Min03Mar201915:08

Jenis Infeksi Menular Seksual Dan Penularannya

Ada beberapa jenis infeksi menular seksual dan penularannya yang mungkin hampir sama. Bakteri dan virus penyebab infeksi penyakit kelamin dapat bersarang pada cairan tubuh seperti air mani atau cairan vagina.
Jenis Infeksi Menular Seksual Dan Penularannya
Jenis Infeksi Menular Seksual Dan Penularannya
Lalu apa saja jenis infeksi menular seksual dan penularannya? Beberapa diantara penyakit kelamin kemungkinan menunjukkan tanda-tanda atau gejala yang khas, sementara beberapa lainnya tidak ada gejala sama sekali.




Berikut jenis infeksi menular seksual dan penularannya

1. Gonore (GO)
Penyakit gonore atau kencing nanah merupakan jenis infeksi menular seksual yang umum disebabkan bakteri Neisseria gonorhoeae atau gonococcus. Penyakit gonore dapat menyerang siapa saja baik pria atau wanita yang aktif secara seksual. Penularan penyakit gonore melalui kontak hubungan seksual dengan seseorang yang telah terinfeksi. Selain itu penularan tanpa hubungan seksual yaitu dari ibu yang sedang hamil penderita gonore kepada bayinya melalui proses persalinan.

Gejala umum penyakit gonore yang dapat dikenali baik pria atau wanita adalah sakit atau perih ketika buang kecil, nyeri atau sakit ketika melakukan hubungan seksual, keluar nanah dari penis atau vagina. Namun demikian, penyakit gonore pada wanita sering muncul tanpa gejala sehingga penderita tidak menyadarinya.

Penyakit gonore jika tidak diatasi dapat meningkatkan terjadinya nyeri perut bawah, sehingga terjadi kehamilan ektopik bahkan kemandulan. Sementara pada bayi dari ibu yang telah terinfeksi dapat menular pada mata bayi dan jika tidak ditangani akan menyebabkan kebutaan.

2. Kutil Kelamin
Kutil kelamin atau disebut kondiloma akuminata salah jenis infeksi menular seksual dan penularannya melalui hubungan seksual dengan seseorang yang telah terinfeksi virus penyebab, yaitu Human papilloma virus (HPV). Virus HPV dikaitkan dengan penyebab kanker leher rahim, pada pria dapat menyebabkan kanker penis jika tidak diatasi dengan tepat.

Simak: Dampak Penyakit Menular Seksual bagi Kesehatan* Klik Disini

3. Kutu Kelamin
Kutu yang muncul pada rambut alat kelamin, berbeda dengan kutu yang berada di rambut kepala. Gejalanya berupa gatal, dan terkadang muncul luka kecil terasa sakit. Penularan kutu kelamin terjadi melalui hubungan seksual. Sebaiknya segera atasi masalah ini agar tidak menimbulkan infeksi pada area kelamin.

4. Herpes Genital
Herpes kelamin termasuk dalam jenis infeksi menular seksual dan penularannya melalui kontak kelamin baik vaginal, anal, atau oral, dan dapat menular melalui kontak langsung dengan luka atau bintil pada kulit penderita. Herpes kelamin disebabkan virus Herpes Simpleks (HSP) tipe 1 dan tipe 2 yang menyebabkan luka atau lecet pada area kelamin sebagai gejala awal.

5. Sifilis atau Raja Singa
Gejala sifilis muncul berbeda-beda sesuai dengan tahapannya. Yaitu tahap primer, sekunder, laten, dan tersier. Penyakit sifilis disebabkan bakteri Treponema pallidum. Umumnya infeksi terjadi karena kontak seksual. Bakteri dapat melewati celah atau luka pada kulit setelah menyentuh luka daro orang yang telah terinfeksi.




Bagaimana cara mengatasi infeksi menular seksual?

Infeksi menular seksual dapat diatasi dan disembuhkan, namun tidak dengan pengobatan rumahan. Anda harus konsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis infeksi menular seksual dan mengetahui penyebabnya.

Setelah itu dokter akan mendiagnosis dengan melakukan cek sampel cairan ke laboratorium untuk memastikan adanya bakteri atau virus penyebab penyakit. Jika Anda mengalami gejala atau tanda penyakit kelamin, sebaiknya temui dokter untuk mendapatkan pengobatan agar menghindari risiko atau komplikasi akibat penyakit kelamin.

Jika saat ini Anda sedang mengalami gejala penyakit kelamin, segera kunjungi Klinik Utama Sentosa. Kami adalah klinik khusus penyakit kulit kelamin yang akan membantu mengatasi penyakit menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekologi hingga tuntas.

Kami memiliki dokter ahli kelamin profesional, memberikan perawatan medis prima yang di dukung peralatan medis modern dan canggih, laboratorium yang steril dengan biaya terjangkau. Untuk informasi lebih lanjut terkait jenis infeksi menular seksual dan penularannya, silahkan hubungi kami di 081366657878 .