Jum01Mar201914:56

Jenis Jenis Penyakit Menular yang Sering Menginfeksi

Jenis jenis penyakit menular seksual yang terjadi biasanya dapat diketahui dengan berkonsultasi bersama dokter ahli. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri atau virus yang menyebar akibat berhubungan seksual tanpa pelindung atau kondom. Hubungan seksual yang dimaksud, dapat berupa oral, anal, maupun vaginal. Beberapa jenis jenis penyakit menular seksual tidak memunculkan gejala yang terlihat, namun akan lebih parah jika dialami oleh wanita.
jenis jenis penyakit menular
jenis jenis penyakit menular

Beberapa Jenis Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual dapat diderita, baik pria maupun wanita yang aktif secara seksual. Beberapa jenis penyakit menular seksual dapat disembuhkan dengan mudah, namun ada pula yang memerlukan perawatan bersama dokter lebih lanjut. Jenis jenis penyakit menular yang wajib Anda ketahui, adalah sebagai berikut:
 

• Klamidia

Jenis jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri cukup banyak, salah satunya klamidia. Klamidia menginfeksi tubuh akibat adanya bakteri chlamydia trachomatis. Beberapa gejala dari penyakit klamidia yang paling umum, yakni sakit ketika buang air kecil, keluarnya cairan tidak normal, adanya pendarahan di luar periode haid, serta nyeri di testis.


• Trikomoniasis

Salah satu dari jenis jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit adalah trikomoniasis. Penyakit ini dapat menular akibat melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pelindung atau kondom. Gejala dari penyakit trikomoniasis, antara lain keluarnya cairan tidak normal dari kemaluan, gatal atau iritasi, serta sakit saat buang air kecil.
 

• Herpes genital

Herpes merupakan salah satu dari jenis jenis penyakit menular yang diakibatkan oleh virus. Orang yang terinfeksi virus herpes terkadang tidak menyadari adanya penyakit karena kerap muncul tanpa gejala. Namun, terdapat beberapa gejala umum penyakit herpes, yakni muncul benjolan kecil berwarna merah, sakit atau gatal di area genital, dan sakit saat buang air kecil.

Apa Saja Penanganan yang Bisa Dilakukan?

Sebelum penanganan terhadap penyakit menular seksual dilakukan, dokter akan mendiagnosis pasien melalui beberapa tes atau pemeriksaan fisik. Penyebab penyakit menular dapat diketahui dengan pemeriksaan lanjut di laboratorium. Beberapa tes yang berguna untuk mendiagnosis penyakit lebih akurat, di antaranya:


• Pemeriksaan darah, dilakukan guna memastikan diagnosis penyakit HIV.
• Pemeriksaan urin, berguna untuk menentukan jenis penyakit menular yang diderita.
• Pemeriksaan cairan, dilakukan untuk mendiagnosis jenis infeksi.

Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, Anda juga perlu melakukan pengobatan di rumah dengan mengubah pola atau gaya hidup menjadi lebih sehat. Beberapa cara menangani penyakit menular seksual yang mungkin dapat membantu mengatasi gejala, adalah sebagai berikut:
 
• Perbanyak konsumsi makanan sehat.
• Hentikan kebiasaan buruk, seperti merokok.
• Tidak menggunakan obat-obatan terlarang.
• Rutin melakukan aktivitas fisik atau berolahraga.
• Lakukan kegiatan seksual yang aman.
• Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan seksual.
• Konsumsi obat sesuai dengan resep dokter.


Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Untuk mengetahui jenis jenis penyakit menular lainnya, segera konsultasikan dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan di daerah Jakarta yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Anda dapat melakukan konsultasi secara online dan gratis bersama staf medis yang telah berpengalaman di bidangnya. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok.
 
Selain konsultasi, Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Proses penyembuhan penyakit berjalan dengan mudah dan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern. Untuk informasi lebih lanjut, lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.