Sel09Apr201911:36

Ini Dia, Ciri Ciri Penyakit Trikomoniasis

Ciri ciri penyakit trikomoniasis bisa Anda ketahui setelah melakukan konsultasi bersama dokter. Trikomoniasis merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit bernama Trichomonas vaginalis. Penyakit ini bisa diderita oleh pria maupun wanita yang aktif secara seksual. Penularan parasit penyebab trikomoniasis biasanya terjadi akibat melakukan hubungan seksual yang tidak aman.
ciri ciri penyakit trikomoniasis
ciri ciri penyakit trikomoniasis

Apa Saja Gejala dari Penyakit Trikomoniasis?

Penyakit trikomoniasis yang menyerang wanita biasanya akan berdampak pada organ kelamin dan saluran pembuangan urin atau uretra. Sementara pria, trikomoniasis dapat menyerang uretra, area kemaluan seperti kulup, dan kelenjar prostat. Ciri ciri penyakit trikomoniasis antara pria dan wanita cukup berbeda, di antaranya:


• Gejala pada wanita

Ciri ciri penyakit trikomoniasis yang menyerang wanita akan menyebabkan sakit pada perut bagian bawah, muncul rasa tidak nyaman ketika buang air kecil, keluarnya cairan keputihan yang tidak normal, dan adanya rasa nyeri akibat pembengkakan pada area kewanitaan.


• Gejala pada pria

Sementara bagi pria, ciri ciri penyakit trikomoniasis ditandai dengan meningkatnya frekuensi untuk buang air kecil, sakit saat berkemih, munculnya cairan putih dari organ kelamin, dan terasa sakit hingga kemerahan pada area ujung kemaluan.
 
Gejala atau ciri ciri penyakit trikomoniasis akan muncul dalam waktu sebulan sejak infeksi pertama kali masuk ke dalam tubuh. Risiko seseorang untuk terkena penyakit trikomoniasis dipicu oleh beberapa hal, seperti berhubungan seksual tanpa pelindung atau kondom, sering bergonta ganti pasangan seks, pernah mengalami infeksi trikomoniasis sebelumnya, dan memiliki riwayat penyakit menular seksual.


Cara Tepat Menangani Penyakit Trikomoniasis

Penyebab munculnya ciri ciri penyakit trikomoniasis bisa diketahui setelah melakukan diagnosis. Hasil diagnosis dapat dipastikan dengan memeriksa sampel cairan organ kelamin pada wanita atau air urin pada pria. Pemeriksaan untuk mengetahui penyebab munculnya penyakit trikomoniasis biasanya memakan waktu selama beberapa hari. Jika seseorang positif terinfeksi penyakit trikomoniasis, pengobatan harus segera dijalani guna mengurangi risiko penyebaran infeksi.
 
Trikomoniasis dapat diatasi secara efektif dengan menggunakan obat antibiotik dalam dosis tertentu. Obat harus dikonsumsi selama 5 hingga 7 hari dan penderitanya disarankan untuk tidak berhubungan selama masa perawatan. Penderita penyakit trikomoniasis juga perlu menghindari konsumsi alkohol selama 24 hingga 72 jam karena dapat menyebabkan mual serta muntah. Untuk mendapatkan kesembuhan secara maksimal, beberapa langkah pencegahan yang perlu disertai, antara lain:

• Tidak bergonta ganti pasangan seksual atau setia pada satu orang saja.
• Selalu gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.
• Hindari memakai alat atau mainan seks secara bergantian dengan orang lain.
• Beri tahu pasangan untuk melakukan pengobatan guna menghindari penularan.


Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Ciri ciri penyakit trikomoniasis bisa disembuhkan dengan melakukan perawatan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan kepuasaan karena dilengkapi fasilitas lengkap, seperti peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa berlokasi sangat strategis serta memberikan keringanan pada biaya perawatan sehingga pasien tidak perlu khawatir untuk melakukan penanganan penyakit. Segera lakukan pemeriksaan jika mengalami gejala sebelum penyakit bertambah serius hingga menyebabkan komplikasi serius. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.