Sel14Mei201915:13

Infeksi Menular Seksual Dan Gejala

Pengetahuan merupakan kekuatan dalam hal kesehatan seksual. Ya, mengenal gejaka infeksi menular adalah awal, namun Anda tidak selalu memperhatikan gonore, herpes kelamin, dan infeksi menular seksual (IMS) lainnya. Anda harus di uji untuk melindungi diri sendiri dan pasangan Anda.
Infeksi Menular Seksual Dan Gejala
Infeksi Menular Seksual Dan Gejala
Dalam beberapa kasus, seringkali gejala infeksi menular seksual (IMS) tidak menunjukkan gejala yang signifikan, mungkin juga seseorang yang terinfeksi tanpa gejala sehingga menularkannya kepada pasangan tanpa menyadarinya.

Jika Anda memiliki kekhawatiran bahwa Anda atau pasangan memiliki gejala infeksi menular seksual, sebaiknya bicarakan segera dengan tenaga medis kesehatan, bahkan jika Anda tidak memiliki gejala terutama bagi Anda yang berisiko tinggi, ada kemungkinan memiliki IMS yang membutuhkan perawatan untuk memastikan kesehatan seksual Anda.



Jenis infeksi menular seksual beserta gejalanya

1. Human Papillomavirus (HPV)
Human papilloma virus adalah sekelompok virus yang mempengaruhi kulit dan selaput lendir, seperti tenggorokan, leher rahim, anus, serta mulut. Ada lebih dari 100 jenis HPV yang diantaranya, sekitar 40 dapat mempengaruhi area genital. Infeksi HPV dapat menyebabkan pertumbuhan sel abnormal dan perubahan dalam serviks, secara signifikan meningkatkan risiko terjadinya kanker serviks dan kutil kelamin.

Sebagian besar gejala infeksi menular seksual dengan HPV tidak memiliki tanda dan tidak menyadarinya. Anda bisa mendapatkan ini dengan hubungan seksual vaginal, anal, maupun oral. Gejala umum munculnya kutil kelamin yaitu gatal dan rasa tidak nyaman pada area alat kelamin, sensasi rasa terbakar. Kutil kelamin berukuran kecil dapat tumbuh tunggal atau berkelompok dengan warna serupa dengan kulit atau sedikit lebih gelap.

2. Gonore (kencing nanah)
Gonore atau dikenal dengan kencing nanah adalah IMS yang umum, orang sering mendapatkannya bersamaan dengan infeksi klamidia. Gejala infeksi menular seksual gonore berupa keluarnya cairan yang tidak biasa dari alat kelamin baik penis atau vagina, sakit atau terasa seperti terbakar ketika buang air kecil. Kebanyakan pria dengan gonore mendapatkan gejala, namun hanya sekitar 20 persen wanita yang mendapatkan gejala.

3. Sifilis (raja singa)
Infeksi sifilis merupakan penyakit yang rumit dengan 4 tahap. Tahap primer gejala utamanya adalah munculnya luka atau lesi tanpa rasa sakit, tahap sekunder dimulai dengan ruam pada tubuh diikuti luka di area mulut, vagina atau anus. Gejala infeksi menular seksual sifilis umumnya hilang pada tahap ketiga (tahap laten), hingga pada akhirnya muncul pada tahap tersier. Pada tahap tersier akan menyebabkan kerusakan organ dan saraf, menyebabkan masalah di otak hingga kematian. Penyakit sifilis pada tahap awal dapat diobati dan disembuhkan hingga tuntas.

4. Herpes Genital
Gejala utama penyakit yang disebabkan virus herpes simplex (HSV) ini adalah lepuh yang menyakitkan di area penis, vagina atau anus. Herpes mudah ditangkap, hanya dengan kontak kulit ke kulit. Penyakit ini paling menular ketika masih memiliki lepuh.

Baca Juga: Ciri-Ciri IMS Pada Pria Dan Wanita! Klik Disini

Diagnosis dan pengobatan IMS

Dalam beberapa kasus, dokter tidak dapat mendiagnosis IMS hanya berdasarkan gejala saja, jika dokter mencurigai menderita IMS, tes akan dilakukan untuk memeriksanya. Bergantung pada riwayat seksual, tes akan dilakukan bahkan jika tidak memiliki gejala infeksi menular seksual. Sebab IMS dalam banyak kasus tidak menyebabkan gejala. Namun bahkan IMS bebas gejala dapat menyebabkan kerusakan dan diteruskan pada pasangan seksual.

Tes urin atau tes darah dapat dilakukan, jika mengembangkan luka, dokter juga dapat mengolesnya. Perawatan infeksi menular seksual yang disarankan bervariasi tergantung pada jenis IMS yang Anda miliki. Penting bagi Anda dan pasangan seksual mendapatkan perawatan yang sama, jika tidak Anda dapat menularkan infeksi bolak-balik.

Sebaiknya untuk tidak berfikir melakukan tindakan pengobatan sembarangan atau mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas apapun sebelum Anda konsultasi dengan dokter. Jika Anda memiliki gejala infeksi menular seksual, konsultasilah dan lakukan pemeriksaan dengan tenaga medis kesehatan profesional.



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan kelamin yang khusus menangani infeksi menular seksual (PMS), Andrologi dan Ginekologi. Memiliki dokter ahli kelamin profesional terlatih yang sudah berpengalaman bidang penyakit. Sudah terbukti hingga saat ini dan sudah banyak yang datang melaukan pengobatan kelamin puas dengan pelayanan yang kami berikan. Sekarang saatnya giliran Anda untuk terbebas dari IMS dan kembali menjalani hidup sehat.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait gejala infeksi menular seksual, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.