Kam10Jan201916:12

Kenali Tanda Infeksi Penyakit Kelamin

Tanda infeksi penyakit kelamin umumnya tidak dapat diketahui dengan mudah sehingga penyakit muncul tanpa disadari. Penyakit kelamin atau penyakit menular seksual disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang bersarang di dalam tubuh. Infeksi terjadi akibat perpindahan cairan seks dari tubuh kepada orang lain saat melakukan hubungan seksual. Tanda infeksi penyakit kelamin akan muncul karena melakukan penetrasi tanpa kondom dengan penderitanya.

tanda infeksi penyakit kelamin
tanda infeksi penyakit kelamin
>>>klik disini untuk melakukan konsultasi<<<

Apa Saja Gejala Umum Penyakit Kelamin?

Penyakit kelamin dapat diketahui setelah melakukan konsultasi bersama dokter ahli. Dokter biasanya memerlukan tes lebih lanjut untuk mengetahui jenis penyakit yang sedang diderita. Tanda infeksi penyakit kelamin sering tidak disadari karena muncul dengan gejala ringan, seperti sakit tenggorokan, demam, dan nyeri di persendian. Namun, beberapa gejala atau tanda infeksi penyakit kelamin secara umum, antara lain:
 
• Keluarnya cairan tidak nomal dari kelamin.
• Air urin yang keluar mengalami perubahan.
• Muncul rasa gatal di sekitar organ kelamin.
• Nyeri saat melakukan hubungan seksual.
• Adanya kutill atau memar di tubuh.
• Sakit pada panggul atau perut bagian bawah.
• Terjadi pendarahan di luar periode menstruasi.
• Keluarnya cairan keputihan yang tidak normal.


Gejala Penyakit Kelamin Berdasarkan Jenisnya

Penyakit kelamin memiliki jenis beragam dan muncul dengan gejala yang berbeda-beda. Beberapa jenis penyakit kelamin memerlukan diagnosis dan penanganan yang lama. Namun, ada pula jenis dengan tanda infeksi penyakit kelamin yang ringan sehingga mudah disembuhkan. Gejala penyakit kelamin dapat berbeda setiap jenisnya, seperti:


• Gonore

Gonore merupakan penyakit kelamin yang umum dialami baik pada pria maupun wanita akibat perpindahan bakteri. Biasanya tanda infeksi penyakit kelamin gonore ditandai dengan keluarnya cairan kental yang disertai dengan darah, adanya sensasi terbakar ketika buang air kecil, rasa gatal pada anus, dan terjadi pendarahan di luar periode menstruasi.


• Klamidia

Penyakit kelamin klamidia disebabkan oleh bakteri bernama chlamydia trachomatis. Pada umumnya, gejala penyakit klamidia tidak begitu jelas sehingga sulit mengetahui apakah seseorang sudah terinfeksi atau belum. Namun, Anda bisa mengetahui gejala umumnya, seperti rasa sakit ketika buang air kecil, keluarnya cairan tidak normal dari organ kelamin, dan sakit pada perut bagian bawah.


• Trikomoniasis

Parasit bersel satu yang disebut Trichomonas merupakan penyebab utama dari penyakit Trikomoniasis. Penularan biasanya terjadi akibat tidak menggunakan pelindung atau kondom ketika melakukan hubungan seksual dengan penderitanya. Penyakit ini ditandai dengan munculnya gejala, seperti keluar cairan tidak normal dari organ kelamin, bau menyengat di sekitar kelamin,dan adanya iritasi di organ kelamin.


• Herpes Genital

Herpes adalah penyakit kelamin yang terjadi akibat infeksi dari virus herpes simplex atau HSV di dalam tubuh. Virus ini akan masuk ke tubuh melewati luka kecil di kulit atau selaput lendir. Karena itu, virus penyebab herpes akan menimbulkan beberapa gejala pada tubuh, meliputi adanya benjolan merah atau luka lepuh terbuka di bagian genital, sakit di sekitar selangkangan, dan nyeri ketika buang air kecil.


• HIV

Salah satu penyakit kelamin paling mematikan ini akan menyerang sistem kekebalan tubuh penderitanya. Tanda infeksi penyakit kelamin HIV akan muncul dua hingga enam minggu setelah infeksi pertama kali terjadi. Beberapa gejala umum penyakit HIV pada tahap awal, yakni sakit kepala, pembengkakan pada kelenjar getah bening, dan muncul ruam di tubuh.

Konsultasikan Masalah Anda dengan Klinik Utama Sentosa

Untuk mengetahui tanda infeksi penyakit kelamin lebih lengkap, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik spesialis penanganan penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan tindak penanganan di klinik ini, Anda akan mendapatkan pelayanan medis terbaik karena didukung oleh dokter berkompeten dan dilengkapi dengan peralatan medis berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga menawarkan berbagai fasilitas lengkap, seperti layanan konsultasi online dan lingkungan klinik yang nyaman. Selama melakukan perawatan, Anda akan mendapatkan kepuasaan karena Klinik Utama Sentosa memprioritaskan kenyamanan dan keamanan pasien. Untuk informasi lebih lanjut, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Kami di nomor 0813 6665 7878.