Jum12Apr201914:38

Ini Dia, Jenis-Jenis Penyakit Seksual Pada Wanita

Penyakit seksual pada wanita kerap kali bersifat asimtomatis atau menginfekisi tanpa gejala. Infeksi yang tidak diketahui keberadaannya ini dapat mengakibatkan ketikdasuburan pada wanita. Penyebaran bakteri bisa terjadi melalui darah, cairan dari organ kelamin, serta cairan tubuh lainnya. Penyakit seksual pada wanita umumnya disebabkan oleh infeksi menular. Selain itu, kondisi lain yang dapat meningkatkan seseorang mudah terinfeksi adalah dermatitis.
penyakit seksual pada wanita
penyakit seksual pada wanita

Gejala Penyakit Seksual Berdasarkan Jenisnya

Beberapa wanita yang terinfeksi penyakit seksual biasanya tidak mengalami gejala apapun. Namun, gejala pada tahap awal infeksi bisa dikenali sebagai tanpa penyakit seksual pada wanita. Gejala penyakit seksual pada wanita, di antaranya merasa terbakar ketika buang air kecil, mengalami pembengkakan pada organ kelamin, dan terasa gatal atau sensasi terbakar di area genital. Gejala penyakit seksual pada wanita bisa berbeda-beda berdasarkan jenisnya, seperti:


• Penyakit gonore

Gonore atau kencing nanah merupakan salah penyakit menular seksual yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Gejala yang akan dirasakan penderitanya adalah keluarnya cairan menyerupai nanah dari organ kelamin, meningkatnya keinginan buang air kecil, dan sakit pada area genital.


• Penyakit klamidia

Penyakit kelamin klamidia terjadi akibat adanya infeksi bakteri bernama Chlamydia trachomatis. Gejala yang muncul adalah keluarnya cairan keputihan yang disertai sakit pada perut. Beberapa bagian tubuh yang ditumbuhi gejala, antara lain leher rahim, uretra, tenggorokan, dan rektum.


• Penyakit sifilis

Treponema pallidum merupakan penyebab dari penyakit sifilis atau raja singa. Gejalanya dapat dibedakan menjadi tiga tahapan, yang diawali dengan munculnya sariawan atau chancre. Chancre ini akan berkembang selama 10 hingga 90 hari setelah infeksi masuk pertama kali.


• Penyakit herpes

Banyak yang mempertanyakan apakah penyakit herpes berbahaya bagi tubuh. Penyakit herpes cukup berbahaya karena disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks atau HSV yang mudah menular melalui hubungan seksual. Gejala akibat infeksi herpes ditandai dengan munculnya lenting kemerahan berisi cairan atau luka di sekitar organ kelamin, selangkangan, maupun mulut.

Pengobatan Tepat Terhadap Infeksi Menular Seksual


Pengobatan untuk penyakit menular seksual biasanya disesuaikan dengan penyebabnya. Dokter akan memberikan penanganan menggunakan berbagai obat-obatan, seperti antibiotik, antivirus, dan antijamur.

• Antibiotik, biasanya digunakan untuk menangani berbagai penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri.
 
• Antivirus, diberikan guna meredakan gejala dan mengurangi risiko terjadinya penyebaran infeksi kepada orang lain.
 
• Antijamur, diperlukan untuk mengobati penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi jamur.


Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, tindak pencegahan perlu disertai, seperti gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual, batasi jumlah pasangan seks, lakukan vaksinasi terutama HPV serta hepatitis B, tidak menggunakan obat-obatan terlarang, dan periksakan kesehatan seksual secara rutin.


Segera Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Gejala penyakit seksual pada wanita bisa disembuhkan dengan melakukan perawatan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan di daerah Jakarta yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Anda dapat melakukan konsultasi secara online dan gratis bersama staf medis yang telah berpengalaman di bidangnya. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit seksual pada wanita dan jenis perawatan yang cocok.
 
Selain konsultasi, Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Proses penyembuhan penyakit berjalan dengan mudah dan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern. Untuk informasi lebih lanjut, lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.