mengering setelah beberapa hari.

Luka akibat herpes genital tidak hanya bisa muncul di sekitar vagina saja, namun juga di sekitar mulut maupun anus. Ketika Anda mengalami gatal pada vagina yang disertai dengan gejala di atas, maka waspadalah. Ketika gejalanya hilang bukan berarti penyakitnya sembuh. lakukan pemeriksaan segera untuk mengobati dan mengatasi agar penyebab penyakit herpes genital tidak menyebar ke organ lain dan juga orang di sekitar penderita.


Mengobati Gatal Pada Vagina
Untuk mengatasi gejala gatal pada vagina, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab kenapa alat kelamin wanita gatal. Apakah karena masalah psikologis, infeksi, ataupun penyakit menular seksual, hal tersebut harus diketahui terlebih dahulu. Untuk melakukan pemeriksaan untuk diagnosis penyebab gejala gatal di vagina dan pengobatannya dapat Anda lakukan di Klinik Utama Sentosa. Obati hingga tuntas, agar gejalanya tidak muncul kembali. Apalagi jika penyebabnya adalah penyakit menular seksual. Jika ingin melakukan konsultasi mengenai alasan kenapa alat kelamin wanita gatal silahkan hubungi dokter kami di nomor 081366657878.