Rab10Apr201913:10

Ini Dia, Ciri Penyakit Infeksi Menular Seksual

Penyakit infeksi menular seksual terjadi akibat bakteri, virus, jamur, maupun parasit. Infeksi ini mudah menular pada orang lain akibat melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Penyakit infeksi menular seksual menyebar melalui hubungan intim, baik secara vaginal, anal, maupun oral. Gejala umum yang akan muncul akibat infeksi ini adalah ruam atau lepuhan serta terasa nyeri di sekitar organ kelamin.
penyakit infeksi menular seksual
penyakit infeksi menular seksual

Ciri atau Gejala Akibat Infeksi Menular Seksual

Biasanya, gejala penyakit infeksi menular seksual hanya muncul secara ringan bahkan tidak terasa. Karena itu, kebanyakan penderitanya tidak menyadari telah menderita penyakit infeksi menular seksual. Beberapa penderitanya bahkan baru mengetahui jika terinfeksi penyakit menular ketika telah muncul komplikasi. Namun, terdapat gejala umum yang perlu diketahui, yakni berupa:

• Munculnya benjolan, luka, atau lepuhan di sekitar kemaluan.
• Merasakan gatal hingga sensasi terbakar pada organ kelamin.
• Nyeri saat buang air kecil atau ketika berhubungan seksual.
• Ada ruam pada kulit, termasuk badan, tangan, dan kaki
• Tubuh mengalami demam hingga menggigil.
• Keluarnya cairan asing dari organ kelamin.
• Terasa sakit atau nyeri pada tubuh bagian bawah.
• Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan.

Penyakit infeksi menular seksual bisa memunculkan gejala berbeda pada setiap orang yang menderitanya. Gejala penyakit ini akan mulai terasa atau terlihat setelah beberapa hari terkena paparan infeksi. Sementara, beberapa gejala dari penyakit menular seksual lainnya baru muncul setelah bertahun-tahun.


Pengobatan Terhadap Infeksi Seksual Serta Pencegahannya

Penanganan tepat pada gejala penyakit infeksi menular seksual adalah dengan memberikan obat antibiotik dan antivirus. Antibiotik berguna untuk mengobati berbagai penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri, termasuk gonore, klamidia, dan sifilis. Sementara antivirus diberikan karena mampu membantu meredakan gejala dan mengurangi risiko penyebaran infeksi penyakit.
 
Menerapkan perilaku seks yang aman, seperti menggunakan pelindung atau kondom merupakan salah satu langkah pencegahan yang paling utama. Selain itu, Anda juga harus menghentikan atau menghindari kebiasaan sering melakukan aktivitas seksual dengan orang yang berbeda-beda. Beberapa tindak pencegahan penularan penyakit kelamin lainnya, yaitu sebagai berikut:

• Kenali dan ketahui riwayat seksual yang dimiliki pasangan masing-masing.
• Lakukan vasiknasi secara rutin, terutama vaksin HPV dan hepatitis B.
• Tidak menggunakan obat-obatan terlarang serta berbagi penggunaan jarum suntik.
• Periksakan kesehatan Anda secara rutin, khususnya di sekitar organ reproduksi.

Jika Anda mencurigai diri sendiri atau orang terdekat mengalami infeksi menular seksual, maka segera konsultasikan bersama dokter. Penanganan harus segera dilakukan karena bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius. Beberapa bahaya atau komplikasi yang mungkin terjadi adalah peradangan pada mata, nyeri panggul, radang panggul, radang sendi, infertilitas atau ketidaksuburan, penyakit jantung, kanker serviks, dan kanker anus.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Penyakit infeksi menular seksual dapat ditangani jika telah berkonsultasi dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan di daerah Jakarta yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Anda dapat melakukan konsultasi secara online dan gratis bersama staf medis yang telah berpengalaman di bidangnya. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok.
 
Selain konsultasi, Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Proses penyembuhan penyakit berjalan dengan mudah dan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern. Untuk informasi lebih lanjut, lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.