Sel12Mar201910:55

Ini Dia Penyebab Bintik Pada Kemaluan Wanita

Bintik pada kemaluan wanita merupakan salah satu indikasi Anda menderita penyakit menular seksual. Penyakit menular seksual umumnya terjadi akibat melakukan kegiatas seksual secara tidak aman. Penyebaran infeksi menular seksual bisa pula lewat cairan tubuh lainnya, seperti darah. Selain orang dewasa, penyakit kelamin ini bisa diderita oleh bayi baru lahir karena tertular dari sang ibu saat masih berada dalam kandungan atau ketika proses persalinan secara normal dilakukan.
bintik pada kemaluan wanita
bintik pada kemaluan wanita

Beberapa Jenis Penyakit Kelamin Pada Wanita

Munculnya bintik pada kemaluan wanita dapat pula dikarenakan penggunaan jarum suntik secara berulang atau bersamaan dengan beberapa orang yang terinfeksi. Namun, secara umum penyakit menular seksual yang menimbulkan gejala, berupa bintik pada kemaluan wanita lebih sering disebabkan oleh bakteri, jamur, maupun parasit. Penyakit menular seksual tersebut, antara lain sebagai berikut:


• Herpes genital

Herpes genital yang diderita wanita biasanya tidak menimbulkan tanda atau gejala sama sekali. Namun, beberapa penderitanya mengalami gejala, seperti muncul benjolan atau bintik pada kemaluan wanita. Benjolan kecil mirip gigitan serangga akan berubah menjadi luka lepuh yang terbuka dan terlihat seperti bisul.

• Kutil kelamin

Kutil kelamin ditandai dengan gejala, berupa benjolan atau bintik pada kemaluan wanita berukuran kecil yang padat, timbul, dan memiliki permukaan kasar. Benjolan ini bisa tumbuh secara tunggal atau berkelompok sehingga menyerupai kembang kol. Kutil biasanya dapat muncul pada bibir kelamin atau labia, di dalam organ kelamin, leher rahim, dan sekitar anus.
 

• Sifilis atau raja singa

Bintik pada kemaluan wanita akan muncul pada tahap primer dari penyakit sifilis atau raja singa. Benjolan atau bintik ini kemudian menimbulkan ulkus atau luka terbuka yang menimbulkan rasa sakit. Pada wanita, ulkus dapat timbul di bagian luar maupun dalam kemaluan dan akan bertahan selama 3 hingga 6 minggu jika dibiarkan tanpa penanganan.

Cara Menangani Penyakit Menular Seksual

Penanganan terhadap penyakit kelamin pada wanita bisa dilakukan setelah dokter mendiagnosis penyakit. Selain itu, untuk mengetahui apakah Anda tertular penyakit atau tidak, tes laboratorium biasanya diperlukan. Beberapa pemeriksaan atau tes yang perlu dijalani bersama dokter, adalah sebagai berikut:


• Pemeriksaan darah, biasanya dilakukan untuk memastikan penyakit sifilis tahap akhir.
• Pemeriksaan urin, dilakukan pada untuk mengetahui jenis penyakit menular seksual.
• Pemeriksaan cairan, biasanya diperlukan guna mendiagnosis jenis infeksi penyakit.

Setelah hasil diagnosis diketahui, dokter akan melakukan perawatan dengan memberikan obat antibiotik dan antivirus. Obat antibiotik paling efektif menyembuhkan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri dan parasit. Sementara antivirus diperlukan karena mampu mengurangi risiko infeksi dan kekambuhan penyakit. Kedua jenis obat ini harus dikonsumsi secara teratur dan di bawah pengawasan dokter.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Cara menghilangkan bintik pada kemaluan wanita, Anda dapat berkonsultasi dengan Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan konsultasi di klinik ini, Anda akan mendapatkan perawatan terbaik karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Selain itu, klinik ini juga memiliki fasilitas unggulan seperti, layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, Anda dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Penyakit menular sekual pada pria maupun wanita harus segera ditangani sebelum menyebabkan komplikasi yang serius. Untuk itu, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.