Sel19Feb201916:34

Jenis Penyakit Kelamin Pria dan Penanganannya

Jenis penyakit kelamin pria sangat beragam dan gejala yang muncul dapat berbeda sesuai dengan penyebabnya. Penyakit kelamin merupakan infeksi yang didapat akibat melakukan hubungan seksual tanpa pelindung atau kondom. Bakteri penyebab penyakit kelamin akan bersarang pada cairan tubuh, seperti air mani ketika keluar saat seks. Karena itulah, penyakit mudah berpindah pada orang lain, termasuk saat terdapat kulit terbuka atau luka.
jenis penyakit kelamin pria
jenis penyakit kelamin pria

Beberapa Jenis Penyakit Kelamin Pada Pria

Gejala pada berbagai jenis penyakit kelamin pria akan berbeda tergantung bakteri yang menginfeksi. Namun, gejala umum yang biasa muncul, yakni berupa benjolan atau ruam pada organ kelamin, munculnya rasa gatal pada kelamin atau testis, dan adanya nyeri ketika buang air kecil. Beberapa jenis penyakit kelamin pria yang perlu Anda ketahui, adalah sebagai berikut:
 

• Klamidia

Jenis penyakit kelamin pria akibat infeksi bakteri adalah klamidia. Penyakit klamidia ditandai dengan gejala berupa rasa sakit atau sensasi panas ketika buang air kecil. Adanya infeksi klamidia ini disebabkan karena melakukan hubungan seksual, baik secara vaginal, anal, maupun oral tanpa pelindung atau kondom.


• Gonore

Gonore merupakan salah satu jenis penyakit kelamin pria yang disebabkan oleh bakteri. Gejala penyakit gonore atau kencing nanah baru akan muncul sekitar 10 hingga 20 hari setelah infeksi pertama kali masuk. Penanganan terhadap gonore harus segera dilakukan, karena penyakit ini dapat menimbulkan masalah serius, seperti munculnya ruam hingga nyeri pada sendi.


• Sipilis

Jenis penyakit kelamin pria yang diakibatkan oleh infeksi bakteri lainnya adalah sipilis atau raja singa. Penyakit sipilis harus ditangani sejak gejala awal terlihat sebelum menyebabkan kerusakan permanen. Gejala yang tidak segera disembuhkan dapat mengakibatkan kerusakan pada otak, sistem saraf, dan juga jantung.

INILAH PENYEBAB KLAMIDIA YANG HARUS DIKETAHUI*

Bagaimana Penanganan yang Dapat Dilakukan?

Penyakit kelamin pada pria harus didiagnosis oleh dokter sebelum dilakukan penanganan. Dokter akan mendiagnosis penyakit dengan melakukan beberapa pemeriksaan fisik serta tes laboratorium. Pemeriksaan untuk mengidentifikasi penyebab dan masalah penularan penyakit, adalah sebagai berikut:
 

• Pemeriksaan darah, bertujuan untuk memastikan diagnosis sipilis tahap akhir.
• Pemeriksaan urin, berguna untuk mengetahui jenis penyakit kelamin yang diderita.
• Pemeriksaan cairan, bertujuan untuk mendiagnosis jenis bakteri yang menginfeksi.

Setelah hasil diagnosis diketahui lebih lengkap, dokter akan memberikan perawatan lanjutan dengan memberikan obat sesuai jenis infeksi. Beberapa obat-obatan yang digunakan dokter untuk mengatasi penyakit kelamin pada pria, yakni:
 
• Obat antibiotik, biasanya digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis infeksi menular seksual akibat bakteri dan parasit, termasuk gonore, sipilis, dan klamidia.
 
• Obat antivirus, berguna untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi serta kekambuhan penyakit jika dikonsumsi secara rutin dan sesuai dengan resep dokter.
 

Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Berbagai jenis penyakit kelamin pria bisa Anda ketahui jika berkonsultasi dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin di wilayah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, proses penyembuhan berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya sehingga pasien tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan untuk perawatan maupun pemeriksaan rutin. Sebelum melakukan penanganan, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu secara online dan gratis. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit lebih lengkap serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.